Categories: News

9 Aplikasi Tulisan Arab Untuk Smartphone Android

Aplikasi tulisan Arab untuk Android banyak tersedia di Google Play Store. Kita bisa memilih salah satunya sesuai keinginan untuk diinstall di smartphone.

Namun tentunya setiap aplikasi memiliki keunggulan tersendiri. Dan di artikel ini HALLO GSM telah menyiapkan beberapa rekomendasi apk tulisan Arab yang bisa kalian pilih.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa menulis aksara Arab di ponsel secara mudah dan cepat.

Misalnya ketika ingin menulis sebuah hadis dan ayat yang ingin dibagikan ke orang lain melalui pesan atau media sosial.

Rekomendasi Aplikasi Tulisan Arab di Android

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja aplikasinya, silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Keyboard Arab: Tulisan arab

Keyboard Arab: Tulisan arab. (IST)

Sesuai namanya, Keyboard Arab: Tulisan arab dapat membantu penggunanya yang ingin menulis atau mengetik huruf Arab di smartphone-nya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Keyboard Style ini memiliki sekitar 500 emoticon yang dapat mempercantik tulisan Arab yang kamu ketik.

Kemudian, terdapat 8 warna yang bisa digunakan untuk mengganti latar belakang papan ketik. Sehingga kalian tidak akan jenuh setiap kali mengetik dengan papan ketik yang bisa diatur warnanya.

iFont – Aplikasi Tulisan Arab

iFont. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan iFont yang memiliki ratusan font yang indah dan bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Aplikasi ini mudah untuk dioperasikan, kamu bisa mengubah font kapan saja agar tidak monoton. Aktivitas mengetik pun jadi lebih menyenangkan dengan font yang bisa diubah dengan mudah.

Salah satu font yang tersedia di iFont adalah huruf-huruf Arab. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis lho.

BACA JUGA: Aplikasi Font Keren Untuk Android, Gratis dan Tanpa Root

Bahasa Arab – GO Keyboard

Bahasa Arab GO Keyboard. (IST)

Selain dua aplikasi tadi, kamu bisa juga menggunakan Bahasa Arab – GO Keyboard.

Aplikasi ini menyediakan banyak font/tulisan Arab, kamu hanya perlu mendownload dan menginstall-nya di HP.

Kamu bisa mengetik tulisan Arab di ponsel dengan mudah setelah menginstall Bahasa Arab – GO Keyboard.

Aplikasi besutan GOMO Apps juga memiliki fitur auto-correct, sehingga kamu pun bisa semakin paham dan mahir mneggunakan tulisan Arab.

Ana Muhtarif Al Khat – Aplikasi Tulisan Keren

Ana Muhtarif Al Khat. (IST)

Ana Muhtarif Al Khat spesifik ditujukkan untuk mereka yang ingin merangkai sebuah kaligrafi menggunakan tulisan dan Bahasa Arab.

Kamu pun dapat memilih sendiri bentuk dan variasi aksara Arab yang diinginkan. Aplikasi ini memiliki 21 koleksi font seperti font Arab Diwan yang terbaik.

Bisa juga mengubah ukuran font, menggunakan undo dan redo, memilih ebragam warna untuk teks dan latar, membuat latar transparan, dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu gunakan setelah mengunduh Ana Muhtarif Al Khat.

FlipFont الخطوط العربية لـ

الخطوط العربية لـ FlipFont. (IST)

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menulis menggunakan huruf Arab di smartphone-nya dengan mudah. Bisa juga mengubah font dan user interface di smartohone-mu.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya bisa mengetik dengan tulisan Arab, namun semua tampil antarmuka di smartphone akan berubah menjadi tulisan Arab.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Native Font ini terbilang cukup populer. Di Google Play Store saja telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

keyboard arabic harokat

keyboard arabic harokat. (IST)

Aplikasi tulisan Arab berharakat yang berikutnya ini juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk diinstall di smartphone-mu.

Sesuai namanya, pengetikan huruf Arab lebih mudah dibaca karena dengan keyboard arabic harokat kalian bisa mengetik huruf Arab dilengkapi dengan harakat.

Selain itu, disertai juga voice to text yang bisa merubah suara menjadi tulisan Arab. Kemudian, terdapat converter huruf latin ke Arab.

Papan ketik berbahasa arab

Papan ketik berbahasa arab. (IST)

Telah di-download lebih dari 1 juta pengguna, apk bernama Papan ketik berbahasa arab pun recommended untuk kalian install di smartphone.

Aplikasi ini merupakan keyboard bahasa Arab dengan tema stylish dan emoji baru.

Papan ketik berbahasa arab sangat mudah digunakan oleh setiap pengguna ketik ingin mengetik bahasa Arab atau ingin menulis bahasa Inggris ke bahasa Arab.

Arabic Keyboard and Translator

Arabic Keyboard and Translator. (IST)

Arabic Keyboard and Translator menyediakan aksara Arab yang siap diklik untuk merangkai kata dan kalimat. Kemudian, dilengkapi juga dengan fitur translasi sehingga sangat bermanfaat.

Jika tertarik untuk mendownload aplikasi besutan Language World ini, kalian bisa mencarinya di Google Play Store lalu klik Unduh.

FAST Arabic Keyboard

FAST Arabic Keyboard. (IST)

Aplikasi tulisan Arab yang terakhir dibahas adalah FAST Arabic Keyboard. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan memiliki desain UI yang modern serta mudah dipahami oleh setiap penggunanya.

Huruf hijaiyah yang ada di aplikasi ini bisa dipilih untuk nantinya merangkai kata serta serta kalimat.

Untuk kamu yang sudah cukup mahir berbahasa Arab dan ingin meningkatkan kemampuan menulis Arab, FAST Arabic Keyboard menjadi pilihan yang tepat untuk diunduh.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis dan Lengkap

Demikianlah rekomendasi aplikasi tulisan bahasa Arab yang telah dibahas satu persatu pada artikel ini. Semoga bermanfaat.