Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola Terbaru

Ketika melakukan cara mengembalikan channel tv yang hilang pada parabola, pengguna harus berhati-hati dan jangan sampai caranya salah.

Penyebab channel yang biasa ditonton tiba-tiba hilang itu bisa dikarenakan channel yang berganti frekuensi, adanya pergeseran parabola, mengganti frekuensi LNB secara tidak sengaja, tanpa sengaja terhapus dan lain sebagainya.

Apapun penyebab channel tersebut hilang, pastinya kamu ingin mengembalikan lagi channel tersebut agar bisa kembali menonton tayangan-tayangan favorit.

Untuk mengembalikan channel TV yang hilang di parabola ternyata cukup mudah namun tetap dibutuhkan sedikit kejelian agar langkah-langkah yang dilakukan berhasil.

Untuk lebih jelas mengenai tutorialnya, kamu bisa menyimak satu persatu langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola

Berikut ini beberapa solusi untuk mengembalikan lagi channel TV yang hilang di parabola.

Lakukan blind scan

Blind scan merupakan langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan lagi siaran TV yang hilang. Tenang saja, proses blind scan ini tidak akan berpengaruh atau memberikan efek samping pada parabola.

Untuk melakukan blind scan, kamu harus masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu, lalu pilih instalasi.

Selanjutnya ke satelit dan pilihlah satelit yang sesuai. Dalam melaksanakan cara ini, pengguna harus melakukan pengecekan kekuatan sinyal di atas 60.

Berikutnya tekan tombol biru untuk melakukan pemindaian > pilih Blind Scan pada opsi mode scan. Tunggu hingga proses blind scan selesai.

Jika sudah selesai, maka seluruh transponder yang ada akan masuk ke receiver tersebut. Channel baru dan channel lama yang sinyalnya hilang pun akan muncul.

Jika sudah melakukan proses blind scan tapi sinyal dari beberapa channel masih belum dapa tertangkap oleh receiver, kemungkinan yang penyebabnya bukan karena sinyal terkait.

Kamu harus melakukan pengecekan lebih lanjut agar bisa mengetahui masalah apa yang terjadi dan penyelesaiannya.

BACA JUGA: Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Melakukan pengecekan parabola

Cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola berikutnya bisa juga dengan mengecek kondisi parabola. Cobalah memperhatikan secara seksama posisi parabola, apakah masih ditempat semula atau justru berpindah.

Seperti dijelaskan tadi, sinyal yang hilang juga bisa disebabkan karena pergeseran dari parabola itu sendiri.

Penyebabnya bisa karena angin, barang, atau tersenggol manusia. Selain posisi, cek juga kondisi parabola tersebut apakah ada lecet atau penyok.

Cek konektor dan kabel atau kabel LNB

Untuk lebih memastikan penyebab hilangnya channel TV, kamu juga bisa melakukan pengecekan secara lebih mendalam, yakni mengecek bagian konektor dan kabel.

Selain kabel dan konektor, kamu juga bisa mengecek di bagian LNB. Cek kondisi polarisasinya apakah masih berfungsi normal atau sebaliknya.

Penandanya yaitu masih punya sinyal sekitar 60% meski di dalam kondisi yang memaksa. Jika demikian, bisa jadi ada yang salah di kabel LNB yang membuat ada bagian yang mati.

Solusinya, kamu bisa mengganti LNB tersebut. Pasalnya, LNB berdampak cukup serius ke bagian receiver-nya.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV di Parabola

Tutorial cara mengembalikan channel TV yang hilang pada parabola telah selesai kita jelaskan satu persatu. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber