Aplikasi

7 Aplikasi Remote Desktop Terbaik yang Mudah Digunakan

Banyak orang yang membutuhkan aplikasi remote desktop untuk menunjang aktivitas mereka, baik dalam urusan pribadi atau pekerjaan.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut pengguna bisa memanfaatkannya agar memiliki akses untuk mengontrol PC dalam jarak jauh.

Misalnya saja saat mereka bepergian ke suatu tempat tapi tetap ingin ‘mengendalikan’ atau memantau PC tersebut.

Sehingga memungkinkan pengguna mengoperasikan PC yang jauh dari jangkau dengan menggunakan PC atau ponsel pintar.

Pengguna aplikasi ini juga kerap disebut sebagai hots atau pemimpin yang bertugas memandu beberapa komputer dalam satu area.

Ada banyak aplikasi remote desktop yang dapat kita gunakan, namun ternyata hal tersebut membuat pengguna bingung harus memilih yang mana.

Supaya tidak bingung lagi, kamu bisa mempertimbangkan beberapa apk remote desktop yang akan kami bahas berikut ini.

Daftar Aplikasi Remote Desktop Terbaik

Ini dia beberapa rekomendasi apk remote desktop terbaik yang bisa kalian pilih salah satunya.

Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop. (IST)

Pertama, kamu bisa menggunakan Chrome Remote Desktop yang bisa kita install secara gratis, mudah, dan cepat.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan remote antar platform secara aman, lho. Pasalnya, Chrome Remote Desktop bisa diakses di Windows, Linux, Android, iOS, hingga Mac.

Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang ringan sehingga takkan membebani ruang penyimpanan di perangkatmu. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan Chrome Remote Desktop?

RemotePC – Aplikasi Remote Desktop Gratis

RemotePC. (IST)

Dari namanya saja para pengguna tentu sudah mengetahui jika RemotePC memiliki fungsi untuk melakukan remote desktop.

RemotePC memungkinkan penggunanya untuk mengakses serta mengelola komputer lain dengan sangat mudah. Ditambah lagi aplikasi ini support berbagai platform, mulai dari Android, iOS, Windows, hingga Mac.

Sehingga kita pun bisa melakukan remote desktop melalui smartphone. Lalu, pengguna juga bisa melakukan transfer file antar komputer secara aman.

Dilengkapi juga dengan berbagai fitur, di mana pengguna bisa chatting antar PC yang terhubung. Lalu, ada juga fitur yang dapat digunakan untuk merekam dan menyimpan remote session.

BACA JUGA: Aplikasi Membuat Flowchart di HP dan PC

AnyDesk Remote Control

AnyDesk Remote Control. (IST)

AnyDesk Remote Control juga tak bisa menjadi pilihan yang pas untuk digunakan untuk melakukan remote desktop dengan sisi portable yang gratis.

Untuk membuat perangkat saling terhubung, aplikasi ini memanfaatkan password IP bukan alamat email. Host akan memasukkan IP dan kata sandi untuk membuka koneksi.

Setelah itu, klient akan memperoleh IP dan password yang sama untuk menyambungkan beberapa perangkat. Sangat simple, kan?

Remote Utilities – Aplikasi Remote Desktop

Remote Utilities. (IST)

Berikutnya ada Remote Utilities yang juga bisa digunakan untuk menghubungkan 1 komputer dengan komputer lain secara remote.

Menariknya, bahkan kita bisa menghubungkan 10 komputer jarak jauh, lho. Sehingga akan semakin mempermudah aktivitas para penggunanya.

Saat sudah terhubung, kita bisa melakukan chatting grup atau melakukan transfer file dengan mudah. Remote Utilities hadir secara portable sehingga pengguna tak harus menginstall-nya dulu untuk menggunakannya.

Pengguna dapat mengoperasikan Remote Utilities dengan menggunakan USB drive serta mendukung juga fitur WOL (Wake On LAN).

TeamViewer

Aplikasi lainnya ada TeamViewer. Aplikasi ini sangat mudah digunakan secara real time time untuk membangun koneksi keluar masuk.

Pengguna pun dapat berkolaborasi dengan pengguna lainya secara daring, mulai dari chatting, melakukan panggilan biasa hingga panggilan video.

Kemudian, bisa juga mengontrol PC lain dari jarak jauh dengan mudah. Didukung juga dengan fitur VPN, sehingga kita tak perlu menginstall aplikasi VPN lainnya.

Selain itu, TeamViewer Remote Control juga dapat diakses di banyak platform, seperti Mac, Windows, Linux, iOS dan Android secara gratis.

Splashtop Personal – Remote Desktop

Selain TeamViewer, aplikasi remote desktop berikutnya yang bisa kalian coba adalah Splashtop Personal – Remote Desktop.

Aplikasi ini mendukung pemotiroan lebih dari 30 komputer dalam satu host. Sehingga sangat bermanfaat untuk yang memiliki anggota klient yang banyak.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk akses host, seperti bisa masuk dengan IP alamat, IP komputer, atau ID pengguna.

Lalu, untuk klient wajib memasukkan ID yang sudah dibuat oleh host. Setelah ID yang ada sudah terhubung, barulah komputer-komputer itu bisa dikontrol secara bersamaan.

Ammyy

Ammyy. (IST)

Terakhir adalah Ammyy yang memiliki kemampuan untuk digunakan mengontrol server dan klient dengan mudah.

Caranya, pengguna hanya harus menginstall Ammyy di PC yang akan saling terhubung. Setelah itu, masukkan ID PC lain supaya kita bisa melakukan remote PC tersebut.

Menariknya, kita dimungkinkan untuk menghapus, menyalin, menambah, dan mengedit file di PC tersebut. Bahkan bisa juga chatting dengan poengguna lain, lho.

Soal keamanan, Ammyy meggunakan enkripsi AES dan RSA. Sehingga pengguna sudah tak perlu lagi khawatir.

BACA JUGA: Aplikasi Remote TV Terbaik

Itulah beberapa aplikasi remote desktop terbaik yang dapat digunakan di berbagai platform. Semoga bermanfaat.