Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Selain dibutuhkan keahlian, cara mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom juga memerlukan kesabaran. Maka dari itu jangan heran jika para teknisi parabola memasang tarif yang cukup tinggi.

Apabila Anda berniat untuk melakukan tracking sendiri ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, jika Anda sampai salah memutar parabola atau mencari sinyal satelit akan berakibat fatal.

Nah, untuk bisa mencari sinyal parabola Palapa dan Telkom ada dua cara yang bisa Anda pilih, yakni cara manual dan menggunakan alat bantu tambahan yang bernama positioner.

BACA JUGA: Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Tracking Manual

Tracking sinyal TV parabola dengan cara manual memang membutuhkan langkah yang panjang, bahkan cara ini juga dapat menguji kesabaran. Namun hasil yang didapat akan sebanding dengan proses panjang yang dilalui.

Merubah posisi parabola tentu bukanlah perkara yang sulit, namun Anda jangan sampai salah paham sebab posisi parabola disini harus benar-benar pas. Jika salah sedikit saja, bisa-bisa semua channel yang muncul jadi akan hilang.

Sebelum menggeser atau mengubah posisi parabola, pastikan dulu Anda mengetahui dimana letak satelit Telkom mengorbit. Nah, saat ini hampir semua channel televisi sudah migrasi ke satelit Telkom 4.

FYI, satelit berjuluk Merah Putih ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 lalu sebagai pengganti Telkom 1. Sebelum beroperasi, tugas satelit Telkom 1 diambil alih oleh Telkom 3S.

Kini satelit Telkom 4 sudah beroperasi secara penuh, artinya semua channel televisi yang tadinya di satelit Telkom 3S secara otomatis telah dipindahkan ke Telkom 4.

Sebagaimana diketahui, posisi satelit Telkom 3S berada di orbit 118 °E, sedangkan Telkom 4 berada di posisi 108.0 °E Bujur Timur. Permasalahannya, tidak semua orang bisa menyesuaikan arah parabola ke satelit Telkom 4.

Jadi agar parabola Anda berhasil menangkap sinyal semua channel televisi silahkan arahkan pada satelit Telkom 4 yang berada di orbit 108 °E Bujur Timur. Untuk mempermudah sangat disarankan menggunakan kompas.

Pastikan arah parabola sudah benar-benar pas. Pasalnya, geser sedikit saja akan berpengaruh juga terhadap channel lain termasuk di Palapa D.

Cara Mencari Sinyal Parabola Menggunakan Positioner

Sebaliknya, jika menginginkan cara instan maka Anda bisa menggunakan positioner yang bisa dipasang pada parabola untuk menggerakan arah secara otomatis. Jadi dengan alat bernama positioner tersebut Anda bisa me-lock channel yang ada di satelit Telkom 4 atau Palapa dengan mudah.

Cara penggunaannya pun sangat sederhana. Pertama, Anda hanya perlu menambahkan transponder atau frekuensi ke receiver parabola. Sebelum merubah arah, pastikan transponder dan symbol rate sudah dimasukkan ke parabola.

Setelah itu, cara mencari sinyal parabola Telkom dan Palapa yang selanjutnya adalah menggerakan parabola dengan remote actuator.

Silahkan Anda gerakan parabola secara perlahan sambil melihat ke layar televisi. Jika sinyal yang didapat sudah bagus, segera lakukan blind scanning sampai semua channel di Telkom 4 dan Palapa D berhasil didapat.

BACA JUGA: Aplikasi Streaming TV Indonesia Gratis

Itulah dua cara tracking sinyal parabola Telkom 4 dan Palapa D yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber