Aplikasi

6 Aplikasi Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan untuk Android

Aplikasi jadwal imsakiyah penting untuk ada di HP. Pasalnya, akan sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari, bahkan ketika Ramadhan.

Seperti yang kita ketahui, imsakiyah atau imsak merupakan pengingat agar bersiap untuk menyudahi makan sahur ketika hendak puasa sebelum adzan subuh dikumandangkan.

Dengan adanya jadwal pada aplikasi, kamu bisa mengetahui waktu imsak, sehingga bisa mengatur jam makan sahur agar tidak kesiangan.

Aplikasi ini sangat berguna ketika hendak puasa dan makan sahur, namun tidak ada pemberitahuan atau pengumuman dari speaker masjid mengenai waktu imsyak.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur lain yang menunjang piasa Ramadhan. Mulai dari adzan solat 5 waktu, jadwal sholat, qiblat, tadarus Al-Qur’an, dan lainnya.

Jika kamu membutuhkannya dan ingin menginstal aplikasi tersebut, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

Daftar Aplikasi Jadwal Imsakiyah

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk mengetahui informasi jadwal imsakiyah. Pastikan simak uraiannya hingga tuntas, ya!

Muslim Pro: Ramadhan 2024

Muslim Pro Ramadhan 2024. (IST/Play Store)

Di urutan pertama, ada aplikasi Muslim Pro: Ramadhan 2024. Aplikasi ini sudah sangat populer. Dibuktikan dengan banyak penggunanya, bahkan dipercaya oleh lebih dari 160 juta Muslim di seluruh dunia.

Tak heran, karena aplikasi ini menyajikan berbagai informasi dan fitur yang sangat berguna.

Aplikasi ini mencakup berbagai informasi, pengingat, serta fitur lainnya yang memudahkan pengguna dalam beraktivitas sehari-hari.

Dengan aplikasi Muslim Pro di HP, kamu bisa dengan mudah mengetahui jadwal sholat, mendapat pemberitahuan buka puasa dan imsak, tadarus Al-Qur’an, menghitung zakat, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur baru, diantaranya adalah Belajar Al-Qur’an melalui kuis, hafalkan Al-Quran, Pengalaman Al-Quran, Acara Islam singkat, dan lainnya.

Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024. (IST/Play Store)

Aplikasi yang dikembangkan oleh Islam Pro Studio ini juga menyuguhkan berbagai fitur bermanfaat. Bukan hanya jadwal imsakiyah, aplikasi ini juga menyediakan doa buka puasa, baca Qur’an, arah kiblat, dan juga waktu sholat.

Selain itu, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 juga memiliki kalender Ramadhan.

Aplikasi ini berukuran 35MB dan kompatibel pada perangakat dengan Android versi 5 dan yang lebih tinggi.

Umma – Aplikasi Jadwal Imsakiyah

Umma. (IST/Play Store)

Aplikasi bernama Umma ini wajib kamu coba untuk menemani ibadah dan aktivitas harian kamu agar tepat waktu. Aplikasi Umma menyediakan fitur pengingat waktu sholat, arah kiblat, serta lokasi masjid terdekat.

Aplikasi ini juga menyediakan bacaan Al-Qur’an, serta fitur lainnya. Tampilannya sederhana, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Menariknya lagi, ini juga bisa mendukung dalam mencari pendidikan Islam, karena memungkinkan penggunanya untuk melihat khotbah langsung, tanya jawab dengan ustadz dan pakar lainnya tentang berbagai topik keislaman.

ShalatKu – Jadwal Sholat & Adzan

ShalatKu. (IST/Play Store)

Selain tiga aplikasi tadi, aplikasi ShalatKu juga bisa kamu andalkan. Aplikasi ini mampu emnampilkan waktu imsakiyah ketika menjelang imsak.

Aplikasi SholatKu juga menampilkan jadwal waktu sholat sesuai dengan lokasi pengguna. Penghitungannya telah disesuaikan dengan waktu solat yang ada di Indonesia.

Pengguna bisa mengatur pemberitahuan notifikasi dengan suara adzan agar pengingat solat lebih maksimal.

Kamu juga bisa memasang alarm pada aplikasi ini agar makan sahur tidak mepet ke waktu imsak.

Waktu Shalat Dunia – Ramadhan

Waktu Shalat Dunia. (IST/Play Store)

Aplikasi yang satu ini menawarkan antarmuka yang mudah dipahami.

Dengan aplikasi berukuran 42MB ini, pengguna bisa mengetahui informasi waktu solat, imsakiyah Ramadhan, di lebih dari 120 ribu lokasi di seluruh dunia.

Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan meski tanpa internet. Berbagai fitur ditawarkan aplikasi ini.

Fitur-fiturnya adalah sdeteksi lokasi otomatis, tanggal hijriah, waktu solat selanjutnya, kalender, dan masih banyak lagi.

Kalender Islam – Jadwal Sholat

Kalender Islam. (IST/Play Store)

Terakhir, ada aplikasi Kalender Islam yang juga menyediakan informasi jadwal imsakiyah.

Aplikasi yang dirancang oleh Media Nusa Aplikasi ini menampilkan kalender mirip dengan kalender dinding, sehingga nyaman digunakan.

Penanggalan hijriah pada aplikasi ini dijaga keakuratannya dan selalu mengikuti tanggal yang berlaku di Indonesia.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan jadwal sholat, kalkulator umur, serta mendukung widget halaman depan.

Selain itu, aplikasi Kalender Islam juga dilengkapi hadits harian yang update setiap hari.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android Terbaik dengan Detail

Itulah beberapa aplikasi jadwal imsakiyah yang bisa dimanfaatkan agar mengetahui waktu-waktu penting di setiap harinya, terutama di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat.