Aplikasi

7 Aplikasi Pembagian Kelompok di HP, Cepat dan Praktis

Aplikasi pembagian kelompok di HP maupun tablet bisa sangat membantu untuk membagi kelompok dengan cepat dan praktis.

Dengan aplikasi, membagi kelompok bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Menggunakan aplikasi juga membuat aktivitas tersebut ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan kertas dan pensil dalam prosesnya.

Membagi kelompok dengan aplikasi juga bisa berlaku lebih adil, karena sistemnya acak, bisa disesuaikan dengan skill masing-masing anggota, dan hasil bisa dibagikan ke setiap anggota kelompok.

Seperti diketahui, tak jarang terjadi kecurangan, ketidaksetujuan, hingga perselisihan ketika pembagian kelompok, seperti kelompok belajar, les, lomba, atau yang lainnya.

Dengan adanya aplikasi, bisa meminimalisir hal-hal tersebut.

Bagi kamu yang juga ingin membagi kelompok, tim, atau grup, untuk kegiatan apapun, bisa menggunakan salah satu aplikasi di bawah ini.

Daftar Aplikasi Pembagian Kelompok

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membagi kelompok. Pastikan simak hingga tuntas, ya!

Random Generator

Random Generator. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Random Generator. Ini merupakan aplikasi sederhana dan mudah untuk menghasilkan angka acak.

Dilengkapi dengan roulette, daftar formulir pemilih acak, dadu, koin, dan lainnya, sehingga pembagian kelompok bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Semua hasil pembagian benar-benar acak, sehingga bisa meminimalisir ketidak adilan.

Dalam proses pembagian kelompok menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memulainya dengan mengatur timer atau langsung dengan mengetuk layar.

Aplikasi Random Generator bisa digunakan untuk membuat tim untuk suatu pertandingan hingga untuk lotre.

Developer menyediakan aplikasi ini dengan dukungan berbagai bahasa, termasuk Inggris, Cina, Arab, dan lainnya. Akan tetapi, belum tersedia bahasa Indonesia.

Generator angka acak – Aplikasi Pembagian Kelompok

Generator angka acak. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi Generator angka acak. Aplikasi ini besutan UXAPPS LTD dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat daftar nama atau nomor yang akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian, klik tombol acak dan aplikasi akan mengacak nama atau nomor tersebut untuk menghasilkan beberapa kelompok.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kelompok dengan mengacaknya dengan fitur rol dadu. Menariknya, aplikasi ini gratis. Kamu cukup menginstalnya, kemudian gunakan.

Aplikasi Generator angka acak juga ukurannya sangat ringan, hanya 5MB saja, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan HP.

Random Team Generator

Random Team Generator. (IST)

Random Team Generator juga bisa menjadi aplikasi yang kamu andalkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Argon Dev ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan tim atau kelompok acak dengan jumlah berapapun di setiap kelompoknya.

Aplikasi ini mudah digunakan untuk manajemen kelompok, pemilihan anggota dengan cepat, mengatur jumlah anggota per tim, sortir grup, menggandakan grup, dan lainnya.

Menariknya lagi, aplikasi Random Team Generator memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengkustomisasi warna kelompok. Sehingga, antara kelompok satu dan kelompok lainnya mudah dibedakan.

Teams Generator

Teams Generator. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi bernama Teams Generator. Aplikasi yang satu ini telah mendapat rating 4,6 dari para penggunanya di Google Play Store.

Tampilan aplikasi ini sederhana, sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakannya.

Aplikasi Teams Generator buatan Matheus Puel dirancang untuk membuat kelompok atau tim olahraga, seperti sepak bola, futsal, voli, dan basket.

Kamu bisa menyesuaikan parameter undian dengan jumlah tim, pertimbangkan posisi dan tingkat keahlian.

Setelah pembagian tim selesai, hasilnya bisa dibagikan ke grup pada aplikasi perpesanan. Hasil pembagian tim juga bisa diekspor ke perangkat lain.

Team Generator & Creator

Team generator & creator. (IST)

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat tim secara acak. Baik itu tim untuk sukarelawan, kelompok belajar, dan lainnya.

Tampilan aplikasi ini sangat simpel, sehingga memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

Team Generator & Creator dilengkapi dengan fitur riwayat, sehingga hasil pembagian tim bisa dikembalikan di lain waktu jika dibutuhkan.

Team Maker – Random & Balanced

Team Maker. (IST)

Selain lima aplikasi tadi, aplikasi Tema Maker juga bisa kamu andalkan. Aplikasi ini memudahkan siapapun dalam membagi tim atau kelompok secara digital.

Team Maker memiliki antarmuka pengguna (UI) interaktif yang bisa memudahkan para penggunanya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan kelompok secara instan dan seimbang.

Kamu bisa mengganti nama anggota sesuai keperluan dengan mengklik pada nama bawaan atau default.

Aplikasi ini berukuran 19 MB dan memiliki kompatibilitas pada perangkat Android versi 4.4 dan yang lebih tinggi. Langsung saja download untuk merasakan fitur-fiturnya.

Team Shake: Pick Random Groups

Team Shake

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Team Shake: Pick Random Groups. Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa membuat tim seimbang yang berdasarkan pada keterampilan atau jenis kelamin. Dengan begitu, pembagian stim bisa adil.

Hasil pembagian tim juga bisa dibagikan ke media sosial Facebook, Twitter, email, dan lainnya.

Kamu bisa membuat 1 hingga 64 tim acak atau seimbang dengan memasukkan nama nama anggota, kemudian guncangkan perangkat kamu untuk membuat topi virtual bergoyang dan menghasilkan kelompok.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Membaca Buku Gratis di HP Android dan iPhone

Itu dia beberapa aplikasi pembagian kelompok yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan membagi kelompok secara adil. Selamat mencoba.