Tips & Trik

Cara Screenshot Samsung A20 Tanpa Tombol

Cara screenshot Samsung A20 dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Jangan khawatir jika Anda masih belum mengetahui caranya, sebab di artikel ini Hallo GSM akan membahasnya hingga tuntas.

Samsung Galaxy A20 merupakan smartphone dengan layar Super AMOLED termurah di Indonesia yang saat ini bisa didapatkan hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 1.999.000.

Smartphone ini diperkuat Exynos 7884 (14 nm) yang dipadankan dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan internal 32 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dan sudah mendukung fast charging 15W.

Galaxy A20 memiliki layar seluas 6.4 inci dengan resolusi 720 x 1560 piksel (HD+) dan mengusung konsep desain Infinity V yang artinya layar dari ponsel ini dihiasi dengan poni berbentuk huruf V.

Dalam poni tersebut bersemayam kamera selfie 8 MP f/2.0, sedangkan untuk kamera belakangnya sendiri menganut sistem dual camera dengan sensor utama 13 MP f/1.9 dan kamera ultrawide 5 MP f/2.2.

Selain itu, ada beberapa fitur menarik lain yang ditawarkan oleh hp Samsung dibawah Rp 2 jutaan ini, salah satunya adalah fitur screenshot yang akan kita bahas kali ini.

Berikut ini adalah beberapa cara screenshot Samsung Galaxy A20 yang simple dan mudah untuk dicoba.

BACA JUGA: Cara Screenshot Oppo A5s

Cara Screenshot Samsung A20

Kombinasi Tombol

Seperti biasa, cara screenshot paling mudah yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Cara ini bisa juga Anda terapkan di hp lain.

1. Buka area layar yang akan Anda screenshot.

2. Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah () secara bersamaan. Kedua tombol tersebut berada di sisi kanan perangkat.

Screenshot Samsung A20 dengan tombol fisik. (IST)

3. Ketika tombol power dan volume bawah ditekan secara bersamaan, maka secara otomatis sistem akan merekam konten yang muncul di layar dan menyimpannya menjadi gambar ke Galeri.

4. Adapun patokan atau tanda untuk mengetahui berhasil atau tidaknya cara ini adalah layar berkedip dan muncul bunyi rana kamera.

Screenshot Samsung A20 dengan Menu Asisten

Jika Anda sudah bosan mengambil screenshot dengan tombol fisik, maka Anda wajib untuk mencoba cara yang kedua, yaitu dengan memanfaatkan fitur Gambar Layar

atau Screenshot di Menu Asisten.

Pertama, nyalakan hp Samsung A20 Anda kemudian masuk ke Pengaturan. Setelah berada di Pengaturan, cari menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan lalu aktifkan tombol slider di samping Menu Asisten.

Menu Asisten. (SS)

Apabila Menu Asisten telah diaktifkan akan muncul icon menu berbentuk bulat yang melayang di sisi kanan layar. Anda tinggal mengklik icon tersebut dan pilih menu Gambar Layar.

Cara ss Samsung A20 dengan Menu Asisten. (SS)

Secara otomatis hasil tangkapan layarnya akan tersimpan di Galeri, Anda bisa mengecek atau langsung menghapusnya dari sana.

Game Launcher

Fitur lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil screenshot di Galaxy A20 adalah Game Launcher. Ya, tak hanya dapat meningkatkan performa ponsel saat digunakan bermain game, fitur ini bisa pula Anda andalkan untuk merekam gambar layar.

Sayangnya fitur ini memiliki kelemahan, yaitu hanya bisa digunakan saat Anda sedang membuka akan menjalankan aplikasi game.

Selain itu, fitur Game Launcher juga harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya buka Pengaturan > Fitur Lanjutan > Klik tombol slider di samping kanan Game Launcher.

Game Launcher. (SS)

Setelah aktif, kamu bisa langsung mencobanya dengan cara membuka aplikasi, klik menu Game Launcher dan pilih Screenshot.

 

BACA JUGA: Cara Screenshot iPhone 7

Itulah 3 cara screenshot Samsung A20 yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.