News

Bocoran Samsung Galaxy S23, Jagokan SoC Snapdragon 8 Gen 2

Setelah meluncurkan smartphone lipat, Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4, kini Samsung tengah fokus pada generasi penerus seri S, yakni Samsung Galaxy S23.

Suksesor dari Galaxy S22 ini disebutkan bakal hadir dengan mengusung chipset flagship terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2.

Generasi sebelumnya dikenal dengan sebutan chipset paling kuat. Akan tetapi, Gen 1 menghasilkan sedikit panas dan kinerjanya bisa dikatakan menguras daya.

Kendati begitu, chipset generasi berikutnya dilaporkan akan mengalami peningkatan, khususnya pada konsumsi daya.

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang akan menjadi otak pacu Samsung Galaxy S23, memiliki kode nama Kailua dan membawa nomor model SM8550. Chipset tersebut akan diproduksi oleh TSMC menggunakan proses 4nm generasi kedua. Dikutip dari Gizmochina

, Jumat (26/06/2022).

Sumber menyebutkan bahwa beberapa bulan ke belakang, tes efisiensi chip Snapdragon terbaru berjalan dengan baik, dengan hasil kinerja yang lebih baik daripada pendahulunya.

Sebuah laporan juga menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 akan hadir dengan peningkatan kinerja 25% dibandingkan dengan Gen 1.

Chipset unggulan terbaru besutan Qualcomm tersebut diprediksi akan diumumkan pada November atau Desember tahun ini.

Selain prosesor, saat ini belum banyak informasi yang mengupas detail spesifikasi dari Galaxy S23 yang akan datang.

Di lain sisi, anggota lainnya dari Galaxy S23 series bernama lengkap Samsung Galaxy S23 Ultra disebut-sebut bakal hadir dengan kamera beresolusi 200MP.

Resolusi kamera tersebut merupakan yang paling besar di pasar smartphone saat ini. FYI, kamera 200MP sebelumnya telah hadir di HP Motorola Moto X30 Pro yang dirilis awal Agustus 2022.

BACA JUGA: Samsung Siap Luncurkan Galaxy A04s 5G, Begini Bocorannya

Bicara soal peluncuran, Samsung Galaxy S23 diperkirakan akan dirilis secara resmi pada awal tahun 2023.