Review

Tablet Android Terbaru di Indonesia, Harga Mulai dari Rp 1 Jutaan

Pasar tablet Android di Tanah Air belakangan ini diramaikan dengan model-model baru beraneka merek. Fitur dan juga harga yang ditawarkannya pun berbeda-beda.

Ukuran layar HP memang semakin besar dari tahun ke tahun. Akan tetapi, tablet masih menjadi perangkat terbaik untuk menunjang aktivitas digital agar lebih leluasa.

Untungnya, meskipun memiliki layar yang lebih luas daripada layar HP, harga tablet Android saat ini tidak jauh berbeda dari harga HP.

Spesifikasi serta fitur yang ditawarkannya pun cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti nonton, membuat kreatifitas, belajar, , bekerja, bermain game, dan lain-lain.

Berikut ini daftar tablet Android yang baru diresmikan di Indonesia dari brand kenamaan seperti Samsung, Xiaomi, Realme, Advan, Nokia, dan Huawei dimulai dari harga yang paling terjangkau.

Daftar Tablet Android Terbaru di Indonesia

Advan Tab A8

Tablet lokal buatan Indonesia ini pertama kali diluncurkan pada awal pandemi Covid-19. Advan Tab A8 hadir sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Work From Home (WFH).

Tab A8 juga memiliki kemampuan multitasking yang dapat melancarkan kegiatan belajar online. Pengguna bisa menyimpan berbagai materi pelajaran dengan leluasa, karena tablet ini didukung dengan memori internal hingga 32GB.

Untuk mendukung kinerjanya, Advan Tab A8 mengandalkan chipset UNISOC SC9832E. Chip tersebut dipadukan dengan RAM 3GB yang mendukung perluasan melalui slot microSD hybrid.

Untuk dokumentasi ataupun video call, tablet ini dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 5MP dan kamera depan 2MP.

Tab A8 menampilkan layar IPS LCD seluas 8 inci yang menawarkan resolusi HD (800 x 1280 piksel). Layarnya dihidupkan oleh baterai berkapasitas 4000 mAh.

Tablet ini mendukung konektivitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dan mampu menangkap sinyal 4G LTE. Soal harga, Advan Tab A8 dibanderol Rp 1.399.000. Perangkat tersedia di Advan official online store Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Bukalapak.

Realme Pad Mini

Selanjutnya, ada Realme Pad Mini yang merupakan tablet pertama besutan Realme. Perangkat tampil dengan flat design yang kekinian.

Tablet mini ini hadir dengan layar LCD 8,7 inci yang memiliki resolusi HD dan rasio bodi ke layar 84,59%. Desain panel depan cukup sederhana dengan bezel agak tebal.

Di bagian atas layarnya terdapat kamera berkekuatan 5MP. Sementara itu, bagian belakangnya dilengkapi dengan kamera tunggal 8MP.

Soal kinerja, Realme Pad Mini ditenagai chipset Unisoc T616 yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Untuk kinerja yang lebih optimal, chip tersebut dipasangkan dengan RAM hingga 4GB dan memori internal hingga 64GB.

Penyimpanannya masih bisa diperluas menggunakan slot microSD yang mendukung perluasan hingga 1TB.

Pad Mini diberi suplai daya dari baterai berdaya tampung 6.400mAh. Tablet ini berjalan pada sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI for Pad.

Perangkat ditawarkan dalam dua varian warna, yakni Grey dan Blue. Penyimpanannya terdiri dari dua opsi, yakni RAM 3GB + 32GB yang dibanderol Rp 2.199.000.

Sementara itu, varian tertingginya dengan RAM 4GB + 64GB dipasangi label harga Rp 2.599.000.

Huawei MatePad SE

Tablet Huawei MatePad SE dirilis pada April tahun ini. Perangkat meluncur ke Indonesia membawa layar seluas 10.4 inci dengan resolusi 2K.

Selain itu, MatePad SE mengunggulkan Surround Sound Tuned by Histen 8.0, prosesor dengan fabrikasi 6nm, bodi ringan dan tahan banting, serta mendukung kontrol orang tua ketika digunakan anak-anak.

Huawei MatePad SE tersedia di toko huawei.id di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan JD.ID. Harganya saat ini adalah Rp 2.799.000.

Nokia T20

Nokia T20 mendarat di Tanah Air pada akhir tahun lalu. Tablet ini didesain tahan lama dengan kualitas yang terpercaya.

Tablet Android asal Finlandia ini hadir dengan layar IPS LCD berdiagonal 10,4 inci. Layar yang ditawarkannya menampilkan resolusi tinggi, mencapai 2K.

Spesifikasi Nokia T20 cukup baik dengan chip Unisoc T610 sebagai otak pacunya, RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB, serta didukung oleh baterai 8.200mAh berfitur fast charging 15W.

Nokia T20 bisa didapatkan di Nokia Official Store di Shopee, JD.ID, dan Tokopedia dengan harga Rp 2.896.000.

Samsung Galaxy Tab A8 versi WiFi

Daftar tablet Android terbaru di Indonesia selanjutnya adalah Samsung Galaxy Tab A8. Tablet asal Korea Selatan ini menampilkan desain elegan.

Dibalik itu, spesifikasinya tak perlu diragukan lagi. Galaxy Tab A8 memiliki layar seluas 10,5 inci beresolusi 1200 x 1920 piksel.

Bagian depannya dilengkapi dengan kamera selfie 5MP. Sementara itu, kamera belakangnya memiliki konfigurasi tunggal, 8MP, yang diklaim mampu menghasilkan perekaman beresolusi FHD.

Dari segi dapur pacu, tablet Android ini menggunakan chipset Unisoc Tiger T618. Kinerjanya dipadukan dengan RAM hingga 4GB dan memori internal hingga 128GB.

Versi WiFi dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB bisa dimiliki dengan mengeluarkan budget sebesar Rp 2.999.000.

Xiaomi Redmi Pad

Redmi yang merupakan sub brand dari Xiaomi baru saja meluncurkan tablet pertamanya. Tablet Android bernama Redmi Pad itu diresmikan di Indonesia pada pekan lalu.

Tablet baru ini menampilkan layar IPS LCD berbentang 10.61 inci. Layar luas tersebut memiliki resolusi 2K (1.200 x 2.000 piksel) dan fitur refresh rate 90Hz.

Soal performa, perangkat mengandalkan chipset Helio G99 dari MediaTek. Chip tersebut berkolaborasi dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Urusan daya, Redmi Pad mengemas baterai berkapasitas 8.000mAh yang bisa diisi daya dengan lebih cepat berkat dukungan fitur fast charging 18W.

Untuk keperluan zoom meeting atau dokumentasi, tablet pertama besutan Redmi ini dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang sama-sama memiliki konfigurasi 8MP.

Tersedia di Indonesia dalam warna Graphite Gray, Tablet Redmi Pad dijual seharga Rp 3.499.000.

BACA JUGA: HP Samsung Terbaik 2022 Harga Dibawah Rp 2 Jutaan

Nah, itulah beberapa tablet Android keluaran baru di Indonesia dari berbagai merk mulai dari harga Rp 1 jutaan. Semoga bermanfaat.