Aplikasi

7 Aplikasi Screenshot HP Terbaik untuk Android dan iPhone

Aplikasi screenshot HP banyak dicari, karena bermanfaat bagi beberapa pengguna. Ini bisa dijadikan alternatif ketika fitur bawaan HP sedang bermasalah, atau ingin mendapatkan pengalaman lebih baik ketika mengabadikan layar.

Seperti diketahui, screenshot atau tangkapan layar adalah fitur yang umum ditemukan pada berbagai merk smartphone.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menangkap atau mengabadikan tampilan layar, kemudian menyimpannya dalam format foto pada galeri HP.

Adanya fitur ini mempermudah pengguna yang ingin menyimpan berbagai informasi, tanpa perlu repot mencatat atau menyalinnya.

Tak heran jika fitur ini menjadi fitur yang wajib ada di setiap smartphone. Sehingga ketika fitur bawaan mengalami masalah, tak jarang pengguna HP yang sampai mencari dan menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan.

Saat ini, sudah banyak aplikasi khusus tangkapan layar yang bisa digunakan. Menariknya, aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan fasilitas yang tidak ditemukan pada fitur screenshot bawaan HP.

Daftar Aplikasi Screenshot HP

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Simak penjelasannya hingga tuntas, ya!

Screenshot Touch

Screenshot Touch. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Screenshot Touch. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk screenshot dengan sentuhan.

Melalui aplikasi Screenshot Touch ini, pengguna juga bisa screenshot panjang di HP, bahkan merekam layar dan disimpan dalam bentuk video. Baik itu merekam dengan suara atau tanpa suara.

Sebelum hasil screenshot disimpan, kamu bisa menambahkan tulisan sesuai keinginan.

Ketika tidak sengaja screenshot halaman dengan data penting, aplikasi ini akan menampilkan pop-up konfirmasi untuk mendapatkan persetujuan pengguna. Dengan begitu, data penting bisa tetap aman karena di screenshot berdasarkan persetujuan pengguna.

Tangkapan layar: ScreenMaster – Aplikasi Screenshot HP

Tangkapan layar ScreenMaster. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi Tangkapan layar: ScreenMaster. Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini.

Melalui aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengabadikan tampilan layar HP dengan mengklik ikon mengambang atau dengan mengguncangkan perangkat. Praktis dan cepat, bukan?

Kamu bisa mendapatkan hasil screenshot berkualitas tinggi, hingga menyimpan dalam format PNG.

Tangkapan layar: ScreenMaster memungkinkan pengguna untuk membuat screenshot dengan bentuk unik, seperti lingkaran, bintang, segitiga, serta bentuk lainnya.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga menjaga keamanan data pengguna dengan tidak melakukan screenshot pada halaman privasi, seperti aplikasi perbankan, kata sandi, dan lainnya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga kompatibel dengan perangkat Android versi 5.0 ke atas.

Screenshot X – Screen Capture

Screenshot X Screen Capture. (IST)

Screenshot X – Screen Capture juga bisa kamu coba. Ini merupakan aplikasi besutan TarrySoft dan cukup populer. Ditandai dengan telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store.

Aplikasi yang satu ini memungkinkan pengguna untuk screenshot dalam satu klik saja.

Cara penggunaannya mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Setelah aplikasinya terpasang, akan ada ikon muncul di layar HP.

Siapkan tampilan layar yang ingin di screenshot. Kemudian, langsung saja klik ikon yang muncul pada layar untuk screenshot.

Setelah itu, hasil screenshot akan tersimpan dan kamu bisa langsung membagikan hasilnya ke aplikasi lain.

Screenshot Assistant

Screenshot Assistant. (IST)

Bagi kamu yang ingin aplikasi lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Screenshot Assistant. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, screenshot menggunakan aplikasi yang satu ini cukup unik.

Kamu bisa screenshot menggunakan bantuan aplikasi ini dengan cara menggeser layar ke atas dari sudut bawah layar HP. Atau bisa juga dengan menekan tombol navigasi beranda atau Home beberapa saat.

Aplikasi ini cukup ringan, ukurannya hanya 4MB. Screenshot Assistant memiliki kompatibilitas pada Android versi 6 atau yang lebih tinggi.

Assistive Touch for Android

Assistive Touch for Android. (IST)

Seperti namanya, ini merupakan aplikasi screenshot untuk perangkat Android. Aplikasi ini mendapat rating 4,1 dari para penggunanya di Play Store.

Aplikasi ini menghadirkan berbagai tombol virtual. Diantaranya, tombol beranda virtual, pengatur volume virtual, back virtual, termasuk screenshot.

Perlu diketahui bahwa aplikasi besutan Launcher Pro Max ini hanya memiliki kompatibilitas dengan perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

Screenshot PRO Screenshots App

Screenshot PRO Screenshots App. (IST)

Bagi kamu pengguna iPhone yang ingin memanage screenshot pada perangkatnya, bisa menggunakan bantuan Screenshot PRO Screenshots App.

Ya, aplikasi ini dirancang untuk mengelola hasil screenshot agar lebih baik.

Menariknya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari teks di dalam tangkapan layar.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menemukan hasil screenshot yang tersimpan sesuai keinginan.

Pengguna juga bisa mengekspor semua teks yang ada pada tangkapan layar. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa mengurangi ukuran screenshot, sehingga tidak memakan terlalu banyak penyimpanan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan mode terang dan gelap. Kamu bisa memilih mode yang paling sesuai. Ini juga terintegrasi dengan iMessage, sehingga kamu bisa dengan cepat membagikan hasil screenshot.

Tangkapan Layar Mudah

Tangkapan Layar Mudah. (IST)

Terakhir, ada aplikasi Tangkapan Layar Mudah. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk screenshot di HP, tablet, atau perangkat Android lainnya dengan mudah.

Pengguna juga bisa membuat screenshot panjang dan merekam layar melalui aplikasi ini. Nantinya, pengguna diberikan kebebasan untuk mengedit hasil screenshot dengan tools ayng ada.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan berbagai fitur di dalamnya. Daripada penasaran, langsung saja unduh dan coba aplikasinya.

BACA JUGA: 8 Aplikasi Keyboard Arab untuk Android, Gratis dan Mudah Digunakan

Itulah beberapa aplikasi screenshot HP untuk Android dan iPhone yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi mana saja yang sesuai. Semoga bermanfaat.