Aplikasi

6 Aplikasi Kompres File Android yang Populer Digunakan

Kehadiran aplikasi kompres file di Android tentunya mempermudah kita untuk memperkecil ukuran berbagai bentuk file, bisa foto, PDF atau video.

Sehingga jika kamu mempunyai ukuran file yang terlalu besar dan ingin mengecilkannya, langsung saja gunakan aplikasi tersebut.

Jangan khawatir walaupun ukurannya dikurangi, namun kualitas dari file tersebut takkan berkurang dan tetap bagus.

Mengompres file ke ukuran yang lebih ringan menjadi alternatif yang kerap digunakan oleh mereka yang memiliki penyimpanan internal atau eksternal yang hampir penuh.

Selain takkan membebani ruang penyimpanan, ukuran file yang lebih kecil juga mempermudah kita saat hendak mengirimkan atau mengunggahnya.

Untuk mempermudah proses memperkecil ukuran file di perangkatmu, langsung simak beberapa aplikasinya di bawah ini.

Beberapa Aplikasi Kompres File Terbaik di HP

Ini dia aplikasi-aplikasi untuk memperkecil ukuran berbagai macam file yang mudah digunakan oleh setiap pengguna.

ZArchiver

ZArchiver. (IST)

Aplikasi pertama ada ZArchiver yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran berbagai macam file dengan proses yang cepat mudah.

Aplikasi ini sendiri merupakan program manajemen arsip yang memiliki interface sederhana namun tetap fungsional.

Buat yang suka hemat kuota interenet, ZArchiver juga pas digunakan karena dapat dioperasikan walau tak terkoneksi ke jaringan internet atau secara offline.

Cara mengompres file di aplikasi ini sangat mudah dan mendukung berbagai macam format, mulai dari 7z (7zip), zip, bzip2 (bz2), gzip (gz), XZ, lz4, tar, hingga zst (zstd).

WinZip – Zip UnZip Tool

WinZip – Zip UnZip Tool. (IST)

WinZip – Zip UnZip Tool memiliki kemampuan menganalisa file yang terduplikat, lalu setelah itu akan menghapusnya agar tidak menjadi double.

Aplikasi kompres file ini dapat digunakan untuk memperkecil ukuran beberapa file secara sekaligus, lalu membuatnya dalam format ZIP.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang kerap mengirimkan file dalam bentuk folder tapi ukurannya tetap lumayan ringan.

Ada beberapa format file yang dapat dikompres menggunakan WinZip – Zip UnZip Tool, seperti foto, excel, PDF, dan powerpoint.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres PDF di Android dan PC

Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Video Compressor – Fast Compress Video & Photo. (IST)

Sesuai namanya, Video Compressor – Fast Compress Video & Photo dapat duguakan untuk mengompres file dalam bentuk foto dan video dengan mudah.

Proses kompres dengan menggunakan aplikasi ini cukup maksimal, sehingga tak perlu diragukan lagi untuk kalian gunakan.

Menariknya lagi, Video Compressor – Fast Compress Video & Photo pun mampu memotong atau mengekstrak file video jadi beberapa bagian.

Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat urang pentimpanan di HP-mu. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Kompres File PDF – Aplikasi Kompres File

Kompres File PDF. (IST)

Untuk aplikasi yang berikutnya ini sangat pas digunakan oleh pengguna yang ingin memperkecil ukuran file berbentuk PDF.

Lewat Kompres File PDF, kamu bisa memperkecil ukuran file dengan mudah bahkan bisa menentukan sendiri ukuran filenya, lho.

Semua aplikasi memiliki keunggulan, termasuk aplikasi yang dibahas kali ini. Kompres File PDF punya keunggulan yakni bisa memperkecil ukuran file hingga 90% dari ukuran aslinya.

Proses kompresnya juga sangat cepat dan dapat melakukan kompres beberapa file secara sekaligus, jadi takkan memakan waktu banyak.

RAR

RAR. (IST)

RAR juga tak kalah bagus dari beberapa aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya. RAR dapat mengompres file secara cepat dan mudah.

Menariknya, pengguna bisa menggunakan RAR untuk memudahkan proses pemindahan file tanpa khawatir dengan ukurannya yang terlalu besar.

Setelah selesai mengompres file, kalian bisa langsung membagikan hasilnya lewat aplikasi chat secara cepat.

RAR juga termasuk ke dalam aplikasi yang populer, terbukti di Google Play Store saja sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dengan rating 4,4.

Compress PDF – Aplikasi Kompres File di Android

Compress PDF – PDF Compressor. (IST)

Rekomendasi terakhir ada Compress PDF – PDF Compressor. Dari namanya saja kalian sudah tahu jika aplikasi ini dapat digunakan untuk mengompres file PDF di HP Android.

Karena dapat digunakan di Android, maka prosesnya akan lebih praktis dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja sesuai keperluan.

Compress PDF – PDF Compressor juga mendukung penyimpanan cloud seperti OneDrive, BOX, dan lainnya. Cara mengompres file di aplikasi terbilang mudah dan setelah terkompresi, file tersebut akan secara otomatis bisa diunduh ke penyimpanan perangkat kita.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres Video di Android dan iPhone

Rekomendasi aplikasi kompres file terbaik di Android telah selesai dibahas satu persatu di artikel ini. Dari beberapa aplikasi tadi, manakah yang akan kalian unduh di smartphone?