Review

Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu merk HP termasuk Infinix memang penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli HP baru agar bisa memilih dengan tepat.

Infinix merupakan salah satu brand smartphone yang berada di bawah naungan Transsion Holdings yang berkantor pusat di Hongkong. Infinix Mobility memproduksi smartphone sejak tahun 2013.

Kendati begitu, smartphone Infinix baru menjajaki pasar Indonesia pada tahun 2016. Perkembangan merk ini bisa dibilang cepat.

Dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun saja, Infinix berhasil bersaing dengan berbagai merk terkenal di Tanah Air, yakni Xiaomi, Realme, Oppo, dan juga Vivo.

Selain Indonesia, Infinix juga mengepakkan sayapnya ke puluhan negara lain dan menuai respon positif dari penduduknya.

Di akhir tahun ini, banyak berbagai produsen smartphone dari berbagai merk yang mengeluarkan perangkat andalannya.

Agar mantap dengan pilihan, alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari merk smartphone yang akan dibeli.

Nah, kali ini, Hallo GSM akan mengupas kelebihan dan kekurangan yang ada pada HP Infinix. Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel ini hingga akhir, ya!

Kelebihan HP Infinix

Kualitas Bagus, Harga Terjangkau

Infinix banyak menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga di angka Rp 1 jutaan. Bukan Rp 1.999.999, HP Infinix seri Smart, seperti Smart 6 yang dijual dengan harga Rp 1.249.000 sudah menawarkan fitur bersaing.

Infinix Smart 6 hadir dengan baterai besar, 5000mAh, dilengkapi dengan sensor sidik jari dan face unlock sebagai fitur keamanan, serta memiliki bodi bermaterial antibakteri.

Dengan harga Rp 1 jutaan, jarang perusahaan yang menawarkan smartphone dengan sensor biometrik lengkap seperti pada HP Infinix.

Memiliki Layar Super Lega

Infinix menjadi brand yang paling rajin mengeluarkan smartphone dengan ukuran layar luas. Dengan ini, bagi Anda yang hobi streaming video, ataupun mencari smartphone untuk menunjang pembelajaran, maka HP Infinix cocok dan bisa dipertimbangkan.

Hampir semua model dari brand ini menawarkan layar dengan diagonal luas, terutama pada seri Note. Jajaran Infinix Note 7, hingga Note 10 bahkan ada yang mengadopsi layar mencapai 6,95 inci.

Hal ini menjadikan Infinix sebagai brand unik yang mengeluarkan produk smartphone yang hampir mirip dengan tablet karena layarnya yang super lega.

Sayangnya, layar berukuran luas berhenti di seri Note 10. Infinix mulai memunculkan layar berjenis AMOLED di harga Rp 2 jutaan dengan ukuran yang lebih kecil sekitar 6,7 inci.

Walaupun tidak se mengagumkan pendahulunya, namun ukuran tersebut masih terbilang luas karena pesaingnya dari merk lain kebanyakan hanya menghadirkan layar 6,5 inci.

Memiliki Kualitas Terbaik di Semua Segmen

Smartphone merk lain seringkali memiliki nilai jual utama yang lebih difokuskan. Seperti mengunggulkan aspek kamera namun mengorbankan aspek lainnya.

Di antara merk lain, Infinix menjadi salah satu yang menawarkan keunggulan di semua segmen. Beberapa smartphone besutannya di kelas entry level hingga menengah sering menyuguhkan spesifikasi serta fitur yang menarik.

Secara keseluruhan, spesifikasinya bisa sudah memenuhi segala aspek yang dibutuhkan pengguna. Menariknya lagi, Infinix selalu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Sering Menghadirkan Fitur-fitur Unik

Kelebihan HP Infinix lainnya adalah sering menghadirkan berbagai fitur yang unik dan menarik perhatian.

Ya, Infinix sering menghadirkan fitur yang jarang dimiliki pesaingnya. Contohnya saja pada Infinix Note 12 VIP yang dilengkapi dengan fitur fast charging hingga 120W.

Fitur pengisian cepat 120W merupakan salah satu yang tercepat dan biasanya hanya ada pada smartphone kelas flagship dengan harga Rp 10 jutaan.

Dikarenakan harga Note 12 VIP berada di angka Rp 4 jutaan, tentu membuat siapapun tertarik. Terlepas dari itu, Infinix juga tidak luput dari kekurangan.

Kekurangan HP Infinix

Branding Kurang Kuat Bagi Orang Awam

Meskipun Infinix memiliki spesifikasi serta fitur yang seringkali di atas merk populer lainnya, namun tetap saja tidak mengubah persepsi masyarakat awam tentang merk Infinix bukanlah merk terpercaya.

Ketika bertanya pada orang awam untuk memilih brand smartphone, nama merk yang dipilih bukanlah Infinix. Melainkan merk ternama lainnya.

Kebanyakan dari mereka mendengar Infinix sebagai sebuah merk HP murah. Padahal, dibalik ‘murah’ itu, Infinix juga meningkatkan kualitasnya dengan mempertahankan harga yang tetap terjangkau.

Permasalahan Pada Software

Sering ditemukan pengguna Infinix yang mengeluh dengan software yang bermasalah. Seperti lamban, gagal update, dan lain-lain.

Selain itu, sistem operasi pada Infinix juga memiliki bloatware yang cukup banyak dengan iklan yang sering muncul.

Selalu Menggunakan Prosesor dari MediaTek

Disamping spesifikasi dan fiturnya yang berkualitas, namun, dapur pacu yang diandalkannya selalu menggunakan chipset besutan MediaTek.

Hal ini membuat kinerjanya kalah diadu dengan HP lain bertenaga Qualcomm Snapdragon. Brand ini pernah memakai chip Snapdragon hanya pada salah satu produknya yang dirilis pada 2018 silam.

Kebanyakan smartphone terbaru besutan Infinix hanya menggunakan chip MediaTek Helio. Bahkan, sebelum Zero 5G muncul, tidak ada satupun model yang menggunakan chip MediaTek Dimensity yang performanya mendekati Snapdragon keluaran baru.

BACA JUGA: Spesifikasi Infinix Hot 8 dan Harga Terbaru 2022

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan HP Infinix. Semoga semakin menambah wawasan dan membantu dalam mempertimbangkan merk Infinix dengan yang lainnya.