Aplikasi

7 Aplikasi Meeting Online Gratis Tanpa Batas Waktu

Kebutuhan akan aplikasi meeting memang semakin terus meningkat, hal ini dikarenakan pemerintah telah memberikan anjuran kepada seluruh masyarakat untuk bekerja dari rumah alias work from home.

Berkat aplikasi meeting ini juga para siswa/siswi dapat kembali belajar meski banyak pihak yang menilai belajar daring lewat aplikasi meeting online kurang efektif.

Disamping itu, aplikasi meeting online memiliki banyak manfaat lain salah satunya adalah membuat kita bisa bertatap muka dengan atasan atau rekan kerja secara gratis dan tanpa batasan waktu.

Nah, berikut adalah rekomendasi aplikasi meeting online gratis yang dilengkapi dengan enkripsi dan link communication.

BACA JUGA: Aplikasi Email Terbaik Selain Gmail

Aplikasi Meeting Online Gratis Unlimited

Zoom Cloud Meeting

Aplikasi meeting Zoom. (SS/Google)

Aplikasi pertama dan yang paling banyak digunakan di Indonesia maupun di seluruh dunia saat ini adalah Zoom.

Pengguna aplikasi ini didominasi oleh para pelajar yang melakukan belajar daring dan para pekerja kantoran yang bekerja dari rumah.

Selain menawarkan fitur video conference, aplikasi satu ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan audio conference, live chat, dan webinar.

Hingga artikel ini diterbitkan, aplikasi Zoom tercatat memiliki lebih dari 500 juta pengguna dengan rating 3.9 di Google Play Store.

Google Meet

Sesuai namanya ini adalah aplikasi video conference gratis yang dikembangkan oleh raksasa mesin pencari Google.

Google Meet merupakan pesaing serius dari Zoom lantaran punya sejumlah fitur keren yang tak kalah canggih dari Zoom.

Aplikasi ini sudah terintegrasi langsung dengan G Suite sehingga pengguna bisa dengan mudah mengikuti video conference melalui link undangan yang dikirimkan oleh host.

Microsoft Teams – Aplikasi Meeting

apk Video conference gratis. (SS/Google)

Aplikasi meeting online gratis terbaik yang berikutnya adalah Microsoft Teams, tak hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan video conference, Microsoft Teams dapat pula digunakan untuk mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh aplikasi yang sudah terkoneksi secara otomatis dengan  Microsoft Office 365 ini adalah bisa menampung hingga 10.000 peserta dalam satu room.

Aplikasi Microsoft Teams tersedia untuk perangkat smartphone, laptop atau komputer. Jadi tak perlu ragu, langsung saja instal aplikasinya sekarang juga.

Skype

Aplikasi pesan instan Skype. (SS/Google)

Sama seperti Teams, Skype juga merupakan aplikasi virtual meeting yang ditawarkan oleh Microsoft. Bedanya, Skype hanya bisa menampung maksimal 50 peserta dalam satu room video conference.

Aplikasi Skype pertama kali dirilis pada tahun 2003 silam dan kini telah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna dari seluruh dunia.

Untuk bisa mengikuti video conference dengan Skype, tanpa aplikasi dan tanpa membuat akun pun sebetulnya bisa. Sebab, Skype dapat diakses melalui website.

Cisco Webex Meetings – Aplikasi Meeting

Aplikasi video conference paling ringan. (SS/Google)

Di Indonesia, nama aplikasi Cisco Webex Meetings mungkin tak sepopuler Zoom ataupun Google Meet. Namun di luar Indonesia, aplikasi meeting satu ini banyak disukai.

Cisco Webex Meetings kebanyakan dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar karena terkenal dengan sistem keamanannya. Jumlah peserta yang bisa mengikuti video conference di aplikasi terbatas, yakni hanya 100 orang saja.

Jumlah tersebut memang jauh lebih sedikit dari aplikasi rapat online sebelumnya, namun kualitas gambar, video dan audio yang disuguhkan Cisco Webex Meetings tak ada duanya.

BlueJeans Video Conferencing

Aplikasi video conference yang aman. (SS/Google)

BlueJeans Video Conferencing juga layak masuk ke dalam daftar aplikasi video conference online gratis terbaik ini. Sebab, fitur yang disuguhkannya tak kalah berkualitas dari Zoom ataupun Google Meet.

Aplikasi bersifat open source jadi bisa diakses sepuasnya secara gratis baik itu di perangkat laptop, komputer maupun smartphone.

BlueJeans Video dapat menampung maksimal 150 peserta dalam sekali meeting.

Jitsi Meet

Rekomendasi apk meeting online yang terakhir adalah Jitsi Meet. Selain bisa digunakan untuk belajar atau bekerja secara daring, Jitsi Meet juga sangat cocok digunakan untuk melakukan obrolan dengan keluarga jauh.

So, buat kalian yang rindu keluarga karena tidak bisa mudik mending aja mereka untuk ngobrol sambil tatap muka dengan aplikasi ini.

BACA JUGA: Aplikasi Survey Penghasil Uang

Semua aplikasi meeting di atas bisa didapatkan secara gratis dan tanpa ada batasan waktu.