Aplikasi

7 Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android Terbaik dengan Detail

Aplikasi cek spesifikasi HP terkadang dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengetahui detail spesifikasi HP yang sedang digunakan.

Ya, saat ini, telah banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk menampilkan informasi spesifikasi HP. Aplikasi-aplikasi tersebut mudah ditemukan di Google Play Store dan bahkan gratis.

Lantas, apa saja aplikasinya? pantau terus artikel ini sampai tuntas, karena kami telah menyiapkan rekomendasinya.

Seperti kita ketahui, mengecek spesifikasi HP cukup penting untuk mengetahui kemampuan perangkat tersebut.

Mengetahui detail spesifikasi HP juga berguna ketika hendak menginstal suatu aplikasi, sehingga pengguna bisa mengetahui kompatibilitas dengan HP, keadaan kapasitas penyimpanan, serta performa yang dimiliki apakah sesuai atau tidak.

Mengecek spesifikasi HP yang digunakan bisa dilakukan melalui beberapa metode, bisa melalui pengaturan HP, dus penjualan, situs website resmi, dan juga aplikasi tambahan.

Jika kamu merasa informasi spesifikasi yang ditampilkan melalui pengaturan HP kurang detail, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan.

Banyak aplikasi yang mampu mengecek spesifikasi HP secara detail hingga menampilkan informasi baterai, RAM, chipset, sisa penyimpanan internal, dan lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Cek Spesifikasi HP

Langsung saja, berikut ini daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi HP Android yang digunakan.

CPU-Z

Rekomendasi pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama CPU-Z. Aplikasi ini cukup akurat dalam membaca spesifikasi pada berbagai merk HP.

Informasi spesifikasi yang ditampilkan aplikasi ini sangat mendetail. Ukuran aplikasi ini juga ringan, membuat pengguna tidak perlu khawatir membuat penyimpanan penuh.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan sangat minim iklan di dalamnya.

AIDA64 – Aplikasi Cek Spesifikasi HP

Selain CPU-Z, aplikasi AIDA64 juga bisa kamu andalkan untuk mengecek spesifikasi HP yang kamu gunakan.

Aplikasi yang satu ini juga menampilkan informasi spesifikasi HP secara detail dan akurat. Di antara informasi spesifikasi yang ditampilkannya adalah tipe HP, kapasitas RAM, CPU, GPU, penyimpanan internal, dan masih banyak lagi.

Melalui aplikasi AIDA64, pengguna juga bisa mengetahui informasi mengenai layar HP, jaringan, baterai, suhu, sensor, dan lainnya.

Aplikasi ini tergolong populer, ditandai dengan telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mendapat review bagus dari para penggunanya di Google Play Store.

Inware

Berikutnya, ada aplikasi Inware yang merupakan besutan evowizz. Aplikasi yang telah didownload lebih dari 100.000 kali di Play Store ini mampu membantu penggunanya untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perangkat yang digunakan.

Hal pertama yang menarik di aplikasi ini adalah desain yang kekinian. Inware menggunakan desain material terbaru dari Google.

Meski begitu, aplikasi ini sepenuhnya gratis dan bebas iklan.

Tidak perlu khawatir dengan kapasitas penyimpanan, karena aplikasi ini berukuran ringan, hanya 3 MB saja.

Meski ukurannya kecil, namun Inware mampu menampilkan informasi spesifikasi HP dengan detail. Aspek hardware dan software perangkat ditampilkan oleh aplikasi ini dengan lengkap.

Info Perangkat: CPU, HW Info

Aplikasi yang dikembangkan oleh ToraLabc ini juga bisa menjadi pilihan. Bagi pengguna yang ingin mengetahui informasi HP dengan nyaman, aplikasi ini menyediakan tema gelap.

Bukan hanya itu, aplikasi Info Perangkat: CPU, HW Info juga mendukung 15 tema warna serta 15 bahasa berbeda. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan tema dan bahasa sesuai keinginan.

Informasi perangkat yang mencakup perangkat lunak dan perangkat keras disediakan oleh aplikasi ini. Seperti CPU, RAM, OS, sensor, penyimpanan, baterai, Bluetooth, SIM, aplikasi yang terinstal, aplikasi sistem, kamera, termal, dan lainnya.

Perihal keamanan, developer menjamin tidak ada data pengguna yang dikumpulkan atau disimpan dalam format apapun.

Informasi Perangkat:CPU Sistem

Aplikasi bernama Informasi Perangkat:CPU Sistem ini dikembangkan oleh Yasiru Nayanajith dan telah diunduh di Play Store sebanyak 5 juta kali.

Ini merupakan aplikasi Android yang simpel dan baik yang memberikan penggunanya informasi lengkap tentang perangkat dengan antarmuka pengguna (AI) yang canggih.

Aplikasi ini mencakup informasi mengenai CPU, RAM, OS, sensor, penyimpanan, baterai, SIM, jaringan Bluetooth, layar, aplikasi sistem, kamera, termal, dan lainnya.

Device Info HW

Selain lima aplikasi tadi, aplikasi Device Info HP juga bisa menjadi pilihan. Tampilan aplikasi ini sangat identik dengan aplikasi AIDA64.

Aplikasi ini khusus untuk perangkat Android. Device Info HW kompatibel dengan perangkat Android versi 4.0.3 dan yang lebih tinggi.

Aplikasi dengan ukuran 3MB ini mampu mendeteksi komponen perangkat yang kamu gunakan untuk kemudian menampilkan informasi detail mengenai spesifikasinya.

Device Info HW mendukung tema gelap, sehingga kamu bisa lebih nyaman dalam menggunakannya.

CPU X – Device & System info

Terakhir, ada aplikasi bernama CPU – X Device & System info. Seperti namanya, aplikasi yang satu ini juga dirancang untuk menampilkan informasi lengkap mengenai spesifikasi paling detail perangkat.

Informasi yang ditampilkannya seperti prosesor, inti, kecepatan, model, RAM, kamera, sensor, dan masih banyak lagi.

Menariknya, melalui aplikasi ini, pengguna bisa berdiskusi dengan para pecinta teknologi di seluruh dunia untuk bertukar pikiran dan berbagi ilmu. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan atau memberikan jawaban.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Green Screen untuk Bikin Konten Menarik di Android, Gratis!

Itu dia beberapa aplikasi cek spesifikasi HP Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi mana saja untuk mengecek spesifikasi HP yang kamu gunakan. Agar lebih yakin dalam memilih aplikasi yang akan digunakan, disarankan untuk selalu mengecek review pengguna terlebih dahulu mengenai aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat.