Aplikasi

9 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk HP Android dan iPhone

Aplikasi file manager terbaik bisa diandalkan untuk mengelola file di smartphone-mu. Untuk itu, kamu wajib memiliki aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut dapat mempermudah kalian untuk menelusuri file, menemukan file yang baru diunduh, menyalin data, dan keperluan-keperluan lainnya.

Menariknya, apk file manager tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Kamu hanya perlu memilih salah satu aplikasi yang menurutmu paling terbaik.

Jika masih bingung memilih salah satu dari sekian banyaknya aplikasi, HALLO GSM telah menyiapkan rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi File Manager Terbaik di HP Android dan iPhone

Berikut ini aplikasi-aplikasi file manager terbaik yang memiliki fitur lengkap dan bisa diunduh secara gratis.

File Manager – Pengelola File

File Manager – Pengelola File. (IST)

Pertama, kamu bisa menggunakan apk bernama File Manager – Pengelola File yang memiliki fitur terbaik bahkan setingkat PC.

Oleh sebab itu, aplikasi besutan InShot Inc ini sangat bisa membantumu mengatur berbagai file di HP secara efisien.

File Manager – Pengelola File juga mendukung semua format file mulai dari file baru, unduhan, audio, video, gambar, arsip, aplikasi, hingga dokumen. Mendukung pula fitur FTP sehingga kamu bisa mengakses penyimpan Android dari PC.

Urusan kompres file juga bisa diselesaikan dengan menggunakan File Manager – Pengelola File. Masih banyak fitur-fitur keren lainnya yang bisa kamu akses setelah mendownload File Manager – Pengelola File.

Files by Google – Aplikasi File Manager Terbaik

Files by Google. (IST)

Files by Google merupakan aplikasi besutan perusahaan teknologi terbesar, yakni Google. Sudah banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini dan memberikan rating bagus.

Tak heran, Files by Google memang memiliki banyak fitur untuk mengelola file seperti mengosongkan ruang, menemukan file lebih cepat.

Lalu, membagikan file offline dengan pengguna lain dan mem-backup file ke cloud untuk menghemat ruang penyimpan di ponselmu.

BACA JUGA: Aplikasi Scan Barcode yang Pas untuk Berbagai Keperluan

Mi File Manager – Manajemen File dan Transfer

Mi File Manager – Manajemen File dan Transfer. (IST)

Aplikasi berikutnya datang dari Xiaomi. Selain di ponsel merek Xiaomi, Mi File Manager juga bisa diinstall di HP Android lain yang mendukung.

Aplikasi ini gratis digunakan dan dilengkapi banyak fitur, seperti fitur pencarian cepat, memindahkan, membuka, menghapus, berbagai file secara offline, salin-tempel, melakukan ekstrak dan mengompres file ZIP, mengganti nama, dan lainnya.

Mi File Manager juga mendukung banyak format file mulai dari musik, video, gambar, dokumen, apk, dan file ZIP.

FileMaster – Aplikasi File Manager Terbaik

FileMaster. (IST)

FileMaster tidak hanya bisa membantu mengelola file saja, namun juga bisa membantu mengoptimalkan HP penggunanya dengan pembersih file sampah, phone booster, manajer aplikasi, pendingin CPU, hingga transfer file.

Fiturnya yang cukup lengkap membuat aplikasi besutan developer SmartVisionMobi ini telah di-download lebih dari 100 juta pengguna melalui Google Play Store.

Fitur-fitur tersebut diantaranya seperti file cleaner untuk menghapus cache dan file sampah, lalu fitur smart library file explorer yang dapat mengkategorikan semua file ke dalam unduhan dari internet, bluetooth dari perangkat terdekat, dan lainnya.

Amaze File Manager

Berikutnya ada Amaze File Manager. Aplikasi ini menjadi salah satu favorit para pengguna Android karena memiliki ukuran yang ringan, yaitu hanya 5,1 MB saja saat pertam di-download.

Amaze File Manager mampu melakukan pencarian data dengan cepat. Kemudian bisa juga digunakan untuk berbagai file, manajer aplikasi bult-in untuk delete aplikasi, root explorer, dan lainnya.

CX File Explorer

CX File Explorer. (IST)

Aplikasi file manager berikutnya ada CX File Explorer yang memiliki desain UI modern, mendukung penyimpanan cloud dan penyimpanan bersama (FTP, SMB, dan lainnya).

Dengan menggunakan CX File Explorer, pengguna bisa menelusuri, memindahkan, mengompres, mengganti nama, menyalin, menghapus, membuat hingga berbagai file di penyimpanan internal dan eksternal HP kamu.

Di Google Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna lho dengan ulasan yang bagus.

ASTRO File Manager & Cleaner

ASTRO File Manager Cleaner. (IST)

Sesuai namanya, ASTRO File Manager & Cleaner tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola file di HP kamu, namun juga bisa membersihkan memori HP dan meningaktkan kinerjanya.

Kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk mensortir sekaligus mengkategorikan file serta mengakses seluruh gambar, video, musik, aplikasi, dan folder terbaru secara mudah.

ASTRO File Manager & Cleaner juga mendukung penyimpanan kartu SD, penyimpanan cloud, bisa ekstrak arsip ZIP maupun RAR, dan manajemen aplikasi.

File Master – document manager

File Master document manager. (IST)

Untuk pengguna iPhone, kalian bisa mendownload aplikasi file manager terbaik ini di ponsel kalian. Aplikasi tersebut adalah File Master – document manager.

Aplikasi ini dapat meng-impor video, audio, gambar, dan dokumen lain dari berbagai format dengan mudah.

Selain itu, mendukung juga untuk memutar file dengan format mp4, 3g, mov, wna, avi, mkv, M4a dan file audio serta video lainnya.

Kamu juga bisa mengatur kode sandi untuk melindungi file-file yang ada di perangkatmu. Selain itu, masih banyak fitur terbaik lainnya di dalam aplikasi ini.

Documents 5

Documents 5. (IST)

Aplikasi file manager iPhone berikutnya adalah Documents 5 yang memungkinkan setiap penggunanya terhubung ke layanan cloud untuk menyimpan sekaligus juga mengelola file-file yang dimiliki.

Tak seperti aplikasi lain yang hanya bisa terhubung ke layanan milik mereka saja, Documents 5 dapat terhubung ke banyak layanan lho.

Download aplikasinya sekarang juga di ponselmu untuk mulai menggunakannya!

Total Commander

Total Commander. (IST)

Aplikasi file manager yang terakhir adalah Total Commander. Fitur-fiturnya tak kalah bagus dari beberapa aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, lho.

Fitur tersebut diantarnya adalah dukungan jaringan storage, cloud storage, plugin, bookmark, dan beragam tools.

Jadi tak heran lagi jika Total Commander telah di-download 10 juta lebih pengguna dan ratingnya mencapai 4,3.

BACA JUGA: Aplikasi Pengunci Aplikasi di HP Android

Sekian pembahasan kali ini, silakan pilih dan download salah satu dari beberapa aplikasi file manager Android dan iPhone terbaik di atas. Semoga bermanfaat.