Aplikasi

8 Aplikasi Teknik Sipil yang Wajib Dimiliki

Ada banyak aplikasi teknik sipil yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah pengerjaan tugas yang kita lakukan.

Setiap aplikasi memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Mungkin kamu pun penasaran dengan apk teknik sipil apa saja yang bisa digunakan saat kuliah atau di dunia kerja nantinya.

Jika demikian, kamu bisa langsung menyimak beberapa aplikasi yang telah kami rangkum di bawah ini.

Daftar Aplikasi Teknik Sipil

Berikut ini beberapa apk teknik sipil yang akan dibahas dan bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan.

AutoCAD

Autocad. (IST)

Aplikasi pertama ada AutoCADyang merupakan besutan developer Autodesk. Aplikasi ini tersedia untuk PC dan Android. Untuk Android kita bisa mendownload-nya melalui Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, gambar teknik seperti gambar desain, fabrikasi, pemasangan, dan lainnya bisa dihasilkan.

Selain itu, AutoCAD juga memiliki kemampuan menampilkan 3D modeling dari sebuah bangunan. Menarik banget, kan? Ditambah lagi sudah terintegrasi dengan sejumlah software lain seperti ETABS, SAP2000, dll.

SAP2000 – Aplikasi Teknik Sipil Terbaik

SAP2000. (IST)

Berikutnya kamu bisa menggunakan SAP2000 yang merupakan software berbasis analisa struktur. Biasanya aplikasi ini kerapa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk menghitung bangungan seperti gedung, bendungan, atau jembatan.

SAP2000 juga memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga recommended banget digunakan untuk analisa bangunan. Seperti dijelaskan pada pembahasan pertama, SAP2000 juga telah terintegrasi dengan AutoCAD.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Logo Terbaik dan Gratis di HP

STAAD.Pro​

Kamu juga bisa mengandalkan STAAD.Pro​untuk menganalisis sebuah struktur bangunan. Di dunia engineering, software yang diluncurkan oleh Bentley ini kerap dipakai oleh banyak perusahan EPC yang bergerak di bidang petrochemical dan bidang minyak serta gas.

Contohnya untuk analisa sebuah struktur piperack, jetty, shelter, dan masih banyak yang lainnya.

Di sejumlah perusahan EPC, STAAD.Pro​ dipakai untuk analisa platform atau topside di bangun offshore. Segera download STAAD.Pro​untuk mengetahui kemampuan luar biasa yang dimiliknya!

HEC-RAS – Aplikasi Teknik Sipil

HEC-RAS. (IST)

HEC-RAS (Hydrologic Engineering Center’s River Analysis System) merupakan software yang sudah cukup populer digunakan oleh banyak pengguna.

Khususnya yang konsentrasi di bidang air tentu sudh tak asing lagi dengan aplikasi yang dibuat oleh U.S Army Corps of Enginners (USACE).

HEC-RAS memiliki kemampuan memodelkan aliran di sungai dan digunakan untuk menganalisis bangunan air, misalnya waduk dan bendungan.

Aplikasi ini memiliki fitur yang terdiri dari 4 komponnen hidraulika satu dimensi, yakni hitungan profil muka air aliran permanen, simulasi aliran tak permanen, hitungan transpor sedimen, dan analisis kualitas air.

ETABS

ETABS. (IST)

Aplikasi yang tak kalah menarik untuk kalian gunakan adalah ETABS. Aplikasi yang diluncurkan oleh CSi ini lebih dikhususkan untuk analisa struktur high-rise building.

Dilengkapi dengan fitur untuk menganalisa struktur yang cukup banyak membuat aplikasi ini sangat pas untuk menganalisa struktur high-rise building.

AutoCAD Civil 3D

Aplikasi teknik sipil yang berikutnya adalah AutoCAD Civil 3D. Diketahui AutoCAD Civil 3D adalah pengembangan AutoCad sehingga sama-sama keluaran produk AutoDesk.

Namun biasanya AutoCAD Civil 3D digunakan oleh pengguna yang bekerja di pertambangan, pemipaan, dan lainnya. Kemudian, aplikasi ini juga kerap digunakan untuk merancang penuh dalam perancangan jalan.

3D Max

Ingin menguasai aplikasi teknik sipil lainnya? Kamu bisa mencoba 3D Max. Software ini diketahui sebelumnya bukan bernama 3D Max tapi 3D studio.

Kendati begitu, fungsinya tetap sama yakni untuk membuat animasi desain 3D. Dengan begitu, penggunanya pun dapat membuat simulasi video bergerak yang membuat desain yang telah dibuat terlihat lebih hidup.

SketchUp

Dengan menggunakan aplikasi bernama SketchUp ini, para penggunanya bisa mendesain objek 3D secara cepat dan mudah pastinya.

Selain mudah dan cepat, aplikasi ini kerap dipakai oleh banyak pengguna terutama di sektor arsitektur dan desain grafis.

BACA JUGA: Aplikasi Desain Rumah Android Terlengkap

Demikianlah beberapa aplikasi teknil sipil yang bisa digunakan di PC dan Android yang bermanfaat untuk menunjang pekerjaanmu. Semoga bermanfaat.