Aplikasi

5 Aplikasi Proyektor HP ke Tembok dan Cara Menggunakannya

Aplikasi proyektor HP ke tembok bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin menonton film atau tayangan video dengan layar besar, namun tidak ada laptop untuk memproyeksikannya.

Ya, saat ini, sudah banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk menggantikan fungsi laptop yang biasanya memproyeksikan layar melalui proyektor, kemudian ke tembok atau layar.

Aplikasi-aplikasi ini membantu memproyeksikan layar HP ke dinding atau tembok seperti laptop. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan menyambungkannya ke proyektor mini.

Sebelum ke pembahasan, proyektor adalah perangkat untuk menampilkan gambar dari layar laptop, HP, atau komputer ke layar ukuran besar menggunakan sorot lampu.

Proyektor biasanya digunakan untuk menonton film bersama, atau melakukan kegiatan seperti persentase kelompok, kegiatan pembelajaran, atau yang lainnya.

Dengan adanya aplikasi proyektor HP, kamu bisa menampilkan layar HP menjadi tampilan yang lebih besar kapan saja dengan menyambungkannya ke proyektor.

Daftar Aplikasi Proyektor HP ke Tembok

Di bawah ini beberapa aplikasi proyektor HP yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Simak ulasannya hingga akhir untuk menemukan aplikasi yang cocok.

Projector Quick Connection

Projector Quick Connection. (IST)

Aplikasi ini memungkinkan pengguna Android untuk mengirim file foto, dokumen, dan konten situs website ke proyektor yang kompatibel melalui koneksi LAN nirkabel atau WiFi melalui HP.

Berbagai fitur ditawarkan aplikasi ini. Salah satunya adalah Auto Discovery yang bisa mencari proyektor di jaringan secara otomatis.

Selain untuk dokumen dan web, aplikasi ini juga mendukung tayangan slide untuk file foto. Projector Quick Connection mendukung pengendalian jarak jauh. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur standby atau on, pengaturan suara, audio bisu, dan lainnya meski dari jarak jauh.

Aplikasi ini memiliki kompatibilitas pada perangkat Android versi 7.0 dan yang lebih tinggi.

Epson iProjection – Aplikasi Proyektor HP ke Tembok

Epson iProjection. (IST)

Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Android maupun iOS. Seperti namanya, aplikasi ini khusus untuk memproyeksikan layar melalui proyektor merk Epson.

Epson iProjection memudahkan pengguna dalam mencerminkan layar perangkat serta memproyeksikan file PDF dan foto secara nirkabel ke proyektor Epson.

Kamu bisa menghubungkan HP dengan proyektor secara mudah dengan memindai QR Code yang diproyeksikan.

Aplikasi Epson iProjection bisa menghubungkan hingga 50 perangkat ke proyektor dan menampilkan hingga empat layar secara bersamaan. Kamu juga bisa membagikan gambar proyeksi pada perangkat lain yang terhubung.

Melalui aplikasi besutan Seiko Epson Corporation ini, kontrol proyektor bisa lebih mudah dari HP layaknya remote control.

MultiPresenter

MultiPresenter. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi bernama MultiPresenter. Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna menampilkan foto atau dokumen pada perangkat penerima, yakni proyektor atau stik MultiPresenter.

Fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya adalah tampilan cermin yang bisa mengirimkan layar yang ditampilkan pada perangkat ke perangkat penerima.

Kamu juga bisa mengontrol proyektor yang terhubung melalui aplikasi ini, seperti mengatur sound atau mute, picture atau mute, dan lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat proyektor bisa terhubung dengan aplikasi ini. Kamu bisa mengecek kompatibilitas proyektor yang digunakan dengan aplikasi ini melalui informasi tentang aplikasi di Google Play Store.

Untuk panduan pengguna, kamu bisa mengetahuinya dengan mengunjungi situs website resmi MultiPresenter.

Acer eDisplay Pro

Acer eDisplay Pro. (IST)

Selain tiga aplikasi tadi, aplikasi Acer eDisplay Pro juga bisa kamu gunakan. Tapi, aplikasi ini khusus untuk pengguna iOS.

Aplikasi ini bisa diandalkan untuk menampilkan streaming multimedia, video online, dokumen, live camera, dan lainnya melalui proyektor.

Acer eDisplay Pro memiliki beberapa fitur baru. Fitur-fiturnya memungkinkan empat perangkat berbeda untuk terhubung dan menampilkan konten pada proyektor Acer.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur kontrol host, perangkat pilihan, mode offline, kontrol konferensi melalui browser web, serta Client mode discovery.

Panasonic Wireless Projector

Panasonic Wireless Projector. (IST)

Terakhir, bagi kamu yang memiliki proyektor merk Panasonic, bisa menggunakan aplikasi Panasonic Wireless Projector.

Aplikasi ini memungkinkan proyeksi nirkabel tangkapan layar yang diambil dan file dokumen baik itu format PNG, Excel, Powerpoint, PDF, atau JPEG dari perangkat yang kamu gunakan.

Kamu bisa melihat gambar yang sama seperti pada layar live view kamera digital serta mengontrol tampilan seperti remote control nirkabel.

Tak hanya itu, Panasonic Wireless Projector juga bisa digunakan untuk menonton film dengan menyambungkan perangkat HP ke proyektor mini.

Berbagai fitur lainnya juga ditawarkan aplikasi ini. Daripada penasaran, langsung saja unduh aplikasinya di Google Play Store maupun App Store.

Cara Menggunakan Aplikasi Proyektor HP

Untuk menggunakan aplikasinya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  • Pertama-tama, download aplikasi proyektor HP yang cocok dengan perangkat yang kamu gunakan.
  • Kemudian, hubungkan HP dengan proyektor melalui koneksi yang tersedia, seperti Bluetooth atau WiFi.
  • Pastikan juga proyektor menghadap layar atau dinding dengan pas.
  • Setelah itu, buka aplikasi proyektor yang telah kamu download tadi.
  • Ikuti petunjuk, kemudian buka file, dokumen, atau film yang ingin ditampilkan ke tembok.
  • Atur tampilan layar seperti kontras, pencahayaan, suara, pada perangkat hingga menghasilkan tampilan yang jernih.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Screenshot HP Terbaik untuk Android dan iPhone

Itulah beberapa aplikasi proyektor HP ke tembok yang bisa kamu coba. Sebelum menginstal aplikasinya, pastikan untuk melihat penilaian aplikasi terlebih dahulu. Kamu bisa melihat penilaian pengguna lain di Play Store pada bagian ulasan.