Review

Ulasan iPhone 13 Mini Kecil-Kecil Cabe Rawit

Bila Anda lebih prefer ponsel berukuran kecil yang nyaman digenggam ke mana-mana, maka iPhone 13 mini bisa jadi pilihan terbaik untuk dicoba. Meski ukurannya mini sesuai namanya, keunggulan HP ini sangat luar biasa. Bisa dibilang iPhone 13 mini adalah flagship dengan ukuran kecil. 

Tertarik meminangnya? Melansir dari situs resmi iBox, harga iPhone 13 mini ada di kisaran 12 jutaan untuk tahun 2022. Kalau Anda membeli lewat Blibli, harga yang dibanderol pun sama dan terkadang lebih murah. Anda pun bisa mendapatkan versi second HP ini dengan harga under 10 jutaan. Spesifikasi lengkapnya bisa Anda baca dulu.

Apple iPhone 13 Mini

Chipset

Seiring berjalannya waktu Apple selalu belajar dari kesalahan dan mengupgrade kualitas chipset yang dipakai. Chipset A15 Bionic contohnya, adalah prosesor terbaru yang diciptakan Apple dan disematkan pada iPhone 13 mini. 

Apple mengklaim chipset ini punya performa yang 50% lebih cepat dibandingkan kompetitor. Bahkan, pengoperasian per detik chipset ini mencapai 15, 8 triliun. iPhone 13 mini pun meraih skor benchmark 786 ribu, termasuk sangat tinggi, tetapi masih di bawah ponsel gaming seperti ASUS ROG Phone 5.

Chipset A15 Bionic pada ponsel ini bisa membantu Anda menyelesaikan berbagai tugas dengan sangat cepat, termasuk menjalankan game grafis tinggi seperti PUBG.

Layar

Meski kecil, iPhone 13 mini sudah menggunakan layar super retina XDR Oled dengan ukuran 5,4 inci. Resolusi yang digunakan sebesar 1080 x 2340 piksel. Sementara untuk rasionya adalah 5:9 dan kerapatan 476 ppi.

Kualitas layar in sudah lumayan tajam dan mampu memutar video dengan kontras rasio tinggi. Tersedia sertifikasi dolby vision dan HDR 10 yang mampu menyuguhkan gambar dengan resolusi 1200 nit. Pada kondisi brightness 100%, iPhone 13 mini bisa mencatatkan hingga 831 nit, bahkan lebih tinggi dan tajam dibandingkan iPhone 12 mini (627 nit).

Body

iPhone 13 mini memiliki ukuran yang sangat kecil, dengan body yang sangat compact. Dimensi ponsel ini sekitar 131,5 x 64,2 x 7,7 mm dengan bobot yang ringan, sebesar 141 gram saja.

Berat iPhone 13 yang sangat ringan membuatnya jadi salah satu ponsel flagship paling ringan yang pernah ada. Kelebihan ini tentu membuat Anda mudah membawanya tanpa membuat tangan terasa berat. 

Sayangnya, beratnya yang terlalu ringan juga mengharuskan Anda waspada. Perlu digenggam dengan erat agar ponsel tidak terpelanting ketika mengenai objek lain seperti kayu.

Kamera

Kamera iPhone 13 mini terdiri dari kamera utama 12 MP dan depan 12 MP. Selain itu, juga disematkan teknologi sensor-shift OIS yang muncul pada iPhone 12 Pro Max. 

Kemampuan kamera yang sangat jernih ini membuatnya cocok sebagai ponsel terbaik untuk kamu yang suka berfoto atau membuat konten TikTok. Kamera iPhone 13 mini juga dibekali dengan 12 MP (f/2.2, lensa wide 23 mm dan SL 3D (HDR, biometrik dan depth) yang membuat hasil foto terlihat tajam.

Tak hanya itu, iPhone 13 mini pun juga bisa mengambil video HDR dolby vision hingga 60 fps dan dibekali dengan mode malam dan pemindai LiDAR. Anda bisa merekam video dengan kualitas hingga 4k dolby vision alias encoding HDR standar pada format HDR10. Fitur ini membuat video terasa tajam dengan kedalaman kontras dan warna yang memikat.

Wireless Charging

Salah satu keunggulan iPhone 13 mini lainnya adalah pengisian daya yang cepat dengan magsafe. Nah, magsafe ini adalah magnet sirkular yang punya fungsi sebagai wireless charging.

Fitur ini membuat pengisian daya lebih cepat dan canggih bila dibandingkan ponsel lainnya. Cara pengisiannya pun sangat mudah, yaitu dengan menempelkan magnet ke bagian belakang ponsel.

So, dengan fitur magsafe ini Anda bisa mengisi daya dengan cepat sambil menggenggam iPhone tanpa perlu mendekat ke stop kontak.

Baterai

Berbicara urusan baterai, ponsel iPhone 13 mini terbilang awet dan mampu bertahan 2,5 jam lebih panjang dibandingkan seri iPhone sebelumnya. Meski berukuran kecil, tetapi baterai yang ditanamkan pun lumayan besar untuk kelas iPhone, yaitu 3240 mAh. Bahkan, terbilang lebih besar dibandingkan iPhone 11. 

Selain itu, fast charging yang tersemat di dalam hp ini membuatnya mudah digunakan untuk mengisi daya dengan sangat cepat, tanpa perlu menunggu lama.

Proteksi layar

Apple nampak serius menciptakan iPhone 13 mini dan menyematkan pelindung pada layarnya. Bukan gorilla glass, tetapi sudah upgrade memakai ceramic shield. Ini adalah proteksi layar yang dibuat oleh corning, perusahaan yang menciptakan gorilla glass. 

Proteksi layar ini jelas lebih keras dan tidak tembus aliran panas atau listrik. Proteksi ceramic shield ini pun diklaim lebih kuat dan anti gores. Anda tak perlu khawatir Andaikan iPhone 13 mini terkena goresan kayu atau kaca tajam karena sudah dilindungi dengan proteksi ini.

BACA JUGA: Vivo Y20s, Ponsel Pintar dengan Harga Ekonomis

iPhone 13 mini menghadirkan pengalaman sama dengan iPhone 13, dengan chipset terbaru yang membuat performanya kencang. Ukurannya yang kecil justru membuat iPhone 13 mini nyaman digenggam dan tidak membutuhkan ruang yang lumayan banyak.