Aplikasi

8 Aplikasi Keyboard Arab untuk Android, Gratis dan Mudah Digunakan

Aplikasi keyboard Arab terkadang diperlukan untuk menulis atau mengirim pesan dalam bahasa Arab. terlebih, mereka yang memiliki tugas atau kegiatan yang memerlukan tulisan Arab.

Tidak semua keyboard pada perangkat Android bisa digunakan untuk mengetik dalam bahasa Arab. Perlu membutuhkan langkah khusus atau aplikasi khusus untuk membuatnya.

Saat ini, sudah banyak aplikasi papan ketik (keyboard) yang bisa didapatkan dengan mudah, bahkan gratis. Di bawah ini, kami telah menyajikan beberapa diantaranya.

Daftar Aplikasi Keyboard Arab

Berikut ini beberapa aplikasi papan ketik berbahasa Arab yang bisa digunakan di perangkat Android. Simak uraiannya dan pilih aplikasi yang sesuai.

Bahasa Arab – GO Keyboard

Bahasa Arab Go Keyboard. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi besutan GOMO Apps bernama Bahasa Arab – GO Keyboard.

Aplikasi ini cukup populer, ditandai dengan jumlah unduh hingga lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

Bahasa Arab – GO Keyboard gratis dan ukurannya sangat ringan, hanya 4MB.

Menariknya lagi, setiap pengguna bisa menyesuaikan keyboardnya, mulai dari tema, font, nada tombol, dan lain sebagainya.

Adapun untuk penggunaannya, kamu hanya perlu menginstal aplikasi ini, kemudian buka aplikasinya dan klik Settings > Bahasa, kemudian centang pada ikon kotak di samping bahasa Arab.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan keyboard seperti biasa namun dengan papan ketik bahasa Arab.

Papan ketik berbahasa arab – Aplikasi Keyboard Arab

Papan ketik berbahasa arab. (IST)

Berikutnya, ada aplikasi Papan ketik berbahasa Arab. Aplikasi ini memiliki tema stylish, mudah digunakan, dan juga dilengkapi emoji baru.

Aplikasi Papan ketik berbahasa arab ini gratis dan bisa beroperasi secara offline.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Papan ketik berbahasa arab memiliki fitur kamus, koreksi otomatis, dan saran kata. Sehingga, pengguna bisa mengetik bahasa Arab dengan lebih cepat dan praktis.

Selain bahasa Arab, aplikasi ini juga menyediakan keyboard Bahasa Inggris yang bisa dialihkan dengan bahasa Arab secara mudah.

Kamu bisa mengetik dalam bahasa Arab menggunakan aplikasi ini, lengkap dengan emoji serta stiker untuk lebih mengekspresikan diri melalui pesan.

Arabic Keyboard – Easy Arabic

Arabic Keyboard Easy Arabic. (IST)

Aplikasi Arabic Keyboard – Easy Arabic juga bisa kamu andalkan. Aplikasi ini dikembangkan oleh ByteBeat Innovators dan telah diunduh lebih dari 10 ribu kali.

Seperti aplikasi sebelumnya, Arabic Keyboard – Easy Arabic juga menyediakan papan ketik Bahasa Inggris.

Berbagai fitur ditawarkan aplikasi ini. Salah satunya adalah teks to speech yang memudahkan pengguna ketika ingin menulis pesan dalam bahasa Arab namun tidak memungkinkan untuk mengetik. Hanya dengan mengucapkan pesan berbahasa Arab, nantinya keyboard otomatis mengubah suara menjadi teks.

Kamu bisa menggunakan fitur tersebut meski dalam keadaan offline.

Arabic Keyboard – Easy Arabic juga dilengkapi dengan emoji, stiker, GIF, dan juga harakat untuk memudahkan penerima pesan dalam membaca pesan yang dikirimkan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur tema keyboard dan mengganti wallpaper serta latar belakang sesuai keinginan.

Arabic Keyboard

Arabic Keyboard. (IST)

Ada lagi aplikasi bernama Arabic Keyboard yang bisa kamu gunakan. Aplikasi yang satu ini merupakan besutan Troll Wall Developers.

Aplikasi ini mendapat rating 4,5 dari para penggunanya di Google Play Store. Ini memiliki fitur yang kebanyakan ada pada aplikasi sebelumnya.

Fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini adalah keyboard Arab yang kompatibel dengan jejaring sosial, keyboard bahasa Inggris, latar belakang yang indah dan berwarna, serta berbagai stiker.

Penggunaan aplikasi ini dimulai dengan mengunduhnya di Play Store. Kemudian, buka aplikasinya lalu aktifkan keyboard Arab. Selanjutnya, pilih keyboard Arab dan pilih tema sesuai keinginan.

Papan Ketik Arab Indonesia

Papan Ketik Arab Indonesia. (IST)

Seperti namanya, ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk menyempurnakan ketikan dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Keyboard dari aplikasi ini memiliki layar belakang HD dan bisa digunakan secara offline. Banyak emoji dan stiker ditawarkan aplikasi ini.

Ini juga mendukung pengetikan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mengalihkan bahasanya sesuai dengan keinginan.

Dalam pengetikan bahasa Arab, kamu bisa langsung memberi harakat melalui keyboard tersebut. Kamu juga bisa membuat tulisan tanpa perlu mengetik, karena aplikasi ini dilengkapi fitur Masukan Suara.

Keyboard bahasa Inggris Arab

Keyboard bahasa Inggris Arab. (IST)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetik dalam bahasa Arab dan Inggris.

Ini dilengkapi alfabet Arab yang mudah, emoji, serta koreksi otomatis. Dengan begitu, kamu bisa mengetik dalam bahasa Arab dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Keyboard bahasa Inggris Arab ini juga dilengkapi input suara untuk mengetik. Membebaskan penggunanya untuk mengatur tata letak keyboard, serta warna keyboard sesuai keinginan.

Aplikasi ini berukuran 28MB dan bisa digunakan secara gratis.

تمام لوحة المفاتيح العربية

تمام لوحة المفاتيح العربية

Selain enam aplikasi tadi, aplikasi yang satu ini juga bisa kamu andalkan. تمام لوحة المفاتيح العربية merupakan aplikasi cerdas dan mudah digunakan.

Ini dirancang oleh Alef Network khusus untuk orang Arab. Meski begitu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur multi bahasa, mencakup banyak bahasa, seperti Inggris, Prancis, Turki, Korea, Spanyol, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya, seperti terjemah, tema, emoji, stiker dan animasi, spelling dan personal dictionary.

Arabic for ai.type keyboard

Arabic for ai.type keyboard. (IST)

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Arabic for ai.type keyboard untuk mengetik tulisan Arab.

Aplikasi ini dilengkapi fitur yang menampilkan prediksi kata berikutnya, koreksi, dan tata bahasa ketika mengetik.

Arabic for ai.type keyboard support emoji dan tersedia ratusan tema. Kamu bisa menggunakannya dengan gratis.

Dengan adanya fitur koreksi otomatis, aplikasi ini bisa digunakan untuk belajar membuat tulisan dalam bahasa Arab.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Cek Akta Kelahiran Online dari HP untuk Berbagai Daerah

Itu dia beberapa aplikasi keyboard Arab yang bisa kamu gunakan di perangkat Android. Semoga uraian di atas membantu dalam memilih keyboard yang paling sesuai.