Aplikasi

6 Aplikasi Buku Kas Gratis untuk Pencatatan Keuangan Pribadi atau Bisnis

Aplikasi buku kas bisa diandalkan untuk membantu dalam mengatur keuangan, baik itu keuangan pribadi, organisasi, kelas, bisnis, atau yang lainnya.

Seperti diketahui, keuangan merupakan hal yang perlu diatur dengan bijak. Akan tetapi, pengeluaran lebih besar dari pendapatan tak jarang menjadi permasalahan yang dihadapi.

Untuk pencatatan sirkulasi keluar masuknya uang kas dengan lebih mudah dan terorganisir, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi khusus buku kas yang kini sudah banyak tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Di bawah ini, telah kami sajikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk mencatat keuangan yang bisa membantu kamu dalam memanage keuangan.

Daftar Aplikasi Buku Kas

Pengelola Keuangan – Pembukuan

Di urutan pertama, ada aplikasi bernama Pengelola Keuangan – Pembukuan. Aplikasi ini telah banyak digunakan, ditandai dengan catatan unduhan mencapai lebih dari 500 ribu kali dan mendapat rating 4,9 dari para penggunanya di Google Play Store.

Ini merupakan aplikasi pembukuan sederhana, praktis dan sempurna untuk membantu kamu mencatat transaksi keuangan sehari-hari.

Aplikasi Pengelola Keuangan juga bisa diandalkan untuk mengontrol pengeluaran dan menghemat lebih banyak uang.

Banyak fitur tersedia pada aplikasi ini untuk mencatat pengeluaran dan penghasilan, sehingga membuat proses pembukuan jadi lebih sederhana.

Tampilan antarmukanya jelas, dan mudah digunakan. Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa dengan cepat menambahkan transaksi keuangan.

FamFina – Aplikasi Buku Kas Harian

Aplikasi bernama FamFina juga sangat bisa diandalkan. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mencatat lebih dari satu pembukuan. Sehingga, kamu bisa memisahkan antara catatan keuangan pribadi dan catatan keuangan bisnis.

FamFina bisa digunakan untuk mengelola anggaran, rekening, atau yang lainnya secara gratis tanpa ada batasan.

Kamu juga bisa mengekspor catatan dari aplikasi ini ke excel dan pdf secara gratis.

Berbagai fitur ditawarkan aplikasi ini. Fitur anggaran memungkinkan pengguna mengontrol pengeluaran dari awal bulan.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan pada dua HP sekaligus. Jadi, kamu bisa berbagi akun dengan suami, istri, atau siapapun agar informasi keuangan bisa dikelola bersama.

Buku Kas- pengeluaran harian

Berikutnya, ada aplikasi Buku Kas yang dikembangkan oleh Ankit Saraf. Aplikasi ini telah didownload di Play Store sebanyak lebih dari 1 juta kali.

Tak heran, karena aplikasi ini menyediakan manajemen kas sederhana untuk mengelola arus kas dan pengeluaran harian.

Antarmukanya sederhana, sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur, seperti rekam transaksi tunai harian, fitur search berdasarkan catatan, hapus atau edit, lampirkan tagihan, share dalam format PDF atau Excel, dan cadangkan data.

Kasvlo (Catatan Keuangan Online)

Kasvlo cocok untuk pebisnis, karena akan memudahkan dalam mengelola keuangan. Meski begitu, fitur-fiturnya juga sangat memungkinkan untuk digunakan dalam mengelola keuangan pribadi.

Aplikasi ini memiliki fitur baru, bernama Keyboard Kalkulator untuk memudahkan kamu dalam menghitung nominal tanpa harus menggunakan aplikasi kalkulator berbeda. Dengan begitu, kamu bisa langsung menyimpan catatan ke dalam jurnal, hutang piutang, dan pembukuan dengan jumlah dari kalkulator pada aplikasi.

Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi yang mudah digunakan dan simpel ini diantaranya, multiple access, yakni bisa diakses melalui HP dan komputer, berbasis cloud untuk penyimpanan.

Kasvlo juga dilengkapi fitur jurnal, hutang piutang, laporan otomatis, pembukuan, multiple user, customer service, dan lainnya.

TemanBisnis – Catatan Keu UMKM

Selain empat aplikasi tadi, aplikasi TemanBisnis juga bisa kamu gunakan. Seperti namanya, aplikasi ini dirancang khusus bagi pengusaha UMKM Indonesia.

TemanBisnis sangat support para UMKM untuk melakukan pencatatan transaksi, manajemen persediaan, dan pengelolaan keuangan lainnya dengan mudah.

Catatan keuangan berbagai usaha bisa dilakukan dengan praktis tanpa harus ribet menggunakan buku kas manual.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.

Pengguna juga bisa mengelola persediaan atau stok barang dagang, mencatat utang piutang, cetak struk dan invoice transaksi, budgeting dan target pengeluaran, serta masih banyak yang lainnya.

Zahir Apps

Di urutan terakhir, ada aplikasi Zahir Apps yang dikembangkan oleh Zahir Internasional. Kamu bisa mengelola keuangan bisnis dalam satu aplikasi.

Kamu bisa mengelola invoice, inventory, project, laporan keuangan, dan payroll terintegrasi.

Sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi Zahir App tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun juga tersedia dalam bahasa Inggris.

Aplikasi ini berukuran 36 MB dan kompatibel dengan perangkat Android versi 5.1 dan yang tertinggi.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Translate Bahasa Minang ke Indonesia untuk Android, Bisa Online atau Offline!

Itu dia beberapa aplikasi buku kas yang bisa kamu gunakan dalam mencatat keuangan. Kamu bisa menggunakan aplikasi mana saja yang sesuai. Pastikan untuk selalu mengecek ulasan aplikasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. Semoga bermanfaat.