Aplikasi

5 Aplikasi Membaca Buku Gratis di HP Android dan iPhone

Terhalang untuk membeli buku fisik? Kamu bisa menginstal aplikasi membaca buku di HP yang bisa digunakan dimana saja dengan gratis.

Membawa buku fisik kemana-mana terkadang agak menyulitkan, karena menghabiskan tempat dan menambah beban bawaan. Berbeda halnya dengan buku digital atau E-book pada HP.

Dari segi kepraktisannya, E-book jauh lebih unggul, karena mudah dibawa kemana saja, karena tersimpan di HP.

Adanya aplikasi buku di HP menjadi keuntungan bagi para pecinta buku. Selain gratis, aplikasi juga tentunya praktis, bisa digunakan untuk membaca kapan saja dan dimana saja.

Buat kamu yang juga hobi atau ingin membaca dengan praktis, kamu bisa menginstal salah satu aplikasi di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Membaca Buku Gratis

iPusnas

Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah iPusnas. Ini merupakan aplikasi perpustakaan digital besutan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

iPusnas bisa digunakan di perangkat Android versi 8 atau yang tertinggi, maupun iPhone. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara online maupun offline.

Berbagai fitur ditawarkan aplikasi ini. Fitur unggulan diantaranya adalah koleksi buku, ePustaka, Feed, Rak Buku, dan eReader.

Salah satu fitur unggulannya, yakni ePustaka, membuat pengguna bisa bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital yang tentunya bisa memperkaya bacaan. Pasalnya, setiap perpustakaan pastinya memiliki koleksi buku yang berbeda.

Google Play Buku – Aplikasi Membaca Buku Gratis

Google Play Buku. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi Google Play Buku. Aplikasi ini besutan Google LLC dan telah diunduh lebih dari 1 milyar kali di Play Store.

Jutaan eBook, komik, manga, buku teks, dan buku audio terlaris ada di aplikasi ini. Pengguna bisa mendownload buku dari aplikasi untuk kemudian dibaca atau didengarkan kapan saja dan dimana saja.

Kamu juga bisa membeli buku audio dan eBook yang diinginkan tanpa perlu berlangganan.

Pengguna bisa membaca atau mendengarkan buku di perangkat Android, iOS, atau browser web bahkan ketika kamu sedang offline.

Developer aplikasi ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk menyesuaikan ukuran teks, jenis font, margin, perataan teks, kecerahan layar, serta warna background.

Amazon Kindle

Amazon Kindle. (IST)

Aplikasi Amazon Kindle juga bisa kamu andalkan untuk membaca. Aplikasi ini berisi jutaan buku, majalah, surat kabar, komik, serta manga.

Pengguna bisa menjelajahi buku rilisan terbaru, serta judul lintas genre seperti romansa, buku anak-anak, agama, non fiksi, fiksi ilmiah, dan masih banyak lagi.

Seperti aplikasi Google Play Buku, Amazon Kindle juga memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan ukuran teks, jenis font, margin, perataan teks, dan orientasi sesuai keinginan.

Pengguna juga bisa membaca dengan nyaman, karena bisa menyesuaikan kecerahan dan warna latar belakang.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis di Play Store.

Wattpad – Baca & Tulis Cerita

Wattpad. (IST)

Pastinya aplikasi ini sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Ini termasuk aplikasi populer yang banyak digunakan baik itu oleh orang-orang yang hobi membaca maupun yang memiliki hobi menulis cerita.

Aplikasi ini menghubungkan banyak komunitas global, baik pembaca maupun penulis.

Wattpad berisi cerita orisinal dari penulis di seluruh dunia. Cerita genre romansa, fiksi ilmiah, misteri, komedi, petualangan, fantasi, dan lainnya ada di aplikasi ini.

Kamu bisa mencari, kemudian membuat cerita tersebut menjadi daftar favorite untuk bisa dibaca dengan mudah kapanpun dan dimanapun.

Gramedia Digital

Gramedia Digital. (IST)

Selain empat aplikasi tadi, aplikasi Gramedia Digital juga bisa kamu andalkan untuk membaca. Tak kalah dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 100.000 buku, majalah, dan koran dari berbagai kategori seperti bisnis, fiksi, anak, dan lainnya.

Kamu bisa membaca versi digital dari majalah populer, buku best seller, serta koran dari Indonesia maupun negara lainnya.

Buku dari ratusan penerbit ternama tersedia di aplikasi Gramedia Digital. Seperti dari Gramedia Pustaka Utama, Penerbit Buku Kompas, Disney, dan lainnya.

Banyak fitur yang disuguhkan oleh aplikasi ini. Daripada penasaran, langsung saja unduh aplikasinya di Google Play Store.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Buku Kas Gratis untuk Pencatatan Keuangan Pribadi atau Bisnis

Itu dia beberapa aplikasi membaca buku gratis yang bisa digunakan di HP Android maupun iPhone. Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa membaca buku favorite di mana saja, seperti di bus, ketika ada waktu luang, ketika menunggu antrian, kapanpun itu dengan praktis.