Aplikasi

6 Aplikasi Untuk Membuat Website Gratis, Cocok Untuk Pemula

Membuat website memang tidaklah gampang, untungnya sekarang ini sudah ada aplikasi untuk membuat website gratis yang dapat kita pergunakan jika ingin membuat website sendiri mulai dari yang berbasis CMS hingga yang berupa text editor.

Memiliki website bisa dibilang sebagai salah satu jalan terbaik apabila ingin mendapatkan uang atau penghasilan dari internet. Jadi apabila kamu bertanya bagaimana cara cepat menghasilkan uang dari internet, sudah pasti jawabannya adalah dari website.

Nah, apabila saat ini kamu punya niatan untuk membuat sendiri tapi masih kebingunan atau belum mengatahui aplikasi pembuat website gratis, simak rekomendasinya berikut ini.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Meme Lucu

Daftar Aplikasi Untuk Membuat Website

WordPress

Aplikasi membuat website. (IST)

Aplikasi pembuat web gratis yang pertama adalah WordPress. Dengan WordPress kamu bisa membangun website impian secara cepat dan mudah. Untuk diketahui hampir lebih 30% website di dunia menggunakan WordPress.

Dikenal sebagai Content Management System (CMS), WordPress bisa kamu manfaatkan untuk membuat website layaknya profesional, blog, e-commerce dan lain-lain.

Untuk desain, kamu bisa mengubah desain website sesuai keinginan dengan template gratis ataupun berbayar yang sudah tersedia di dalamnya.

Selain itu, WordPress juga menyediakan banyak plugin yang bisa kamu unduh dan instal dengan mudah meskipun kamu masih pemula.

Bluefish – Aplikasi Untuk Membuat Website

Aplikasi buat web gratis. (IST)

Bluefish merupakan aplikasi desain web yang memiliki ukuran sangat kecil. Nah, aplikasi ini sangat direkomendasikan terutama jika kamu menginginkan tampilan web yang bersih dan sederhana.

Kendati hanya berfokus di HTML, Bluefish juga mendukung bahasa ppemrograman lain seperti PHP, Java, Javascript, SQL, XML dan CSS.

Namun, jika kamu berniat untuk membuat web dari aplikasi inim maka sangat disaranakan agar membaca atau menonton tutorial terlebih dahulu.

Wix Website Builder

Aplikasi Wix Website Builder. (IST)

Beroperasi pertama kali pada tahun 2006, Wix kini telah memiliki lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia. Membuat web dengan aplikasi ini bahkan sudah jadi jauh lebih mudah lantaran sudah didukung oleh teknologi dan sistem canggih berbasis HTML5.

Ada begitu banyak alasan kenapa banyak pembuat website lebih memilih Wix. Salah satunya adalah pengguna bisa mengakses Wix baik itu dari perangkat laptop, komputer ataupun smartphone.

Keunggulan lainnya adalah aplikasi pembuat web ini menyediakan lebih dari 100 template mulai dari tema bisnis, fotografi, musik, creative arts, restoran, toknologi dan masih banyak lagi.

Zyro – Aplikasi Untuk Membuat Website

Aplikasi desain web. (IST)

Zyro juga termasuk salah satu aplikasi pembuat website yang tak kalah bagus. Bahkan di antara pesaingnya, Zyro memiliki perkembangan pengguna yang sangat cepat karena sistemnya adalah drag and drop.

Di dalamnya terdapat lebih dari 160 template web yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, punya sistem SEO canggih, penyimpanan unlimited dan multi bahasa.

Kerennya lagi, jika dari semua template yang disediakan tidak ada yang cocok dengan kehendak, kamu bisa juga mendesain template website sendiri.

Google Sites

Aplikasi Google Sites. (IST)

Kemudian aplikasi lain yang bisa kamu andalkan untuk membuat website dengan mudah adalah Google Sites. Seperti yang kita ketahui, Google tidak hanya berperan sebagai mesin pencari tapi juga menyediakan aplikasi pembuat website bernama Google Sites.

Awalnya, aplikasi ini bernama JotSpot yang dicaplok Google pada tahun 2006 hingga akhirnya berubah nama menjadi Google Site. Nah, Google Site dirancang untuk mempermudah para pelaku usaha kecil dan menengah agar bisa mengembangkan bisnis mereka di internet melalui website.

Untuk bisa membuat web dari Google Site cukup mudah, kamu hanya tinggal login ke situs resmi Google Site kemudian pilih template web sesuai keinginan, buat nama web dan URL.

Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman yang memperlihatkan ratusan tema web. Pada tahap ini tinggal pilih tema yang kamu mau. Gampang kan?

Webnode

Aplikasi pembuat website. (IST)

Apabila kamu berniat untuk membuat web untuk kebutuhan personal, bisnis ataupun toko online maka Webnode adalah pilihan yang tepat.

Sejauh ini aplikasi Webnode telah memiliki lebih dari 18 juta pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut menunjukan bahwa Webnode memang aplikasi terbaik untuk urusan membuat website gratis.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Video Animasi Mirip Tekotok

Itulah beberapa aplikasi pembuat web gratis paling recommended.