Aplikasi

7 Aplikasi Remote TV Terbaik, Cocok Untuk Semua Merk dan Tipe

Remote TV di rumah kamu hilang? Sekarang kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke toko elektronik untuk membeli remot tinggal instal aplikasi remote tv di hp Android atau iPhone kamu dan masalah pun selesai.

Kebanyakan ponsel Android keluaran jaman now rata-rata sudah dilengkapi dengan yang namanya sensor IR Blaster. Sensor tersebut memang dirasa tidak terlalu penting bagi oleh sebagian pengguna.

Padahal hp yang sudah dilengkapi sensor IR Blaster bisa melakukan berbagai hal salah satunya bisa dijadikan sebagai remote tv ataupun remote ac.

Tapi, untuk bisa mengoptimalkan sensor tersebut kamu tetap harus menginstal aplikasi remote tv, buat yang belum tahu nama aplikasinya, silahkan disimak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA: Aplikasi Anti Virus Terbaik

Daftar Aplikasi Remote TV Terbaik

Mi Remote Controller

Mi Remote Controller. (SS/Google)

Aplikasi yang pertama adalah Mi Remote Controller. Ya, aplikasi ini bisa kamu andalkan untuk mengontrol peralatan elektronik yang ada di rumah.

Tak hanya TV, Mi Remote Controller bisa pula dijadikan sebagai remote AC, set top box, DVD Player dan lain-lain.

Bahkan, bukan hanya bisa dipakai oleh pengguna hp Xiaomi aplikasi satu ini juga dapat dijalankan di hp Samsung, Huawei dan Honor.

Google Home

Google Home. (SS/Google)

Sesuai namanya aplikasi ini dikembangkan langsung oleh raksasa mesin pencari Google jadi kamu tidak perlu meragukan kualitasnya.

Di dalamnya terdapat fitur keren, sehingga dengan aplikasi ini kamu tidak perlu lagi bingung mencari pengganti remot tv yang hilang ataupun rusak.

Polytron IR Remote

Aplikasi remote tv Polytron. (SS/Google)

Polytron IR Remote merupakan aplikasi remote terbaik untuk semua TV merk Polytron, jadi jika kebetulan televisi yang kamu gunakan bermerk Polytron maka aplikasi sangat cocok untuk kamu instal.

Kamu tidak perlu melakukan penyetingan khusus tinggal instal lalu pasang aplikasinya terus tinggal pakai. Simpel banget kan?

Selain di televisi, aplikasi ini bisa dijadikan sebagai remote untuk peralatan elektronik lain pabrikan Polytron seperti AC, DVD Player dan lain-lain.

Universal TV Remote Control

Aplikasi remot tv universal. (SS/Google)

Lalu di urutan selanjutnya ada aplikasi ciptaan CodeMatics Media Solutions yang dinamai Universal TV Remote Control. Aplikasi ini diklaim telah mencapai 50 juta unduhan dan menuai feedback positif dari penggunanya.

Akan tetapi, aplikasi ini hanya akan berfungsi di smartphone yang sudah memiliki fitur inframerah (IR), jadi sebelum menginstalnya pastikan dulu ponsel kamu sudah mempunyai fitur tersebut ya.

IR Remote Control

apk IR Remote Control. (SS/Google)

IR Remote Control memungkinkan kamu untuk menjadikan ponsel sebagai remote control untuk perangkat televisi, DVD Player atau set-top box.

Namun serupa dengan aplikasi sebelumnya, IR Remote Control hanya dapat berfungsi di hp yang sudah memiliki fitur infrared (IR Blaster) dan minimal sudah berjalan di Android 4.4 (KitKat) atau diatasnya.

Roku Remote Control

Roku Remote Control. (SS/Google)

Ini merupakan aplikasi remot tv yang ringan namun dapat diandalkan di berbagai merk televisi baik itu Polytron, LG, Sharp dan lain-lain.

Roku Remote Control memiliki ukuran apk hanya sebesar 2.8 MB saja, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Aplikasi ini dapat dipakai seperti layaknya remot tv fisik dengan tombol power, pengatur volume dan tombol untuk memindahkan saluran.

Remote Control TV

Remote Control TV. (SS/Google)

Remote Control TV juga menjadi salah satu aplikasi pengganti remot fisik populer yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Uniknya, aplikasi ini tak hanya sekedar berfungsi sebagai remot tv melainkan bisa juga untuk mengontrol AC, DVD Player dan alat elektronik lainnya.

BACA JUGA: Aplikasi Browser Terbaik dan Anti Lemot

Itulah beberapa aplikasi remote tv terbaik yang dapat kamu jadikan sebagai pengganti remote tv kamu yang hilang ataupun rusak.