Aplikasi

8 Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik dan Praktis

Ada banyak aplikasi pengelola keuangan terbaik yang dapat kita gunakan secara online atau offline di smartphone Android.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita dapat mengelola keuangan dengan lebih baik agar pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol.

Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan yang kalian peroleh.

Karena hal tersebut ternyata merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Sehingga untuk menghindarinya kalian wajib menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan.

Aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk kita gunakan, dan pada kesempatan kali ini HALLO GSM punya beberapa rekomendasinya.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik

Buat yang mau tahu apa saja nama dan fiturnya, langsung simak satu persatu aplikasi untuk mengelola keuangan berikut di bawah ini.

Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian. (IST)

Aplikasi pertama yang dapat digunakan adalah Catatan Keuangan Harian. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat secara detail terkait pengeluaran dan pemasukan secara cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, kamu pun dapat memperoleh laporan bulanan rutin dan hitungan selisih yang akurat. Catatan Keuangan Harian juga mampu memuat seluruh transaksi yang kamu lakukan.

Sehingga takkan ada transaksi yang ketinggalan walaupun setiap harinya kamu melakukan transaksi yang cukup banyak dan sering.

Monefy – Aplikasi Pengelola Keuangan di HP Android

Monefy – Budget Manager and Expense Tracker app. (IST)

Monefy merupakan aplikasi yang sangat populer dan telah digunakan oleh banyak pengguna untuk mencatat dan mengelola keuangan mereka.

Aplikasi ini sangat eye-catching dan mudah digunakan oleh setiap pengguna. Monefy juga mempunya kategori-kategori yang dapat digunakan untuk mengatur anggaran.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, cukup masukkan jumlah danam lalu pilih kategori sesuai kebutuhan. Monefy juga bisa kalian dapat dengan mudah di Google Play Store.

BACA JUGA: Aplikasi File Manager Tanpa Iklan Terbaik di Android

Mint: Budget, Bills, Finance & Tax Refund Tracker

Mint: Budget, Bills, Finance & Tax Refund Tracker. (IST)

Mint juga menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan secara otomatis dan real time. Sehingga setiap transaksi atau pengeluaran yang terjadi takkan terlewatkan dari pencatatan.

Selain itu, pengguna juga dapat memberikan pengingat ketika pembayaran hutang berdasarkan jatuh temponya.

Kemudian, Mint juga dapat mengingatkan kita dengan notifikasi tertentu agar tidak lipa dengan transaksi yang harus dilakukan.

AndroMoney – Aplikasi Pengelola Keuangan

AndroMoney pun menjadi aplikasi yang dapatkan diandalkan untuk mengelola keuangan setiap penggunanya.

Aplikasi ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaranmu, serta kapasitas penyimpanan lewat Dropbox dan Google Docs.

Menariknya, AndroMoney juga akan membantumu menentukan anggaran untuk berbagai kegiatan yang akan dilakukan, mulai dari jalan-jalan, keperluan gadget, keperluan rumah, dan lainnya.

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet. (IST)

Google Spreadsheet merupakan aplikasi yang multi-fungsi, termasuk dapat digunakan untuk mengatur keuangan agar lebih mudah dipahami.

Cara menggunakannya, pertama-tama penggguna perlu login menggunakan akun Google. Setelah itu, barulah bisa menikmati berbagai macam fitur yang terdapat di dalamnya.

Data yang kamu miliki di Google Spreadsheet tidak akan mudah hilang karena penyimpanannya otomatis.

YNAB — Budget, Personal Finance

Aplikasi pengelola keuangan pribadi yang satu ini dapat bekerja dengan baik menggunakan sistem nol, di mana seluruh pemasukan yang kalian punya akan dikembalikan pada nilai awal yaitu nol.

Dengan begitu, penganggarannya akan terperinci, dan sisa uang pun akan dimasukkan pada tabungan. Kamu bisa membuat anggaran khusus untuk pengeluaran satu bulan, mingguan, hingga tahunan.

Namun aplikasi ini tidak dapat digunakan secara grats, kamu perlu melakukan pembayaran ketika waktu trial-nya sudah mencapai batas waktu akhir.

Money Lover

Money Lover: Manajemen Keuangan, Anggaran & Budget. (IST)

Money Lover dapat membantumu mengatur keuangan pribadi dengan sangat baik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur terbaik di dalamnya.

Seperti budget, savings, dan event yang bertugas mengatur pengeluaranmu dalam satu bulan. Sehingga kamu dapat mengontrol keuanganmu secara praktis.

Tak perlu lagi repot menulis laporan secara manual di sebuah kertas. Cukup dengan mendownload Money Lover di Google Play Store, mengelola keuangan jadi lebih mudah.

Goodbudget: Budget & Finance

Aplikasi pengelola keuangan terakhir yang dibahas pada artikel ini adalah Goodbudget: Budget & Finance.

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga mampu mengelola keuanganmu agar lebih terkontrol dengan baik.

Dilengkapi dengan dengan sejumlah fitur yang cukup lengkap dan ada panduan yang jelas. Dengan begitu, kamu pun cukup memasukkan anggaran sesuai dengan petunjuk yang sudah ada.

BACA JUGA: Aplikasi Catatan Keuangan yang Ringan 

Sekian pembahasan kali ini, semoga beberapa rekomendasi aplikasi pengelola keuangan terbaik yang dapat diunduh secara gratis tadi dapat bermanfaat bagi kalian.