Cara Reset Printer Epson L360 Terlengkap dan Paling Mudah

Sama seperti printer Epson L120, cara reset printer Epson L360 juga bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi tambahan. Epson L360 sendiri merupakan printer all-in-one yang memungkinkan kita untuk melakukan print, scan dan copy dokumen dalam satu perangkat.

Harganya yang relatif terjangkau membuat printer Epson L360 ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik itu oleh para pekerja kantoran atau pengguna pribadi atau rumahan.

Selain itu, keunggulan lain yang ditawarkan oleh printer Epson murah ini adalah sangat mudah dioperasikan. Jadi apabila kamu berniat untuk membuka toko percetakan, Epson L360 ini adalah printer yang paling recomended.

Namun perlu diingat, printer juga termasuk salah satu barang elektronik yang memerlukan perawatan rutin agar bisa terus berfungsi sebagaimana mestinya.

Ya, selama kamu menggunakannya secara benar dan disertai perawatan rutin maka dapat dipastikan printer ini akan bertahan lama. Namun sebaliknya, jika kamu memperlakukannya secara sembarangan maka besar kemungkinan akan banyak permasalahan yang muncul.

Meski begitu, adakalanya printer mengalami error meskipun sudah dilakukan perawatan secara rutin, contohnya printer tidak bisa mencetak yang diiringi dengan lampu indikator tinta dan kertas yang berkedip.

Apabila sewaktu-waktu printer Epson L360 kamu mengalami error dengan tanda-tanda mirip seperti yang disebutkan di atas, itu bukanlah masalah yang cukup serius karena kamu bisa mengatasinya dengan cara meresetnya.

BACA JUGA: Cara Reset Speaker Bluetooth

Cara Reset Printer Epson L360

Selain itu, ada hal lain yang menjadi penyebab kenapa kamu printer minta direset, yaitu karena disebabkan oleh waste ink full yang berakibat pada over ink pad counter atau counter pembuangan tintanya sudah penuh.

Tak cuma itu, pihak Epson sendiri mungkin telah melakukan penyetingan terhadap printer miliknya ini untuk mencetak dokumen hingga jumlah tertentu.

Hal inilah yang kemudian mengharuskan penggunanya melakukan reset agar sistem kembali menghitung dari awal. Berdasarkan pengalaman, setelah di reset printer dapat kembali bekerja dengan normal tanpa harus dibawa ke service center.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mereset printer Epson L360. Cekidot!

Reset Manual

Sama seperti pada saat kamu hendak melakukan reset pada smartphone, cara ini juga mengharuskan kamu untuk menekan kombinasi tombol tertentu.

Jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka manual book printer Epson L360 atau jika sudah lupa menyimpannya dimana, kamu bisa mendownload buku panduannya dari situs resmi Epson.

Setelah membuka buku panduan, silahkan kamu cari tahu dengan teliti letak dan fungsi semua tombol yang ada printer. Jika sudah, mari kita eksekusi.

  1. Pastikan printer dalam keadaan mati. Cabut kabel power dari stop kontak lalu diamkan selama beberapa menit.
  2. Setelah didiamkan selama 3-5 menit, silahkan kamu hidupkan kembali printer dengan menekan tombol Power sambil menekan tombol Resume yang berlogo segitiga.
  3. Silahkan kamu tekan kedua tombol tersebut selama 1-3 menit. Kemudian segera lepaskan jika sudah lebih dari 3 menit.
  4. Selanjutnya tekan kembali tombol Power dan Resume selama 3 detik lalu lepaskan kembali.
  5. Selesai, printer akan melakukan reset dengan otomatis. Tunggu hingga 5 menit lalu barulah restart printer.

Langkah-langkah di atas akan mengembalikan printer ke pengaturan pabrik yang sekaligus membuatnya bakal dapat digunakan kembali dengan normal seperti sedia kala.

Cara Reset Printer Epson L360 Lewat Aplikasi

Selain secara manual, kamu juga bisa meresetnya dengan bantuan Software Resetter Epson L360 yang bisa kamu cari dari Google. Setelah software tersebut berhasil didapatkan langsung saja kamu instal di laptop atau komputer kamu.

Pilih Particular Adjustment Mode dan pilih tipe printer kamu, software resetter Epson yang banyak dijumpai di Google biasa pula digunakan untuk printer Epson seri i L130, L220, L310, L360 dan L365.

Nantinya akan muncul tab baru, silahkan kamu opsi Waste Ink Pad Counter dan klik OK. Kemudian centang kotak yang berada di samping kiri Main Pad Counter lalu klik tombol Check.

Terakhir, klik OK pada tab pop up yang muncul dan secara otomatis proses reset akan dimulai. Biasa proses tersebut akan berjalan kurang dari 5 menit.

Jika proses reset sudah selesai akan kembali muncul pop up yang meminta kamu untuk mematikan printer. Silahkan kamu matikan dan hidupkan kembali.

BACA JUGA: Cara Reset Mesin Cuci Samsung Semua Tipe

Selamat, kini kamu sudah mengetahui cara reset printer Epson L360.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber