Aplikasi

7 Aplikasi Menulis Novel di HP yang Sangat Praktis Digunakan

Seorang penulis atau yang hobi menulis wajib banget menginstall aplikasi menulis novel di perangkatmu.

Karena dengan aplikasi tersebut kamu bisa menuangkan segala cerita yang ingin ditulis secara mudah dan praktis.

Sehingga tak ada lagi halangan untuk kamu berkarya membuat cerita novel karya sendiri sebagai koleksi atau untuk dipublikasikan.

Selain di laptop atau PC, aplikasi tersebut pun bisa menjadi teman setia para penulis yang lebih suka menulis di smartphone mereka.

Pasalnya kini, ponsel pintar bisa digunakan juga untuk kamu yang hendak mencoba menulis. Tentunya dengan menginstall aplikasi menulis terlebih dahulu.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dan HALLO GSM telah merangkum beberapa aplikasi di artikel ini.

Daftar Aplikasi Menulis Novel di HP

Buat yang mau tahu, kalian wajib membaca artikel ini sampai selesai! Langsung saja, berikut pembahasan selengkapnya.

Novelist – Write your novels

Novelist – Write your novels. (IST)

Sesuai namanya, apk yang pertama ini tentu sajang pas untuk digunakan oleh setiap pengguna untuk menulis novel lewat smartphone.

Ya, Novelist – Write your novels menyajikan berbagai tools khusus untuk menunjang proses penyusunan konsep awal novel yang akan dibuat hingga sampai akhir.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk mengatur kapan novel garapanmu harus selesai. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai pacuan agar kamu terus aktif dalam menulis.

Beberapa fitur lainnya pun disediakan oleh aplikasi yang dikembangkan oleh developer Alessandro Riperi ini, yakni pemilihan template dan format auto save agar tulisan tidak hilang.

JotterPad – Aplikasi Untuk Menulis Novel

JotterPad. (IST)

Aplikasi selanjutnya yang akan kami bahas adalah JotterPad. Aplikasi ini juga hadir dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik di dalamnya.

Fitur-fitur tersebut tentu berguna untuk membantu setiap pengguna ketika menulis sebuah novel yang keren secara profiesonal.

Di antaranya seperti fitur free-free-distraction editor, quick preview dan screenwriter profesional.

Kamu pun bisa menyimpan file dokumen novel karyamu ke dalam format Word atau PDF. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan JotterPad di HP-mu?

BACA JUGA: Aplikasi Tulisan Keren dan Unik 

Writer Tools – Novel Planner, Tracker & Editor

Writer Tools – Novel Planner, Tracker & Editor. (IST)

Writer Tools – Novel Planner, Tracker & Editor sangat menarik dan nyaman digunakan oleh setiap pengguna saat menulis novel.

Pasalnya, terdapat fitur Timer, yaitu pengatur waktu yang berlangsung dalam waktu 25 menit untuk menulis.

Setelah waktunya habis, pengguna pun disarankan untuk berhenti menulis dan istirahat terlebih dahulu.

Terdapat juga fitur Writing Progress, di mana pengguna bisa memantau hasil karyanya lewat tab Writing log untuk mengecek jumlah kata yang sudah diketik.

Ada juga fitur Progress Stats untuk mengecet statistik dari buku yang ditulis. Sangat lengkap, bukan?

Writer Plus – Aplikasi Menulis Novel

Writer Plus. (IST)

Aplikasi yang tak kalah menarik untuk digunakan menulis adalah Writer Plus. Di sini tersedia lembaran dokumen yang dapat kamu gunakan untuk mengetik novel.

Terdapat juga beragam fitur di aplikasi ini, seperti folter untuk menyimpan hasil ketikkan, fitur undo, redo, charcacter count, dan lainnya.

Setiap pengguna juga bisa bebas memilih style huruf seperti apa yang ingin dipakai. Agar lebih nyaman saat mengetik, pengguna Writer Plus bisa menerapkan night mode.

Kamu juga bisa bebas memilih bahasa sesuai kebutuhan, lho. Kelihatannya sangat menarik, sehingga tak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengunduhnya!

Pure Writer

Pure Writer. (IST)

Telah digunakan banyak pengguna, kamu pun bisa menggunakan Pure Writer untuk kegiatan menulis di smartphone Android.

Aplikasi ini juga tentunya dilengkapi dengan berbagai macam fitur terbaik, seperti fitur auto save, fingerprint unclock, mendukung auto backup dan lainnya.

Dan yang paling penting adalah Pure Writer dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ponsel kamu.

MyStory.Today

MyStory.Today. (IST)

Aplikasi menulis novel berikutnya ada MyStory.Today yang praktis digunakan di smartphone Android.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan karakter dan setting tempat di cerita secara dinamis serta terintegrasi dengan rich text editor yang ada.

Sehingga kamu tak perlu lagi menambahkan karakter atau tempat. Jadi lebih hemat waktu, deh!

Writer

Writer. (IST)

Writer menjadi aplikasi terakhir yang akan kami bahas. Aplikasi ini sangat pas digunakan oleh mereka yang tidak suka dengan aplikasi yang ribet.

Writer juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan menulis, seperti menulis novel, caption, artikel, catatan penting, dan lainnya.

Hasil tulisan yang sudah diketik oleh pengguna bisa disimpan ke dalam format file PDF. Ukuran aplikasi ini sangat ringan sehingga recommended banget untuk kalian install.

BACA JUGA: Aplikasi Baca Novel Gratis Bahasa Indonesia

Demikianlah rekomendasi aplikasi menulis novel terbaik di HP Android yang bisa diunduh secara gratis dan mudah.