Aplikasi

7 Aplikasi Membuat Flowchart di HP dan PC, Praktis Digunakan!

Selain di PC dan laptop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi membuat flowchart terbaik di smartphone Android, lho.

Sehingga ketika kondisi darurat atau sedang terburu-buru, kamu tak perlu repot mencari PC dan cukup membuka smartphone-mu saja. Setelah itu, kamu pun bisa langsung mengedit flowchart dengan cepat dan praktis.

Seperti kita ketahui, kalau data yang disajikan adalah sebuah proses atau alur, diagram alir atau flowchart menjadi cara menyajikan data dengan benar.

Flowchart sendiri adalah sekumpulan komponen yang menunjukkan sebuah proses terjadinya sesuai berdasarkan alur-alur tertentu.

Ada banyak aplikasi Android yang mendukung pembuatan flowchart, dan setiap aplikasi menawarkan keunggulan tersendiri.

Pada kesempatan kali ini HALLO GSM telah merangkum beberapa aplikasi pembuat flowchart terbaik yang membantu menyelesaikan pekerjaanmu.

Aplikasi Membuat Flowchart Terbaik

Berikut ini deretan aplikasi pembuat flowchart yang cocok digunakan buat para pengguna smartphone Android.

Lucidchart – Flowchart, Diagram & Visio Viewer

Lucidchart – Flowchart, Diagram & Visio Viewer. (IST)

Lucidchart – Flowchart, Diagram & Visio Viewer menjadi aplikasi pertama yang recommended digunakan untuk menunjang proses pembuatan flowchart.

Terdapat berbagai macam template yang bisa digunakan oleh penggunanya setelah login ke akun Lucidchart.

Selain itu, terdapat juga berbagai fitur keren lainnya yang bisa memanjakan para pengguna, seperti fitur menambahkan teks, objek, hingga ekspor file.

Lucidchart – Flowchart, Diagram & Visio Viewer juga bisa di-download tanpa biaya alias secara gratis di Google Play Store.

Flowdia Diagrams Lite – Aplikasi Membuat Flowchart

Flowdia Diagrams Lite. (IST)

Cukup dengan satu aplikasi yaitu Flowdia Diagrams Lite, kamu sudah dapat mengakses beragam kategori flowchart, termasuk Mind Map atau UML.

Aplikasi besutan developer BEZAPPS ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga hasil flowchart yang dibuat pun sangat perfect, mudah dibaca dan dipahami orang lain.

Jika pembuatan diagram sudah selesai dilakukan, pengguna bisa langsung menyimpan file-nya ke dalam berbagai bentuk, seperti PDF, JPG, PNG, atau SVG.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat Logo Terbaik 

Lekh Diagram

Lekh Diagram. (IST)

Lekh Diagram juga sangat praktis digunakan untuk membuat flowchart atau diagram alir di smartphone Android. Walaupun di smartphone, hasil diagramnya pun pastinya bagus.

Lekh Diagram memiliki fitur-fitur modern yang membuatnya bisa mengenali bentuk diagram yang diinginkan oleh pengguna. Tak hanya menggambar desain flowchart, kamu juga bisa menambahkan teks dengan adanya fitur add text.

Untuk penggunaannya, kamu hanya perlu klik 2x dan setelah itu akan tampil ikon menambahkan teks di halaman flowchart-mu.

DrawExpress Diagram Lite – Aplikasi Membuat Flowchart

DrawExpress Diagram Lite. (IST)

Waktu sudah mepet untuk membuat flowchart? Tenang saja, kini ada apk DrawExpress Diagram Lite yang akan membantumu membuat flowchart dengan mudah dan cepat lewat smartphone.

Sehingga kamu tak perlu lagi menggunakan cara manual untuk membuat flowchart. Di aplikasi ini juga terdapat pilihan desain yang menarik untuk digunakan.

Tugas membuat diagram alir pun akan selesai dalam waktu cepat dengan mengandalkan aplikasi DrawExpress Diagram Lite ini. Namun sebelum menggunakannya, kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

KnowledgeBase Builder Free

Selain beberapa aplikasi yang sudah dibahas tadi, KnowledgeBase Builder Free juga bisa diandalkan untuk membuat flowchart di HP Android.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan sudah support visual 3D yang membuat flowchart yang kalian buat terlihat nyata serta keren.

Setelah selesai membuat diagram sesuai dengan tugasmu, gunakan pula fitur ekspor untuk menyimpan diagram sebagai file HTML.

KnowledgeBase Builder Free memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak akan membenani ruang penyimpanan di HP-mu.

Dia Diagram Editor

Dia Diagram Editor. (IST)

Untuk aplikasi membuat flowchart yang berikutnya ini dapat digunakan di PC atau laptop secara gratis. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga pembuatan flowchart pun terasa lebih mudah.

Pengguna juga dapat menambahkan komponen dengan menggunakan XML dan SVG. Tersedia berbagai macam bentuk standar mulai dari UML, basis dara hingga sirkuit.

Setelah pembuatan flowchart selesai, kamu dapat mengunduhnya dalam format SVG, JPG, GIF, dan PNG.

yED Graph Editor

Terakhir ada yED Graph Editor yang juga cocok digunakan untuk membuat diagram alir di beberapa platform seperti Windows, Unix/Linux, dan MacOS X.

Aplikasi ini juga mendukung banyak jenis diagram dan pengguna pun bisa mebuat diagram secara manual atau mengimpor data eksternal.

Lebih lengkapnya lagi, yED Graph Editor juga mampu diandalkan untuk membuat mind map, bagan organisasi, ERD, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi ini juga cocok digunakan oleh pengguna yang sudah profesional atau masih pemula.

BACA JUGA: Aplikasi Pembuat CV 

Itu dia, aplikasi membuat flowchart yang telah dibahas satu persatu, ada yang bisa digunakan di Android dan di PC.