News

5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Paling Ampuh

Kegiatan browsing di internet ataupun menonton video di YouTube bisa dibilang menjadi faktor utama penyebab kuota internet menjadi cepat habis. Maka dari itu tidak ada salah jika Anda mencoba mengunakan aplikasi penghemat kuota.

Aplikasi hemat kuota ini sendiri bisa dengan mudah Anda jumpai baik itu di Google Play Store ataupun App Store.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, dari waktu ke waktu harga paketan internet yang ditawarkan oleh berbagai provider yang ada di Indonesia cenderung lebih mahal dari biasanya.

Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, kuota internet sudah seperti layaknya kebutuhan pokok bagi sebagai besar masyarakat di Indonesia.

Nah, untuk mengakali penggunaan kuota agar tidak boros menggunakan aplikasi penghemat kuota yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Mau tau apa saja nama aplikasi pengirit kuota yang dimaksud? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Aplikasi VCS Online

Daftar Aplikasi Penghemat Kuota

DataEye

DataEye. (IST/Google)

Aplikasi yang pertama adalah DataEye. Aplikasi ini bukan hanya bisa dipergunakan sebagai penghemat kuota saja melainkan juga bisa berfungsi sebagai penghemat daya baterai.

Dengan aplikasi satu ini pengguna diberi keleluasaan untuk mengatur pemakaian kuota tiap aplikasi sesuai dengan apa yang inginkan.

Selain itu, DataEye juga memiliki fitur track yang akan menampilkan informasi penggunaan kuota harian, mingguan hingga bulanan.

Opera Max – Aplikasi Penghemat Kuota Internet

Aplikasi irit kuota Opera Max. (IST/ApkPure)

Opera Max juga menjadi aplikasi hemat kuota yang paling direkomendasikan karena sudah terbukti ampuh.

Ya, aplikasi ini bisa membantu penggunanya dalam hal keamanan, pengelolaan aplikasi sampai mampu mengompres foto ataupun video yang masuk baik itu dari WhatsApp, Mesengger ataupun aplikasi chatting lainnya.

Opera Max juga akan melacak penggunaan data tiap aplikasi serta mampu menghentikan penggunaan data pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hanya saja, Opera Max kini sudah tidak bisa dijumpai lagi Play Store. Tapi jangan khawatir karena Anda masih bisa mendapatkan aplikasinya dari berbagai situs penyedia aplikasi seperti ApkPure dan lain-lain.

My Data Manager

My Data Manager. (IST/Google)

Selanjutnya ada aplikasi bernama My Data Manager yang telah diunduh hingga 10 juta kali di Google Play Store.

Tentu saja fungsu utama dari aplikasi My Data Manager adalah melacak pemakaian kouta intenet dan memberitahu penggunanya aplikasi mana saja yang paling menguras kouta internet.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu memantau penggunaan kuota ketika smartphone terkoneksi ke jaringa WiFi. Keren kan? Tunggu apalagi download aplikasinya sekarang juga dari Google Play Store ataupun App Store.

Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite. (IST/Google)

Aplikasi Internet Speed Meter Lite memiliki fitur yang bisa dibilang sangat efektif untuk mengurangi pemakaian kuota internet berlebih.

Di dalamnya juga terdapat menu Data Usage Monitor yang memungkinkan penggunanya untuk memantau pemakaian kuota dan memberikan laporan tiap bulannya.

Data Counter Widget

Data Counter Widget. (IST/Google)

Kemudian ada aplikasi Data Counter Widget yang bisa diandalkan untuk melacak berapa banyak pemakaian kuota smartphone Anda.

Jika di instal nantinya, akan muncul widget unik dan simpel di layar beranda untuk memantau pengunaan data seluler.

BACA JUGA: Aplikasi Bobol Password WiFi

Kelima aplikasi penghemat kuota intenet di atas memiliki fungsi yang nyaris sama, jadi tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan.