Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV di Parabola

Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai banyak yang menggunakan parabola. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang masih belum mengetahui cara mencari channel Indosiar dan SCTV di parabola.

Nah, jika saat ini channel SCTV dan Indosiar tidak bisa ditemukan di TV parabola Anda, sebaiknya Anda membaca artikel ini hingga tuntas, sebab kali ini Hallo GSM akan membagikan tips dan trik cara tracking channel SCTV dan Indosiar yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV di Parabola

Geser Posisi Parabola

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan dulu posisi parabola Anda sudah berada di satelit yang benar. Channel SCTV dan Indosiar sendiri berada di satelit Telkom 4 yang mengorbit di 108.0 E.

Perlu Anda ketahui bahwa channel SCTV, Indosiar dan juga O Channel berada dalam satu transponder sama. Jadi Anda hanya perlu memasukkan satu transponder atau frekuensi untuk bisa mendapatkan ketiga channel tersebut.

Apabila posisi parabola sudah mengarah ke satelit Telkom 4, kemudian ambil remote receiver dan pencet tombol Menu. Selanjutnya geser ke arah kanan dan pilih Instalasi.

BACA JUGA: Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Pilih Satelit dan Tambahkan Transponder

Apabila Anda berhasil masuk ke halaman Instalasi, langkah selanjutnya adalah memilih menu Daftar Satelit. Nantinya, akan muncul daftar satelit yang sudah tersimpan di receiver Anda.

Untuk mencari channel SCTV dan Indosiar silahkan pilih satelit E 108.00 Telkom 4. Setelah itu klik tombol Go To yang ada pada remote receiver untuk masuk ke menu Transponder.

Pada layar televisi nantinya akan dimunculkan daftar transponder yang sudah tersimpan di receiver Anda. Pencet tombol berwarna merah pada remot untuk menambahkan transponder.

Setting Transponder

Agar channel SCTV dan Indonesia berhasil ditemukan, Anda harus memasukkan Frekuensi, Simbol Rate dan Polaritas dengan benar.

Sebelumnya, channel Indosiar dan SCTV di Telkom 4 Frekuensinya adalah 4005, Simbol Rate 9000 dan Polaritas Horizontal (H). Akan tetapi, sejak bulan Januari 2021 lalu, transponder MPEG-2 Indosiar dan SCTV sudah dinonaktifkan.

Jadi sekarang, Anda harus memasukkan Frekuensi 4121, Simbol Rate 12250 dan Polaritas Horizontal (H), lalu pilih Simpan.

Scan Siaran

Selesai menyetting transponder, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian atau scan siaran. Disini Anda hanya perlu mengklik tombol berwarna biru yang pada remote receiver.

Pada tahap ini, Anda juga bisa memilih apakah ingin melakukan pencarian secara acak atau hanya ingin melakukan scanning terhadap channel tertentu yang tidak ditemukan sebelumnya.

Caranya mudah, pilih Ya pada opsi Hanya FTA untuk mencari channel secara acak dan sebaliknya pilih Tidak pada opsi Hanya FTA apabila Anda hanya ingin mencari channel tertentu.

Selanjutnya, pilih Televisi pada opsi Scan Siaran dan arahkan kursor pada tombol Mencari lalu klik tombol OK pada remote.

Proses pencarian bisa akan membutuhkan waktu 1-2 menit, Anda hanya perlu menunggu hingga daftar siaran muncul di layar.

Cek Saluran

Apabila channel SCTV, Indosiar dan O Channel sudah muncul di dalam daftar siaran Anda bisa langsung mengeceknya satu persatu. Caranya pencet tombol Exit pada remote untuk kembali ke tampilan semula.

Setelah itu, pencet tombol Menu dan masuk ke menu Daftar Siaran. Silahkan Anda cek apakah ketiga channel tersebut sudah ada atau belum.

Jika tidak muncul semua atau hanya muncul salah satunya mungkin Anda melakukan sedikit kesalahan. Silahkan ulangi dari awal.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Kurang lebih seperti itulah cara mencari channel SCTV dan Indosiar di parabola. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber