Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang

Cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup mudah dan cepat.

Meski mudah, namun ketika melakukannya kalian harus hati-hati dan memperhatikan banyak hal secara teliti.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab sinyal parabola Matrix kerap hilang secara mendadak.

Di antaranya seperti pemasangan konektor yang tidak sesuai, posisi antena dan LNB tidak dibaut dengan kencang lalu berubah posisi karena terkena angin, adanya kerusakan pada LNB atau receiver parabola, dan lainnya.

Untuk lebih detail mengenai penyebab sinyal parabola Matrix yang hilang dan cara mengatasinya, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai!

Penyebab dan Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang

Ketahui dulu penyebabnya sebelum kamu melakukan cara mencari signal parabola Matrix yang hilang dengan cepat.

Cek konektor

Ketika yang menjadi sumber permasalahannya adalah kerusakan pada kabel, kamu harus menutup konektornya.

Lakukan pengecekan bagian dari konektor dan jauhkan dari semua hal yang mengganggu sambungannya, seperti tempelan inner tembaga atau serabut ground.

Jika konektor tidak terlindungi dengan baik, maka bisa membuat air gampang masuk ke dalamnya. Tutup konektor tersebut dengan menggunakan isolasi listrik atau isolasi lain yang dirasa aman.

Posisi antena yang tidak kencang

Ketika penyebab sinyal hilang karena posisi antena yang tidak kencang, maka cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang yang harus dilakukan adalah mengencangkannya.

Sinyal yang jelek dapat terjadi lantaran pengendoran baut antena dan LNB yang perlu pengencangan. Kondisi baut yang mengendor ini bisa membuat parabola gampang bergeser saat tersentuh.

Kondisinya akan semakin buruk ketika terkena hujan dan angin kencang. Oleh sebab itu, antisipasi dengan melakukan pengencangan pada setiap baut inti parabolanya.

BACA JUGA: Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Letak parabola

Arah dari peletakkan parabola bisa juga menjadi penyebab sinyal hilang. Cobalah untuk memperhatikan bagian depan dan atas dari parabola jangan sampai terhalang pohon, rumah atau benda lain yang bisa bikin sinyal sulit masuk.

Adanya rumah atau pohon itu bisa berbahaya bagi parabola apalagi alur sinyal yang masuk ke dalamanya.

LNB yang rusak

Ketika penyebab sinyal hilang karena adanya kerusakan pada LNB, cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki receiver.

Penyebab LNB atau receiver yang rusak bisa terjadi akibat pengaturan yang kurang tepat atau memang pada bagian receiver-nya mengalami kerusakan.

Jika tidak bisa diperbaiki, tentu kamu wajib menggantinya dengan yang baru. Untuk menunculkan kembali sinyal Matrix yang hilang ini bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

Mengecek signal intensity

Untuk ara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang kamu harus mengecek bagian signal intensity-nya, masih ada sedikit atau justru sudah hilang semuanya.

Jika masih ada, bagian receiver-nya tentu masih berfungsi dengan baik. Yang terjadi kemungkinkan karena adanya geseran pada antena dan parabolanya.

Sementara itu, jika signal intensity sudah hilang secara keseluruhan yang terjadi adalah kerusakan LNB.

Cari transponder-nya

Kalau tidak ada masalah pada sinyal, kamu bisa mengecek bagian transporder-nya. Perhatikan pemasangan baut dan kekencangannya.

Jangan lupa untuk mengecek bagian fisik dari konektor yang dipakai. Kamu wajib mengecek secara mendalam agar bisa mengetahui permasalahan utamanya. Sehingga bisa ditangai dengan mudah.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang Pada Parabola Terbaru

Itu dia, penyebab dan cara mencari sinyal parabola Matrix yang hilang. Sehingga kamu bisa melakukan penanganan sesuai dengan masalahnya. Semoga bermanfaat.

Recent Articles

Related Stories

Enable referrer and click cookie to search for prowebber