Aplikasi

5 Aplikasi Cek Akta Kelahiran Online dari HP untuk Berbagai Daerah

Mengecek akta kelahiran bisa dilakukan secara online dari HP, melalui aplikasi cek akta kelahiran yang ada di toko aplikasi.

Ya, selain melalui website Dukcapil atau dengan scan barcode yang ada pada akta kelahiran, kamu juga bisa mengecek akta kelahiran dengan menggunakan bantuan aplikasi yang ada di Play Store maupun App Store.

Saat ini, Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) beberapa daerah meluncurkan aplikasi untuk bisa melayani warga negara Indonesia dalam mengurus data kependudukan, termasuk akta kelahiran.

Akta kelahiran termasuk dokumen penting yang berisi keterangan kelahiran anak. Dokumen ini sangat penting, biasanya dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran sekolah, pembuatan KK, pengurusan KTP-el, dan lainnya.

Untuk itu, keaslian akta kelahiran sangat penting, karena jika akta kelahiran ternyata palsu, maka administrasi kependudukan akan terhambat.

Kamu bisa mengecek keaslian akta kelahiran dengan menggunakan aplikasi. Akta kelahiran palsu jika nomornya dilacak tidak akan muncul pada database.

Daftar Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Ada beberapa aplikasi untuk mengecek akta kelahiran. Berikut ini beberapa diantaranya.

Identitas Kependudukan Digital

Identitas Kependudukan Digital. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Identitas Kependudukan Digital. Aplikasi ini menyediakan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan berbagai fitur.

Pada aplikasi ini, tersedia layanan registrasi akun, pemindai, history, dan lainnya.

Untuk mengecek keaslian akta kelahiran, kamu bisa menggunakan fitur pindai atau scan yang ada pada aplikasi, kemudian pindai QR Code yang ada pada akta kelahiran.

Jika scan kode QR menggunakan aplikasi ini tidak bisa dilakukan, maka pengguna bisa mendatangi kantor Dinas Dukcapil setempat untuk mengecek keaslian akta kelahiran.

SALAMAN Kota Bandung – Aplikasi Cek Akta Kelahiran

SALAMAN Kota Bandung. (IST)

Seperti namanya, ini merupakan aplikasi pelayanan Administrasi Kependudukan bagi masyarakat Kota Bandung.

Aplikasi SALAMAN Kota Bandung memberikan kemudahan dan transparansi dalam pelayanan administrasi kependudukan tanpa batas waktu.

Berbagai kemudahan ditawarkan aplikasi ini karena dilengkapi dengan beberapa fitur. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur chatting yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungi petugas jika mengalami kendala.

Aplikasi ini melayani pengajuan pembuatan 12 jenis dokumen, termasuk kutipan Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), dan lainnya.

DISDUKCAPIL Smart Bantul

DISDUKCAPIL Smart Bantul. (IST)

Bagi kamu yang berkependudukan di Bantul, aplikasi ini bisa dicoba untuk mengecek akta kelahiran.

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan permohonan kependudukan secara online. Seperti permohonan akta kelahiran, akta kematian, KIA, perubahan KK, dan lainnya.

Aplikasi DISDUKCAPIL Smart Bantul bisa diunduh secara gratis dan memiliki ukuran sangat ringan, yakni 6MB saja. Aplikasi ini memiliki kompatibilitas pada Android versi 4.4 atau yang lebih tinggi.

dukcapil kab semarang online

dukcapil kab semarang online. (IST)

Aplikasi ini diluncurkan oleh Disdukcapil Kabupaten Semarang dan telah diunduh lebih dari 10 ribu kali di Google Play Store.

Aplikasi ini khusus untuk warga kabupaten Semarang yang ingin mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan, termasuk akta kelahiran.

Pelayanan dokumen kependudukan lainnya juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi ini.

Alpukat Betawi

Alpukat Betawi. (IST)

Selain beberapa aplikasi tadi, ada juga aplikasi bernama Alpukat Betawi. Aplikasi ini diluncurkan oleh Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta.

Melalui aplikasi ini, warna provinsi DKI Jakarta bisa mengajukan pelayanan administrasi kependudukan. Diantaranya, pengajuan permohonan layanan, penjadwalan pelayanan, dan memonitor pelayanan yang sedang diajukan.

Layanan Moci Legit

Layanan Moci Legit. (IST)

Terakhir, aplikasi Layanan Moci Legit. Aplikasi dengan nama unik ini merupakan besutan Disdukcapil Kota Sukabumi.

Aplikasi ini hadir untuk memudahkan dan mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan masyarakat. Mulai dari pengurusan akta kelahiran, kartu keluarga, akta kematian, dan lainnya.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Pembagian Kelompok di HP, Cepat dan Praktis

Itulah beberapa aplikasi cek akta kelahiran dari berbagai daerah. Sebelum menginstal dan menggunakannya, pastikan kamu sudah mengecek ulasan yang diberikan oleh orang yang sebelumnya pernah menggunakan aplikasi tersebut untuk memastikan kinerjanya.