Review

Rekomendasi HP Tahan Air Terbaru di Indonesia

Ingin membuat konten di bawah guyuran hujan, memotret akuarium, atau mandi sambil mendengarkan musik tanpa khawatir HP rusak? Gunakan HP tahan air yang kini sudah banyak tersedia di Indonesia.

Ya, saat ini sudah banyak HP dari berbagai merk yang memiliki ketahanan terhadap air yang beredar di pasaran.

Berbagai ponsel tersebut bisa digunakan di bawah guyuran hujan bahkan di bawah air sekalipun. Hal tersebut tidak akan merusak komponen perangkat karena telah dilengkapi sertifikasi tahan air.

Meskipun begitu, pengguna harus memperhatikan terlebih dahulu jenis sertifikasinya agar tidak melebihi batas maksimal dari kemampuannya.

Smartphone yang memiliki ketahanan terhadap air ditandai dengan kode yang diawali IP dan kemudian dilanjutkan dengan angka sesuai dengan jenis ketahanan yang dimilikinya.

Lantas, HP apa saja yang aman terkena air dan telah tersedia di Indonesia? Berikut Hallo GSM sajikan rekomendasi HP tahan air terbaru di Tanah Air. Untuk mengetahui spesifikasi serta harganya silahkan klik nama produk.

Rekomendasi HP Tahan Air Keluaran Terbaru

Oppo A77s

Smartphone yang baru diresmikan di Indonesia beberapa hari yang lalu ini memiliki desain premium dengan Fiberglass-Leather.

Dibalik desainnya yang menarik, Oppo A77s juga dilengkapi dengan Rating IPX4 dan IP5X.

IPX4 merupakan rating tahan air, sedangkan IP5X menandakan bahwa Oppo A77s memiliki ketahan terhadap debu.

Dengan ini, perangkat bisa tetap beroperasi dengan baik meskipun terkena cipratan air dari segala arah ataupun kemasukan sedikit debu.

Vivo V25e

Vivo V25e pertama kali diumumkan di Indonesia pada awal bulan ini. Ini hadir sebagai versi termurah dari jajaran Vivo V25.

Meskipun begitu, Vivo V25e juga memiliki spesifikasi yang mumpuni. Handset ini masih mempertahankan kamera utama beresolusi 64MP.

Desainnya juga sangat identik dengan model reguler, Vivo V25. Model terbaru ini dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk NFC.

HP Vivo V25e diklaim terlindungi dari kontaminasi debu dan partikel lain serta terlindungi dari semprotan air dari segala arah. Hal tersebut karena handset telah mengantongi rating IP54.

iPhone 14

Smartphone ternama ini juga pastinya sudah terjamin aman jika terkena air. Bukan hanya itu, iPhone 14 juga bisa digunakan di kedalaman air maksimum 6 meter selama 30 menit.

Dengan rating IP68 yang dimilikinya, pengguna iPhone 14 maupun iPhone 14 Pro bisa menggunakannya ketika berenang tanpa khawatir.

Selain tahan air, smartphone besutan Apple ini juga telah teruji ketahanannya terhadap debu.

Samsung Galaxy Z Fold 4

HP tahan air selanjutnya dari merk Samsung. Ya, Samsung Galaxy X Fold 4 merupakan smartphone lipat terbaru dan yang pertama yang tahan terhadap air.

Meskipun memiliki desain yang dapat dilipat, namun perangkat ini bisa digunakan meskipun di dalam air. Pasalnya, Galaxy Z Fold 4 memiliki sertifikat IPX8 sehingga tahan di dalam air tawar sedalam 1,5 meter sampai 30 menit.

Samsung Galaxy Z Flip 4

Galaxy Z Flip 4 juga merupakan HP Samsung lipat yang memiliki daya tahan terhadap air. Rating IPX8 yang dimilikinya membuat pengguna tidak perlu khawatir jika perangkat tidak sengaja jatuh ke dalam air.

Samsung Galaxy Z Flip 4 bisa bertahan di kedalaman air 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

iPhone SE 2022

iPhone SE versi 2022 diklaim sebagai smartphone paling tangguh. Dengan bodinya yang didesain tahan lama, perangkat tahan benturan dari sisi bagian depan maupun belakang.

Selain tahan benturan, Apple iPhone SE 2022 juga tahan cipratan air. Perangkat diklaim bisa bertahan walaupun terkena tumpahan air, soda, kopi, teh, ataupun jus.

Samsung Galaxy XCover 5

Smartphone tangguh yang didesain khusus untuk pekerja lapangan ini aman digunakan dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Peringkat IP68 membantu melindungi Galaxy XCover 5 dari air dan debu. Perangkat ini tahan air hingga dalam kedalaman 1,5 meter di air tawar hingga 30 menit.

Selain itu, smartphone Samsung ini juga tidak masalah ketika kemasukan debu, pasir, ataupun kotoran. Sebagai ponsel tangguh, Galaxy XCover 5 juga kebal dari benturan, karena telah memenuhi standar militer dengan sertifikat MIL-STD 810H.

Vivo X80 Pro

Smartphone yang mengunggulkan aspek fotografi ini bisa digunakan untuk memotret kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir dengan tetesan air hujan atau debu dari jalanan.

Ya, Vivo X80 Pro merupakan smartphone tahan air dan debu yang memiliki rating IP68 dan telah lolos uji rendam di air tawar dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Asus ROG Phone 6 Series

Selanjutnya, ada Asus ROG Phone 6 Series. Ini merupakan smartphone gaming terbaru yang hadir di Indonesia.

Selain sangat bisa diandalkan untuk bermain game, handset ini juga aman ketika terkena cipratan air dari segala arah.

ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro telah lolos uji penyemprotan dengan air hingga mendapat rating IPX4.

Nokia G20

Smartphone Android Nokia yang satu ini telah dilengkapi dengan sertifikasi rating IPX2 yang membuatnya tahan dari cipratan air normal.

Nokia G20 hadir di Indonesia dengan mengunggulkan baterainya yang awet hingga 3 hari. Kamera utamanya memiliki konfigurasi 48MP.

Perangkat juga menawarkan desain tahan lama dan juga elegan yang ringan dan ramping.

Asus Zenfone 8

Dengan sertifikat IP68 anti air dan debu, Zenfone 8 tentunya aman menghadapi kondisi cuaca buruk. Perangkat masih bisa beroperasi dengan normal setelah pengujian ditenggelamkan di kedalaman 1,5 meter air tawar selama 30 menit.

Perusahaan menghimbau agar Asus Zenfone 8 tidak ditenggelamkan seluruhnya ke dalam air, tidak boleh terkena air laut, air berklorin, atau minuman.

BACA JUGA: 10 HP NFC Murah Terbaru Mulai dari Rp1 Jutaan

Nah, itulah rekomendasi HP tahan air keluaran terbaru di Indonesia. Meskipun telah dilengkapi dengan sertifikasi, namun penggunaan smartphone dalam air dengan sengaja sangat tidak disarankan.

Mengingat, perangkat memiliki port USB yang harus dalam kondisi kering ketika hendak mengisi daya. Selain itu, kebanyakan perusahaan juga menyatakan bahwa kerusakan perangkat yang disebabkan masuknya cairan tidak termasuk ke dalam garansi.