Aplikasi

7 Aplikasi Pencari Lagu Online di iOS dan Android

Aplikasi pencari lagu terbaik bisa kita gunakan mencari lagu yang kamu inginkan dengan proses yang mudah dan cepat, sehingga dalam hitungan detik lagu yang kamu maksud bisa langsung ketemu.

Biasanya aplikasi tersebut digunakan oleh mereka yang kesulitan mengetahui judul lagu yang sekilas mereka dengarkan, bisa di TV, radio, cafe, mal, dan lainnya.

Karena mendengarnya cuma sekilas, kamu pun tidak tahu lirik dan siapa yang menyanyikan lagu tersebut. Namun jangan khawatir, di era teknologi ini semuanya dapat dipermudah, termasuk mencari judul lagu.

Kamu cukup mengandalkan sebuah aplikasi yang diinstall di smartphone dan pencarian judul lagu pun bisa langsung dilakukan.

Lantas aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mencari informasi terkait lagu? Kamu akan menemukan rekomendasinya pada artikel kali ini.

Daftar Aplikasi Pencari Lagu di Android dan iPhone

Berikut ini nama-nama aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari lagu dengan mudah di smartphone-mu.

Shazam

Shazam. (IST)

Pertama ada aplikasi bernama Shazam. Untuk aplikasi ini tentunya sudah tak asing lagi bagi pengguna smartphone Android maupun iPhone dalam hal mencari judul lagu.

Tidak hanya judul, Shazam juga mempunyai kemampuan untuk mendeteksi informasi seputar lagu termasuk nama penyanyinya.

Tenang saja, aplikasi ini memiliki desain yang intuitive sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mudah dala mencari informasi seputar lagu.

Caranya, kamu cukup mendekatkan HP ke speaker atau sumber suara, klik tombol biru dan Shazam akan mulai mengidentifikasinya. Untuk menggunakan aplikasi ini, jangan lupa kamu harus terkoneksi ke jaringan internet, ya!

Music Recognition – Aplikasi Pencari Lagu

Music Recognition. (IST)

Aplikasi berikutnya ini tak kalah populer digunakan untuk mencari lagu. Ya, aplikasi yang dimaksud adalah Music Recognition.

Aplikasi ini mampu mendeteksi lagu dan biografinya, lalu bisa juga mencari track lain dari penyanyi tersebut. Prosesnya juga cukup cepat dan dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik.

Sehingga kalian bisa langsung mendengarkan cuplikan dari lagu yang telah dicari atau menonton video di YouTube.

Salah satu fiturnya yang paling menarik adalah Flashlight Party Mode yang bisa menghidupkan lampu flash di HP-mu dan nantinya akan berkedap-kedip sesuai irama lagu.

BACA JUGA: Aplikasi Musik Terbaik di Ponsel 

Musixmatch

Musixmatch. (IST)

Selain sebagai aplikasi lirik lagu dan aplikasi pemutar musik, Musixmatch juga dapat digunakan untuk mencari lagu dengan mudah menggunakan smartphone-mu.

Kamu pun akan mendapatkan berbagai informasi terkait lagu yang dicari, mulai dari penyanyinya, liriknya, dan informasi-informasi lainnya.

Musixmatch dapat digunakan dalam versi gratis dan premium. Untuk versi premium pastinya kamu bisa menikmati fitur yang lebih lengkap, seperti mode offline dan tanpa iklan.

SoundHound – Aplikasi Pencari Lagu dengan Suara

SoundHound. (IST)

Aplikasi yang tak kalah powerful untuk membantumu dalam mencari lagu adalah SoundHound. Kamu bisa menemukan judul lagu yang sedang diputar secara cepat dan akurat.

Menariknya, SoundHound juga memiliki kemampuan menampilkan lirik dari lagu yang kamu inginkan. Sehingga kamu pun bisa mendengarkan lagu sambil melihat liriknya.

Salah satu dari sekian banyaknya fitur yang dimiliki SoundHound adalah fitur voice command, di mana pengguna bisa mencari lagu dengan menggunakan perintah suara.

Genius — Song Lyrics & More

Genius — Song Lyrics More. (IST)

Masih ada lagi rekomendasi yang lainnya, yaitu Genius. Aplikasi ini juga cukup populer di kalangan pengguna Android karena sangat multifungsi.

Cukup dengan satu aplikasi, kalian bisa mencari lagu, menampilkan lirik, dan terjemahan dari lirik lagu tersebut. Sangat lengkap, bukan?

Meski multifungsi, Genius bisa kalian unduh secara gratis di Google Play Store untuk kemudian digunakan mencari lagu yang kamu inginkan.

Google Assistant

Google Assistant. (IST)

Aplikasi pencari lagu berikutnya bernama Google Assistant yang bisa mencari jduul lagu dengan suara. Kendati begitu, aplikasi ini tidak memiliki fitur untuk menampilkan lirik lagu, dan informsi lainnya.

Namun setelah ditemukan, aplikasi ini akan menawarkan pengguna hasil dari pencarian terkait lagu tersebut, seperti bisa mencari lirik, memutarnya di aplikasi pemutar musik, dan lainnya.

Biasanya Google Assistant sudah terinstall di ponsel penggunanya, sehingga kamu tak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga.

Siri

Siri. (IST)

Selain bisa digunakan sebagai asisten digital, Siri juga ternyata memiliki kemampuan sebagai pencari lagu, lho.

Aplikasi ini dapat dijalankan lewat iOS dan mampu mencari serta memutar lagu secara otomatis dengan perintah suara.

Kamu cukup mengatakan “Hey Siri” dan ucapkan perintah “What song is this?”. Setelah itu, aplikasi ini akan menemukan judul lagu yang kamu tanyakan.

BACA JUGA: Aplikasi Pendeteksi Lagu 

Itu dia, beberapa aplikasi pencari lagu terbaik di Android dan iPhone. Kamu dapat memilih salah satunya untuk diinstall di ponsel.