Cara Screenshot iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus merupakan seri iPhone yang masih memiliki tombol home fisik, oleh sebab itu cara screenshot iPhone 7 agak sedikit berbeda dengan iPhone 11 ataupun iPhone 12.

Seri iPhone 7 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2016, meski sudah cukup lama namun hingga detik ini iPhone 7 masih memiliki banyak peminat dan harganya pun masih diatas Rp 4 jutaan.

Perihal spesifikasi, iPhone dan iPhone 7 Plus sama-sama diperkuat oleh chipset Apple A10 Fusion yang disandingkan dengan RAM 2 GB untuk iPhone 7 dan RAM 3 GB untuk iPhone 7 Plus.

Berbicara tentang cara mengambil gambar screenshot di iPhone 7 Series, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Mau tau apa saja? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

BACA JUGA: Cara Screenshot iPhone 6

Cara Screenshot iPhone 7

Kombinasi Tombol

Ya, cara pertama yang bisa kamu pakai ketika hendak mengambil gambar cuplikan layar di iPhone 7 maupun iPhone 7 Plus adalah lewat kombinasi tombol Power dan Home.

Tombol powernya sendiri berada di sisi kanan, sedangkan tombol home terletak di bezel bawah layarnya. Untuk mengambil screenshot, kamu hanya perlu menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan menahannya selama beberapa detik hingga terdengar bunyi rana kamera.

Screenshot iPhone 7 dengan tombol fisik
Screenshot iPhone 7 dengan tombol fisik. (IST)

Untuk mengecek hasilnya kamu tinggal masuk ke aplikasi Photos lalu buka album ‘Screenshot’.

Namun alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu sering mengambil screenshot dengan cara ini sebab bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada tombol home.

Lantas bagaimana jika tombol power atau tombol home sudah tidak berfungsi? Mari kita melangkah ke opsi yang kedua.

AssistiveTouch

Cara screenshot di iPhone 7 yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur AssistiveTouch. Fitur ini harus kamu aktifkan terlebih dahulu.

Caranya, buka menu Settings > Accessibility > kemudian klik tombol geser yang berada di samping menu AssistiveTouch. Jika sudah berwarna hijau itu artinya fitur tersebut sudah aktif dan siap untuk kamu pergunakan.

Selain itu kamu juga akan melihat bola melayang di sisi kanan layar. Klik bola tersebut kemudian pilih menu Device > More > Screenshot.

Nantinya layar iPhone 7 kamu akan berkedip yang menjadi penanda bahwa screenshot sudah berhasil. Dan hasilnya bisa kamu cek di aplikasi Photos.

Cara ini akan sangat berguna jika tombol power atau tombol home di perangkat iPhone yang kamu gunakan sudah tidak berfungsi dengan normal.

BACA JUGA: Cara Screenshot Oppo A5s

Sekian tutorial cara screenshot iPhone 7 ini semoga bisa menambah pengetahuan.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber