Tips & Trik

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus di Android, Begini Langkahnya

Tak perlu khawatir lagi jika tidak sengaja menghapus kontak, karena ada cara mengembalikan kontak HP yang terhapus. Di artikel ini, kami memiliki tutorialnya.

Kehilangan data di buku telepon tentu bisa mengganggu aktivitas, karena pengguna akan kesulitan menghubungi teman, kerabat, atau siapapun yang kontaknya terhapus.

Terutama, jika ada hal penting yang harus disampaikan atau ditanyakan.

Meski nantinya bisa meminta kontaknya lagi pada pemiliknya atau kepada orang lain, namun ada cara untuk mengembalikannya yang bisa kamu lakukan setelah menyadari bahwa ada kontak di HP kamu yang hilang.

Ya, kontak yang terhapus pada perangkat Android tidak akan terhapus langsung secara permanen. Data kontak yang terhapus masih tersimpan dan bisa dipulihkan agar kontaknya kembali.

Cara untuk mengembalikannya terbilang mudah. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa untuk bisa mengembalikan kontak yang terhapus, HP yang digunakan harus terhubung dengan akun Google terlebih dahulu dan pernah mencadangkan atau menyimpan kontak di akun Google.

Selain itu, pengembalian kontak yang terhapus juga bisa dilakukan pada HP yang terhubung ke akun Cloud bawaan untuk mencadangkan data kontak.

Menghubungkan HP dengan akun Google juga bisa memudahkan penggunanya ketika akan mengganti HP. Dengan begitu, foto, video, kontak, dan lainnya yang dicadangkan bisa dialihkan ke HP baru dengan cepat dan praktis.

Jika kamu ingin mengembalikan kontak yang tidak sengaja terhapus di HP yang sebelumnya setelah terhubung dengan akun Google, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan pada semua merk HP Android. Kali ini, kami menggunakan HP Android merk Oppo dengan ColorOS 12.1.

Dalam praktiknya, mungkin perlu sedikit penyesuaian karena perbedaan antarmuka pada HP yang kamu gunakan. Langsung aja ke tutorialnya.

Buka Pengaturan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka Pengaturan atau Setelan di HP yang kamu gunakan.

Pengaturan HP bisa diakses dari halaman utama, daftar aplikasi, atau dari quick menu. di bar notifikasi.

Setelah halaman Pengaturan terbuka, seperti biasa, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kategori pengaturan.

Buka Kategori Google – Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Ya, dari berbagai kategori yang ada, pilih Google

. Kategori Google ada di urutan paling bawah. Jadi, scroll atau gulir layar untuk menemukannya.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman baru berisi berbagai menu. Diantara menu yang ada adalah Anak-anak dan Keluarga, Data seluler & pesan, Iklan, Isi Otomatis, dan masih banyak lagi.

Untuk mengembalikan kontak, kamu perlu melanjutkan ke tahap berikutnya dengan mengklik suatu menu.

Klik Menu Menyiapkan & Memulihkan

Menu selanjutnya yang harus diklik adalah menu Menyiapkan & Memulihkan. Nantinya, halaman baru akan muncul dengan tiga pilihan menu.

Ikuti langkah berikutnya untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

Kembalikan Kontak yang Terhapus

Dari tiga pilihan menu di halaman Menyiapkan & memulihkan, silahkan klik menu Pulihkan kontak.

Berikutnya, akan tampil akun Google kamu yang didalamnya terdapat cadangan kontak. Untuk memulihkan kontak, kamu bisa langsung mengklik Pulihkan. Atau bisa juga dengan melihat kontaknya terlebih dahulu dengan mengklik Lihat kontak.

Setelah mengklik Pulihkan, maka kontak yang terhapus akan kembali lagi ke daftar kontak di HP kamu.

Dalam pengembalian kontak ini, sistem hanya akan memulihkan kontak yang pada saat itu tidak tersimpan di menu Kontak. Ini ditujukan agar terhindar dari terjadinya kontak duplikat.

BACA JUGA: Cara Login DANA Tanpa Aplikasi, Coba Sekarang!

Itulah cara mengembalikan kontak HP yang terhapus melalui Google Account. Sekarang, giliran kamu mempraktikkannya. Semoga artikel ini bermanfaat.