Aplikasi

7 Aplikasi Penghemat Baterai dan Pembersih RAM Terbaik

Meskipun banyak disepelekan, aplikasi penghemat baterai rupanya masih diminati oleh sejumlah pengguna smartphone dari berbagai kalangan. Bahkan ada beberapa pengguna yang sampai rela membeli aplikasi penghemat baterai versi berbayar.

Sejumlah smartphone keluaran terbaru sebut saja merek Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Realme memang sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar serta memiliki fitur penghemat baterai bawaan.

Tapi apa jadinya, jika smartphone kita tidak memiliki fitur penghemat baterai bawaan dan apakah perlu menginstal aplikasi penghemat baterai?

Jawabannya sangatlah sederhana, yaitu tergantung kebutuhan. Jadi apabila smartphone yang kamu gunakan memiliki keterbatasan ruang penyimpanan maka jangan memaksakan diri untuk menginstal aplikasi tersebut.

Namun jika kamu memang sangat membutuhkannya, berikut Hallo GSM telah merangkum sejumlah aplikasi hemat baterai terbaik yang mungkin bisa kamu pergunakan.

BACA JUGA: Aplikasi Mirip Gogo Live Full No Sensor

Daftar Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik

Kaspersky Battery Life

apk Penghemat Baterai. (SS/Google)

Di Posisi pertama ada aplikasi bernama Kaspersky Battery Life yang telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pengguna hp Android di seluruh dunia.

Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran 16 MB dan mendapatkan rating 4.5 di Google Play Store.

Pihak pengembang, Kaspersky Lab Switzerland mengklaim bahwa aplikasi ciptaanya ini mampu meningkatkan daya tahan baterai perangkat seluler dan mengurangi waktu masa pengisian.

2 Battery – Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi 2 Battery. (SS/Google)

2 Battery adalah aplikasi penghemat daya baterai gratis berikutnya yang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan baterai pada smartphone ataupun tablet.

Aplikasi 2 Battery akan secara otomatis memonitor aplikasi apa saja yang berjalan di perangkat kamu, sehingga kamu akan mengetahui aplikasi mana saja yang mengkonsumsi daya berlebihan.

Tak cuma itu, 2 Battery juga memiliki algoritma pintar yang dapat menyambung atau memutuskan koneksi internet dan menjaga data di latar belakang tetap tersinkronisasi.

Battery Saver

Aplikasi Battery Saver dan Pembersih RAM. (SS/Google)

Ponsel kamu sering lemot dan mengeluarkan panas berlebih saat digunakan bermain game? Hal tersebut bisa saja disebabkan karena banyaknya aplikasi  yang berjalan di latar belakang sehingga menyebabkan kinerja ponsel jadi melambat dan menguras baterai.

Dengan Battery Saver kamu dapat memonitor aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang sehingga ponsel kamu jadi tidak akan cepat lowbat.

Selain itu, Battery Saver juga memiliki fitur lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan RAM dan cache yang menumpuk agar kinerja ponselmu kembali seperti sediakala.

AccuBattery – Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi hemat baterai. (SS/Google)

Aplikasi penghemat baterai yang tak kalah menarik selanjutnya adalah AccuBattery. Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran 8.5 MB dengan rating 4.6.

Dari segi fungsi, AccuBattery berperan untuk melindungi kesehatan baterai ponsel, memonitor penggunaan baterai dan mengukur kapasitas baterai ponsel secara akurat.

Aplikasi ini akan menampilkan informasi penggunaan baterai dari tiap-tiap aplikasi. Dengan begitu, jika kamu menemukan aplikasi yang boros baterai, kamu dapat langsung menghentikannya.

Baterai HD

Aplikasi untuk menghemat baterai. (SS/Google)

Baterai HD juga termasuk salah satu aplikasi untuk menghemat baterai yang paling direkomendasikan. Sebab, selain ukurang yang terbilang sangat kecil Baterai HD juga punya segudang fitur menarik yang bisa kamu optimalkan agar hp yang kamu gunakan tidak cepat lowbat.

Ya, aplikasi ini memiliki ukuran hanya sebesar 17 MB sehingga dapat dipastikan tidak akan terlalu banyak memakan ruang penyimpanan.

Battery Recovery

Aplikasi Battery Recovery. (SS/Google)

Battery Recovery banyak diperbincangkan sebagai salah satu aplikasi hemat baterai terbaik. Dengan aplikasi kamu dapat memeriksa kalibrasi dan mengoptimalkan penggunaan baterai pada perangkat smartphone maupun tablet.

Bahkan apk ini juga diklaim dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai dan menonaktifkan koneksi WiFi atau data seluler secara otomatis ketika layar dimatikan.

Next Battery

apk Next Battery. (SS/Google)

Next Battery juga menawarkan fitur keren untuk melacak tingkat penggunaan baterai dan secara otomatis akan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Nah, dengan bantuan Next Battery kamu akan mengetahui penggunaan baterai secara detail dan terperinci. Aplikasinya juga cukup ringan, yakni hanya 3.3 MB.

BACA JUGA: Aplikasi Font Keren Untuk Android

So, bila kamu tertarik langsung saja download dan instal aplikasinya.