Cara Reset Printer Epson L3110 Error Waste Ink Pad Full

Setelah di artikel sebelumnya membahas mengenai cara reset Canon IP2770, kali ini Hallo GSM akan memberitahu kamu bagaimana cara reset printer Epson L3110 error blinking atau error waste ink full.

Epson L3110 sendiri merupakan salah printer pabrikan Epson yang memiliki banyak pengguna di Indonesia, mulai dari toko percetakan, pelajar hingga pengguna biasa.

Demi menjaga keawetan printer Epson L3110 ini tentu saja pengguna harus melakukan perawatan secara rutin sesuai dengan prosedur yang disampaikan Epson di buku panduan.

Namun, tetap saja meski sudah dilakukan secara rutin ada kalanya printer mendadak error yang ditandai dengan berkedipnya lampu indikator berwarna orange sehingga membuat printer tidak bisa digunakan sama sekali.

Penyebab Printer Error

Sebelum masuk ke tahap reset, ada baiknya jika kamu mengetahui apa penyebab printer Epson L3110 Error. Ya, seperti yang disebutkan diatas tadi, tanda-tanda printer error dapat dilihat dari lampu indikator.

Jadi, apabila lampu indikator berwarna orange yang ada printer Epson L3110 kamu terus berkedip, itu menunjukan telah terjadi sedikit masalah. Printer Epson L3110 error blinking biasanya disebabkan oleh waste ink full atau counter pembuangan tinta sudah penuh.

Nah, error waste ink full pada printer Epson L3110 sedikit berbeda dengan printer Epson seri L lainnya. Jika pada printer Epson L360 dan Epson L120 error waste ink full akan ditandai dengan lampu indikator kertas dan tinta berkedip secara bergantian.

Sementara pada Epson L3110 error waste ink full atau counter pembuangan tinta sudah penuh ditandai dengan berkedipnya semua lampu indikator kertas dan tinta secara bersamaan.

Masalah tersebut sebetulnya bisa diatasi sangat mudah, yaitu dengan cara melakukan reset menggunakan software resetter Epson L3110. Software tersebut dapat kamu andalkan untuk mereset ink pad counter.

Berikut adalah langkah-langkah cara reset printer Epson L3110.

BACA JUGA: Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L3110

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload software resetter Epson L3110. Tidak perlu khawatir sebab software atau aplikasi untuk mereset printer saat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dari mesin pencari Google.

Selain itu, software resetter tersebut juga bisa kamu dapatkan dari situs resmi Epson.

Setelah berhasil di download, kamu harus mengekstrak file resetter tersebut menggunakan WinRar atau 7-Zip. Jika sudah selesai, nantinya akan muncul tampilan EPSON Adjustment Program.

Klik tombol Select untuk melakukan reset. Berikutnya, pada kolom Model Name silahkan pilih L3110 kemudian klik OK.

Software resetter Epson L3110
Software resetter Epson L3110. (IST)

Langkah yang selanjutnya adalah kamu harus mengklik tombol Particular Adjustment Mode.

Resetter Epson L3110 tanpa virus
Resetter Epson L3110 tanpa virus. (IST)

Nantinya, kamu akan diarahkan ke menu Scanner Motor Heat Protection Control, pilih Waste Ink Pad Counter > OK.

Reset Epson L3110
Reset Epson L3110. (IST)

Lalu setelah itu, centang kolom yang berada di samping kiri menu Main Pad Counter dan Platen Pad Counter. Kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol Initialize.

Resetter printer Epson
Resetter printer Epson. (IST)

Sesaat setelah kamu mengklik tombol Initialize proses reset akan otomatis berlangsung. Tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai.

Jika sudah, akan muncul notifikasi pop up yang meminta kamu untuk merestart printer

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Demikianlah pembahasan mengenai cara reset printer Epson L3110 untuk mengatasi error blinking atau waste ink full. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber