News

Samsung Luncurkan One UI 5, Ini Fitur-fitur Terbarunya

Samsung resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi berbasis antarmuka (UI) terbarunya, yakni One UI 5 yang diklaim memiliki banyak peningkatan yang semakin memudahkan pengguna.

One UI 5 terbaru menawarkan tampilan dan nuansa yang baru untuk membuat pengalaman pengguna yang lebih mulus.

Ikon aplikasi kini dibuat lebih menonjol dan sederhana hingga skema warna yang disederhanakan.

Samsung juga menyempurnakan notifikasi agar lebih intuitif, membuatnya mudah dibaca walaupun sekilas, serta menawarkan tombol jawab dan tolak yang lebih jelas dengan pop-up call display yang didesain ulang.

Menariknya lagi, One UI 5 dirancang untuk memberi pilihan yang lebih besar kepada para penggunanya untuk mengkustomisasi perangkat sesuai dengan keinginan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fitur-fitur baru yang ada pada One UI 5 yang baru diluncurkan Samsung.

Bixby Text Call

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih nyaman. Dengan Bixby Text Call, pengguna bisa menjawab panggilan telepon dengan mengetik pesan.

Bixby mengubah teks menjadi audio dan mengirimkannya langsung kepada penelpon mewakili pengguna. Fitur ini juga menampilkan apa yang dikatakan penelpon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Fitur terbaru ini sangat cocok ketika membutuhkan komunikasi namun dalam keadaan tidak bisa fokus mendengar suara, seperti di tempat umum dengan suara bising. Contohnya, pada saat di kereta, menyaksikan konser, di perjalanan, ataupun yang lainnya.

Menggunakan fitur Bixby Text Call yang ada pada One UI 5 memungkinkan pengguna untuk tetap menerima telepon di lingkungan apapun tanpa melewatkan apapun.

Routines – Fitur Baru Pada Samsung One UI 5

One UI 5 terbaru pada smartphone Samsung bisa menampilkan tindakan pada perangkat berdasarkan pada aktivitas pengguna.

Ya, pengguna bisa mengatur bagian yang berbeda ketika menggunakan perangkat. Selain itu, dengan menggunakan Modes, pengguna bisa membuat pengaturan yang dikustomisasi mulai dari menjelang tidur, bersantai, berolahraga, hingga mengemudi.

Contohnya saja, ketika berolahraga, pengguna mungkin lebih memprioritaskan rangkaian gerakan olahraga dan mematikan notifikasi agar tetap fokus.

Atau ketika hendak tidur, perangkat bisa mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar agar membuat pengguna lebih rileks.

Dengan fitur ini, tampilan dan pengaturan perangkat mampu menyesuaikan dengan setiap kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

Tak hanya itu, One UI 5 terbaru kini mendukung kustomisasi yang mudah dan beragam langsung di dalam lock-screen

.

Hanya dengan beberapa ketukan, pengguna bisa mengubah wallpaper lock-screen, gaya jam, pop-up notifikasi lewat lock screen.

Stack Widget

Widget pada One UI 5 hadir dengan opsi baru yang menarik dan memiliki kemampuan untuk menjaga Home Screen tetap rapi berkat fitur Stack Widget.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk drag and drop widget satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan dengan cepat dan mudah.

Tak hanya itu, Stack Widget juga memiliki smart suggestion yang bisa menyarankan aplikasi secara otomatis yang membuat pengalaman seluler lebih personal.

Dengan adanya fitur ini, pengguna juga bisa mengekstrak teks dari gambar dan menyalinnya menjadi catatan.

Security and Privacy Dashboard

Fitur terakhir yang diluncurkan Samsung di One UI 5 adalah Security and privacy dashboard. Fitur ini dirancang sesederhana mungkin untuk mempermudah dan memahami status perangkat dengan cepat.

Dalam sekejap saja, pengguna bisa mendapatkan gambaran umum mengenai keamanan perangkat, menemukan saran dan juga peringatan.

One UI 5 juga memiliki notifikasi di Share Panel terbaru yang memperingatkan pengguna jika tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang sensitif seperti gambar kartu kredit, debit, SIM, atau yang lainnya.

Samsung tengah menggulirkan pembaruan One UI 5 ini secara bertahap kepada jutaan pengguna Galaxy di seluruh dunia.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung Semua Series, Mudah dan Praktis

Nah, itulah fitur-fitur terbaru yang ada pada One UI 5 yang baru saja diluncurkan oleh Samsung.