Aplikasi

8 Aplikasi Pengukur Jarak Terbaik dan Akurat di HP

Di Google Play Store kita bisa menemukan berbagai aplikasi canggih yang bermanfaat, salah satunya adalah aplikasi pengukur jarak terbaik.

Sesuai namanya, aplikasi tersebut dapat mempermudah kita dalam mengetahui jarak tertentu tanpa perlu memakai alat yang memiliki harga mahal.

Aplikasi tersebut juga bisa kita gunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang dapat disesuaikan oleh penggunanya.

Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk mempermudah kita mengukur jarak dari satu titik ke titik lainnya secara digital.

Hanya bermodalkan smartphone, kita bisa mengukur jarak dengan mudah, cepat dan praktis pastinya.

Ada banyak aplikasi untuk mengukur jarak yang bisa kalian gunakan, kali ini Hallo GSM punya beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Aplikasi Pengukur Jarak Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengukur jarak dengan berbagai fitur menarik yang dimiliki masing-masing aplikasi.

ImageMeter – photo measure

ImageMeter – photo measure. (IST)

Rekomendasi pertama ada ImageMeter – photo measure yang merupakan aplikasi besutan developer Dirk Farin.

Namun, untuk bisa menggunakannya, pengguna diharuskan melakukan pembayaran terlebih dahulu senilai Rp49.000.

Kendati begitu, aplikasi ini dapat bekerja baik dengan hasil pengukuran yang akurat. Menariknya, kalian dapat mengukur objek tanpa ada batasan jarak, lho.

Di Google Play Store sendiri, ImageMeter – photo measure telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating yang cukup bagus.

Pengintai: Smart Measure – Aplikasi Pengukur Jarak

Pengintai: Smart Measure. (IST)

Selanjutnya adalah Pengintai: Smart Measure yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Srote.

Aplikasi berukuran 3,8 MB dapat kalian gunakan untuk mengukur jarak, tinggi, luas, lebar sebuah objek dengan rumus trigonometri.

Walaupun demikian, Pengintai: Smart Measure hanya dapat digunakan untuk melakukan pengukuran sebuah objek yang jaraknya dari 0 cm sampai 50 meter saja.

Kalau tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, kalian bisa langsung mengunduhnya sekarang juga. Gratis, kok!

BACA JUGA: Aplikasi Adzan Waktu Sholat Otomatis 

EasyMeasure – Camera distance measurement app

EasyMeasure – Camera distance measurement app. (IST)

EasyMeasure – Camera distance measurement app diciptakan untuk melakukan pengukuran jarak suatu objek dengan tempat di mana si pengguna berada.

Cara menggunakan aplikasi besutan Caramba Apps ini cukup mudah, yakni kamu hanya cukup menyiapkan kamera yang diarahkan ke objek sasaran.

Hebatnya lagi, hanya dengan menggunakan EasyMeasure – Camera distance measurement app kalian bisa mengetahui tinggi badan seseorang.

Caranya, cukup dengan menggunakan kamera smartphone sebagai pengukurnya. Untuk aplikasi ini dapat digunakan mengukur semua objek dengan cukup akurat.

Ukur Jarak – Aplikasi Pengukur Jarak di Android

Ukur Jarak. (IST)

Ukur Jarak menggunakan fungsi sensor yang ada pada smartphone untuk dipakai sebagai pengukur objek yang kalian inginkan.

Dan untuk mengukur jarak bisa memakai kamera yang diarahkan ke objek yang pengguna maksud.

Selain itu, Ukur Jarak pun bisa melakukan pengukuran sebuah tinggi objek. Caranya, arahkan kamera dari atas ke bawah sesuai tinggi objeknya.

Telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna, aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan yakni hanya 7,5 MB saja.

Auto Distance

Auto Distance. (IST)

Aplikasi yang satu ini juga tak kalah keren untuk kalian install di smartphone Android. Tentu saja hal tersebut karena Auto Distance bisa dibilang cukup serba guna.

Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk mengetahui jarak dari satu objek ke objek yang lain secara cepat dan mudah lewat kamera.

Auto Distance memanfaatkan ketinggian lensa kamera dan tilt angle dari kamera untuk melakukan kalkulasi jarak sebuah objek.

Disebut serba guna karena aplikasi ini tidak hanya bisa mengukur tinggi gedung dan jarak objek saja, namun juga untuk dimanfaatkan di dalam ruangan.

Pengintai: Smart Distance

Pengintai: Smart Distance. (IST)

Ada lagi Pengintai: Smart Distance yang menjadi aplikasi pengukur jarak berikutnya yang recommended untuk diinstall.

Aplikasi ini dibesut oleh developer yang sama dengan Pengintai: Smart Measure, yakni Smart Tools co.

Kendati begitu, di antara kedua aplikasi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Yakni Pengintai: Smart Distance mempunyai jarak efektif sekitar 10 meter sampai 1 kilometer.

Oleh sebab itu, Pengintai: Smart Distance tak menggunakan rumus trigonometri, tapi memanfaatkan perspektif dari kamera ponsel pintar.

Penguasa Peta (Maps Ruler)

Penguasa Peta (Maps Ruler). (IST)

Aplikasi yang berikutnya ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengukuran jarak terbaik.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur area lapangan, perhitungan perjalanan perahu, trekking, berjalan, pengukuran luas atap dan masih banyak yang lainnya.

Tentunya dengan hasil yang cukup akurat, teman-teman. Jika tertarik untuk menggunakan Maps Ruler, kalian bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store.

AndMeasure

AndMeasure. (IST)

Terakhir, ada AndMeasure yang juga menjadi aplikasi pengukur jarak terbaik yang bisa kalian install di smartphone Android.

Aplikasi pengukur jarak ini hadir dengan dibekali fitur recreasional yang bisa digunakan untuk melakukan pengukuran rute off-road, perjalanan air, merencanakan jalur lari, estimasi jarak tempuh pada jarak tembak, dan lainnya.

Sementara itu, AndMeasure telah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna dengan rating mencapai 4.4, lho.

BACA JUGA: Aplikasi Radio Online Terpopuler 

Sekian pembahasan kali ini, semoga beberapa aplikasi pengukur jarak yang telah kami jelaskan tadi dapat bermanfaat.