Aplikasi

7 Aplikasi Jurnal untuk HP Android yang Recommended, Coba Sekarang!

Aplikasi jurnal harus ada di HP mereka yang hobi membuat karya dengan tulisan secara digital. Aplikasi ini akan memfasilitasi kamu dalam menulis journal.

Kebiasaan menulis jurnal memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk mengabadikan memori dan menuangkannya ke dalam tulisan, namun menulis jurnal juga bisa sebagai terapi, mengurangi stress, bahkan untuk membantu mengevaluasi diri.

Jurnal sendiri diartikan sebagai publikasi atau catatan tertulis berisi catatan harian, penelitian, atau pemikiran seseorang atau sekelompok orang dalam suatu bidang.

Jurnal biasanya digunakan oleh para peneliti, akademisi, atau praktisi dalam berbagai disiplin ilmu. Seperti ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, atau teknologi.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa atau pelajar yang mencari jurnal sebagai referensi utama selain buku dalam mengerjakan tugasnya.

Bukan hanya itu, jurnal juga bisa berisi curahan momen-momen berharga dalam kehidupan sehari-hari, bahkan bisa digunakan untuk mengelola aktivitas secara efektif.

Dengan adanya aplikasi yang menunjang di HP kamu, tentu bisa lebih mudah dan praktis dalam pembuatannya.

Hanya dengan mengakses aplikasi di HP, kamu bisa langsung menulis journal kapan saja dan dimana saja.

Saat ini, telah tersedia beberapa aplikasi yang bisa diandalkan. Di bawah ini, kami memiliki rekomendasinya yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store.

Rekomendasi Aplikasi Jurnal

Penly: Digital Planner & Notes

Pertama, ada aplikasi Penly. Aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 100 ribu orang di Google Play Store.

Tak heran, karena aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam menulis jurnal di HP.

Penulisan jurnal juga bisa lebih menyenangkan dan meningkatkan mood, karena pengguna bisa menggunakan font khusus sesuai keinginan dengan cara mengimportnya, membuat hyperlink, menambahkan stiker, dan masih banyak lagi.

Pengguna juga bisa membuat perencanaan digital melalui aplikasi ini dengan menarik. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat planner dengan warna-warna merona.

Notion – Aplikasi Jurnal

Berikutnya, ada aplikasi Notion yang dikembangkan oleh Notion Labs, Inc. Aplikasi ini bisa didapatkan dan digunakan secara gratis.

Menariknya, meskipun gratis, namun aplikasi ini bisa diandalkan untuk membuat journal di HP, bahkan melakukan kolaborasi dengan tim kamu.

Melalui aplikasi ini, journal yang kamu buat juga bisa langsung dipublikasikan ke website dengan cepat, hanya dalam dua klik saja.

Aplikasi Notion memiliki ukuran yang cukup ringan, yakni 45MB. Daripada penasaran, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

Kilonotes

Aplikasi Kilonotes juga bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini memiliki tampilan menarik dan memungkinkan pengguna untuk membuat jurnal yang juga menarik.

Kilonotes menyediakan berbagai templat berkualitas dengan stiker yang indah. Pengguna bisa mengedit tampilan jurnal sesuai keinginan, karena aplikasi ini memiliki pengeditan yang fleksibel.

Kamu juga bisa memadukan grafis dan teks dalam pembuatan jurnal. Penggunaannya juga mudah, terlebih aplikasi ini telah dilengkapi dengan panduan.

Aplikasi ini sudah banyak yang memilihnya, tercatat lebih dari 1 juta kali aplikasi Kilonotes didownload.

Microsoft OneNote

Aplikasi ini menawarkan tools digital buletin journal yang berfungsi sebagai buku catatan dan anotasi.

Melalui aplikasi Ms. OneNote, pengguna bisa membuat digital journal sendiri dengan berbagai tools untuk membuat jurnal menjadi lebih menarik.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat coretan gambar untuk membantu mempresentasikan apa yang dimaksud, sehingga pembaca bisa lebih mudah memahaminya.

Day One Journal: Private Diary

Selain empat aplikasi tadi, aplikasi Day One Journal juga bisa kamu pilih. Aplikasi besutan Automatic, Inc ini telah didownload lebih dari 500 ribu kali dan mendapat rating 4,7 di Google Play Store.

Aplikasi ini bisa digunakan selamanya secara gratis denga ruang tak terbatas. Salah satu hal yang menjadikan aplikasi ini menarik adalah terjaga privasinya.

Ya, jurnal yang telah dibuat di Day One Jurnal bisa terjaga privasinya dengan fitur yang ada. Tak perlu khawatir jika jurnal kamu terhapus. Jurnal yang telah kamu rangkai akan tetap aman, karena Day One memiliki fitur pencadangan otomatis.

Diarium: Journal, Diary

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang tidak mau ribet dengan iklan, atau persyaratan harus mendaftar. Pasalnya, aplikasi Diarium bebas dari iklan dan tidak perlu mendaftar untuk bisa menggunakannya.

Bukan hanya untuk HP, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan di PC.

Jurnal yang kamu buat di aplikasi ini bisa dibubuhi foto, tag, ataupun yang lainnya, sehingga informasi yang dibuat bisa lebih lengkap.

Banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Selain gratis, aplikasi Diarium juga menyediakan versi Pro dengan berlangganan untuk bisa menikmati fitur lainnya yang lebih premium.

Grid Diary – Journal, Planner

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Grid Diary yang dikembangkan oleh Sumi Interactive.

Grid Diary sangat cocok bagi kamu yang baru ingin memulai menulis jurnal. Aplikasi ini menyediakan tools segudang, termasuk template, perpustakaan cepat, check in kebiasaan, pengingat penulis, dan lain-lain untuk membantu pengguna dalam menyesuaikan metode jurnal yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Bukan hanya sekedar memfasilitasi pengguna untuk membuat jurnal, namun Grid Diary juga berkomitmen untuk menjadi alat pertumbuhan pribadi yang sederhana namun kuat dan efektif.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Edit Foto Lebaran untuk Hasil Menarik, Cocok untuk si Paling Simpel!

Itu dia beberapa aplikasi jurnal yang bisa kamu gunakan di HP Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi mana saja yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan sebelum menginstal aplikasinya, simak ulasan dari pengguna lain mengenai aplikasi yang dimaksud terlebih dahulu. Semoga informasinya bermanfaat.