Aplikasi

9 Aplikasi Belajar Membaca yang Pas Buat Anak-anak

Di zaman canggih ini, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah. Termasuk belajar membaca dengan menggunakan aplikasi belajar membaca yang diinstall di ponsel pintar.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengajari anaknya belajar baca dengan metode yang menyenangkan dan tidak membuat si kecil jenuh.

Hanya bermodalkan ponsel pintar, proses pembelajaran pun dapat dimulai termasuk ketika sedang di rumah saja karena pandemi Covid-19 sekarang ini.

Jadi smartphone yang digunakan anak-anak tak hanya untuk bermain game online, namun juga dimanfaatkan untuk belajar, khususnya belajar baca seperti yang akan kami bahas.

Nah, untuk orang tua yang ingin mengajari buah hatinya belajar membaca, kami telah merangkum aplikasinya. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa aplikasi yang akan dibahas pada artikel ini.

Aplikasi Belajar Membaca Terbaik untuk Anak

Mau tahu apa saja aplikasinya? Langsung simak pembahasan lengkapnya berikut di bawah ini.

Belajar Membaca by Edutalk Indo Studio

Belajar Membaca. (IST)

Aplikasi yang pertama ini bisa digunakan untuk anak yang ingin belajar mengucapkan huruf vocal dan konsonan, tentu lengkap dengan cara mengeja kata.

Dimulai dari satu suku kata, dua suku kata dan seterusnya agar dapat membaca dalam bentuk kalimat.

Menariknya, Belajar Membaca memiliki fitur kuis untuk memuat si kecil lebih termotivasi lagi belajar sembari bermain.

Dengan menggunakan aplikasi ini, si kecil takkan bosan saat proses pembelajaran dimulai karena dilengkapi dengan animasi dan gambar.

Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel

Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel. (IST)

Aplikasi Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel dapat membantu buah hati Anda mengenak huruf abjad dari A sampai Z.

Si kecil pun akan diajari membedakan mana huruf konsonan dan huruf vocal. Lalu, akan diajari juga bagaimana cara membaca yang baik dan benar serta mengejanya per suku kata.

Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel menggunakan kata-kata umum sebagai bahan ajaran, agar anak bisa memahaminya dengan mudah.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Ayo Belajar Membaca

Ayo Belajar Membaca. (IST)

Dengan tool dan tema yang menarik, Ayo Belajar Membaca menjadi aplikasi berikutnya yang direkomendasikan untuk diunduh.

Agar lebih menarik lagi, Ayo Belajar Membaca pun dilengkapi dengan animasi agar si kecil tak jenuh dan tetap semangat belajar membacanya.

Jadi tunggu apalagi, segera unduh aplikasi yang dikembangkan developer Annisa Cipta Informatika ini di ponsel Anda.

Belajar Membaca Lancar

Belajar Membaca Lancar. (IST)

Di Google Play Store, Belajar Membaca Lancar telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating yang cukup tinggi, yakni 4.4.

Hal tersebut tentunya karena aplikasi ini mempunyai berbagai fitur unggulan untuk mempermudah si kecil dalam belajar baca.

Selain fitur-fiturnya yang beragam, Belajar Membaca Lancar juga punya tools edukatif yang membuat si kecil mengenal huruf dan angka dengan mudah.

Kemudian dilengkapi juga dengan warna dan tema menarik yang membuat buah hati Anda lebih rajib belajar membacanya.

ABC Belajar Membaca

ABC Belajar Membaca. (IST)

Belajar membaca dengan menggunakan aplikasi yang satu ini pastinya akan seru. Karena mempunyai tools yang cukup banyak dengan tema yang menarik minat si kecil belajar.

Beberapa fitur yang dimilikinya adalah dilengkapi suara pada setiap huruf dan gambar, belajar mengenal huruf vokal dan konsonan, belajar membaca setiap suku kata, mengenal dan mengeja nama hewan, dll.

Belajar Membaca Bersama

Belajar Membaca Bersama. (IST)

Ini adalah game belajar membaca yang pas untuk anak-anak, TK, usia awal yang gemar menyaksikan film kartun.

Belajar Membaca Bersama mempunyai berbagai fitur yang bisa digunakan oleh si kecil, seperti Huruf Alphabet, Angka, Nama Buah, Nama Hewan, dan lainya.

Sangat menarik dan pastinya membuat proses pembelajaran si kecil lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Membaca Cepat Tanpa Mengeja 1

Membaca Cepat Tanpa Mengeja 1. (IST)

Aplikasi yang berikutnya dapat digunakan secara online dan telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna dengan rating cukup bagus.

Di aplikasi ini, anak akan diajak untuk belajar membaca dan juga mengeja dengan didukung oleh suara dan ada contoh kata untuk suku kata yang dieja.

Selain itu, tersedia juga fitur perekam suara untuk nantinya diputar ulang ketika belajar mengeja suku kata tertentu.

Si kecil pun akan bisa belajar membaca dengan mudah dan cepat. Sangat menarik dan bermanfaat!

Belajar Huruf ABC + Suara

Belajar Huruf ABC + Suara. (IST)

Sesuai namanya, Belajar Huruf ABC + Suara akan mengajari si kecil membaca dan memberikan edukasi dengan munculnya suara.

Kemudian, aplikasi besutan developer Solite Kids ini memiliki tampilan yang bagus dan edukatif untuk anak-anak yang mau belajar baca.

Aplikasi Belajar Huruf ABC + Suara juga dilengkapi dengan fitur belajar dan fitur bermain yang pastinya seru.

Belajar Huruf Alfabet Bersama Marbel

Belajar Huruf Alfabet Bersama Marbel. (IST)

Terakhir ada aplikasi Belajar Huruf Alfabet Bersama Marbel. Di aplikasi ini, si kecil akan diajakan mengenai huruf A-Z beserta huruf besar dan huruf kecil.

Dengan berbagai fitur menarik yang dimilikinya, si kecil pun akan semakin semangat belajar. Maka tak heran jika aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating tinggi.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar MengajiĀ 

Itu dia, rekomendasi aplikasi belajar membaca untuk anak yang tersedia di Google Play Store.