Aplikasi

5 Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Tadarusan Praktis di HP

Perkembangan teknologi saat ini membuat berbagai aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis, termasuk tadarusan menggunakan aplikasi Al Quran di smartphone.

Tadarusan merupakan aktivitas ibadah membaca Al-Quran yang dilakukan bukan hanya sekedar membaca, namun juga upaya untuk memahami, merenungkan, serta memahami isi dari kitab suci Al Quran.

Aktivitas tadarusan menjadi ibadah yang sering dilakukan umat Muslim, terlebih di bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan karena bulan ini sangat istimewa, dimana salah satu keistimewaannya adalah pahala yang dilipatgandakan.

Oleh karena itu, sebagian besar umat Islam bertekad untuk semakin rajin beribadah kapanpun dan dimanapun.

Tak jarang mereka mencari aplikasi terbaik untuk menemani aktivitas ibadah di bulan suci ini.

Termasuk aplikasi untuk membaca Al-Qur’an, karena bisa memfasilitasi pengguna untuk tadarusan kapan saja dan dimana saja dengan praktis, meskipun tidak membawa Al-Quran.

Pengguna bisa menggunakan apliaksi untuk bisa membacanya. Menariknya lagi, aplikasi-aplikasi islami terbaik juga menyediakan fitur lainnya yang berguna, seperti pengingat waktu sholat, doa-doa, penunjuk arah kiblat, dan lainnya.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, pengguna bisa terus menjaga kelancaran ibadah meskipun dalam keadaan bepergian.

Rekomendasi Aplikasi Al Quran

Di bawah ini beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan. Pastikan simak hingga tuntas untuk mendapat aplikasi yang paling sesuai.

Al Quran Indonesia

Rekomendasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membaca Al Quran di HP adalah Al Quran Indonesia.

Aplikasi ini sudah cukup populer, ditandai dengan data yang menyebutkan bahwa ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Dalfindo Cipta Karya ini mendapat rating baik dari para penggunanya.

Tak heran, karena Al Quran Indonesia menawarkan berbagai fitur dan menyuguhkan tampilan sederhana namun kekinian, hingga mudah dalam penggunaannya.

Aplikasi Android ini dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia serta audio mp3 murottal full. Dengan ini, pengguna bukan hanya bisa membaca Al Quran, namun juga bisa mendengarkan bacaannya secara langsung.

Menariknya lagi, Al Quran Indonesia juga menyediakan informasi jadwal sholat dan arah kiblat yang akurat.

Muslim Pro – Aplikasi Al Quran

Berikutnya, ada aplikasi Muslim Pro. Aplikasi yang satu ini juga menjadi salah satu aplikasi yang populer, bahkan Muslim Pro menjadi aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store ini menampilkan surat-surat ayat suci dengan jelas dan mudah dibaca.

Muslim Pro juga dilengkapi terjemahan yang bisa diatur dengan bahasa yang sesuai dengan keinginan.

Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi besutan Bitsmedia Pte Ltd ini memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan lantunan ayat suci dengan fitur audio mp3.

Selain itu, pengingat waktu sholat juga bisa ditampilkan dengan pemberitahuan visual dan audio, dimana suara muadzin bisa dipilih sesuai keinginan.

Berbagai fitur lainnya juga tersedia pada aplikasi ini untuk mempermudah ibadah pengguna di setiap harinya.

NU Online: Quran Sholat Tahlil

Aplikasi NU Online juga bisa diandalkan untuk tadarusan melalui HP. Aplikasi ini memiliki fitur bernama Quran Pojok yang menampilan ayat-ayat Quran seperti di mushaf cetak dengan tampilan bersih dan jelas.

Aplikasi ini juga menyediakan notifikasi waktu sholat, kalender Hijriyah, informasi keislaman dari sumber-sumber otoritatif, doa & wirid, Ensiklopedia digital, serta fitur ibadah lengkap.

Untuk menikmati berbagai fitur tersebut, kamu bisa mengunduhnya secara langsung di Google Play Store.

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Selain tiga aplikasi tadi, aplikasi Al Quran (Tafsir & Per Kata) juga bisa menjadi pilihan.

Seperti namanya, aplikasi ini menyajikan tafsir atau arti dari ayat suci Alquran per kata. Aplikasi ini cocok bagi pengguna smartphone yang ingin mempelajari Quran.

Al Quran (Tafsir & Per Kata) dilengkapi dengan rekaman audio pada setiap ayat, sehingga memudahkan penggunanya dalam belajar membaca Alquran.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tafsir Ibnu Katsir, hukum tajwid berwarna, terjemahan dan penerangan pengikut perkataan, indeks Al Quran, catatan dan penanda, terjemahan dan tafsir dalam berbagai bahasa, berbagai pilihan tema dan tulisan, dan masih banyak lagi.

Salaam: Quran & Waktu Sholat

Terakhir, ada aplikasi bernama Salaam: Quran & Waktu Sholat. Ini dilengkapi dengan Al-Quran digital lengkap, penunjuk arah kiblat, waktu puasa, penanda tadarus, serta panduan Haji & Umroh.

Aplikasi Salaam: Quran & Waktu Sholat telah tersertifikasi oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ini juga bekerjasama dengan penerbit Al Quran terkemuka di Indonesia, Cordoba International Indonesia.

Fitur utama aplikasi ini diantaranya adalah Al-Qur’an digital, Adan, jadwal waktu sholat, penunjuk arah kiblat, panduan Haji dan Umroh, serta konten harian dan kontekstual.

Perlu diketahui bahwa aplikasi yang satu ini diperuntukkan terutama bagi pengguna perangkat Samsung.

BACA JUGA: Cara Mematikan Notifikasi TikTok agar Terbebas dari Gangguan

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi Al Quran terbaik di HP yang bisa digunakan untuk tadarusan kapan saja dengan praktis. Semoga informasinya bermanfaat.