Aplikasi

8 Aplikasi Backup Data Android yang Direkomendasikan

Di zaman teknologi seperti sekarang ini kita bisa mencadangkan data dengan mudah menggunakan aplikasi backup data terbaik.

Dengan mencadangkan data yang dimiliki dapat menghindarkan kita dari kehilangan data yang sangat penting pada saat ponsel rusak.

Sehingga jika kalian tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, melakukan backup data menjadi suatu hal yang penting.

Untuk mem-backup data kalian membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Tenang saja, walaupun harus menginstall aplikasi tambahan, aplikasi tersebut bisa kita dapatkan secara gratis.

Lantas, apa saja aplikasi untuk mencadangkan data di smartphone Android? Jika belum tahu, HALLO GSM punya beberapa rekomendasinya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Backup Data di Android

Inilah aplikasi-aplikasi untuk mencadangkan data di smartphone Android lengkap dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

G Cloud Backup

G Cloud Backup. (IST)

Pertama ada aplikasi bernama G Cloud Backup. Ketika kamu punya masalah dengan memori ponsel, cobalah backup data untuk menambah ruang ponsel dengan menggunakan apk ini.

G Cloud Backup dapat menyegarkan memori HP sampai kapasitas ruang bertambah 7 GB. Sehingga menggunakan aplikasi ini dapat juga menjadi alternatif ketika kamu tidak ingin menggunakankan kartu memori eksternal di HP.

Namun sebelum itu, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu di smartphone.

Super Backup & Restore – Aplikasi Backup Data

Super Backup & Restore. (IST)

Saat menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah terhubung pada Google Drive atau Google Mail. Super Backup & Restore mampu mencadangkan beragam data.

Di antaranya seperti kontak telepon, aplikasi, foto, video, dan masih banyak yang lainnya. Setelah proses backup selesai, kamu dapat mengecek berbagai data penting di Google Drive.

Namun perlu diperhatikan bahwa jumlah kapasitas memori yang tersimpan di Google Drive-mu cukup luas. Dengan begitu, memungkinkan sistem untuk menyimpan data baru dan memotong jumlah memori sebelumnya.

Super Backup & Restore dapat kamu peroleh dengan mudah, cukup dengan membuka Google Play Store, lalu ketik ‘Super Backup & Restore’ dan klik Install.

BACA JUGA: Cara Backup Chat WhatsApp 

MyBackup

Kalau dua aplikasi di atas saja masih belum cukup, kami punya rekomendasi lainnya, yaitu MyBackup.

Aplikasi disebut-sebut cukup mudah digunakan dan dilengkapi dengan seabrek fitur yang bakal memanjakan penggunanya.

MyBackup memungkinkanmu bisa menyimpan file penting langsung ke USB on the go (OTG). Namun, jika pengguna hendak mem-backup aplikasi, harus punya akses root terlebih dahulu.

Titanium Backup – Aplikasi Backup Data

Titanium Backup. (IST)

Masih dengan pembahasan yang sama, Titanium Backup juga bisa menjadi salah satu aplikasi yang akan membantumu mencadangkan data dengan proses yang mudah.

Hanya saja, untuk menggunakan aplikasi ini perangkat Android-mu harus di root terlebih dahulu. Setelah di root, kamu pun bisa mem-backup berbagai macam data dengan menggunakan aplikasi ini.

Keunikan lain yang dimiliki Titanium Backup adalah mampu mem-backup secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pengguna.

App Backup Restore Transfer

App Backup Restore Transfer. (IST)

App Backup Restore Transfer cukup mudah digunakan oleh setiap pengguna yang ingin mencadangkan di setiap aplikasi Android yang terinstall di ponsel-mu.

App Backup Restore Transfer memiliki kemampuan mencadangkan data kontak, SMS, dan semua data yang ada di SD card.

Dengan kemampuan dan cara penggunaannya yang tergolong mudah, maka aplikasi ini patut untuk diandalkan.

My Cloud

My Cloud. (IST)

Aplikasi backup data Android yang selanjutnya ini memiliki tampilan yang cukup menarik dan mudah untuk dijalankan oleh penggunanya.

Salah satu dari sekian banyaknya keunggulan My Cloud adalah penyimpanan file dengan format RAW.

Ketika penggguna menyimpan data, aplikasi ini secara otomatis akan mengelompokkannya berdasarkan tipe file untuk mempermudah pengguna menemukan data tersebut lagi.

Backup Your Mobile

Backup Your Mobile. (IST)

Backup Your Mobile juga tak kalah bagus untuk digunakan karena memiliki kemampuan mencadangkan berbagai macam data mulai dari aplikasi SMS, MMS, hingga panggilan telepon.

Sehingga kamu pun bisa mengamankan data-data penting baik itu data lama atau baru agar tidak terhapus saat ponsel rusak.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup buka aplikasi, klik setiap data yang akan dicadangkan, klik Mulai.

Contacts Backup

Sesuai namanya, aplikasi Contacts Backup ini dibuat khusus untuk mencadangkan kontak di HP-mu saja. Sehingga dengan aplikasi ini kalian mampu mem-backup setiap kontak yang ada di smartphone.

Pengguna pun bisa bebas menyesuaikan mau melakukan backup kontak ke cloud storage atau ke email. Proses backup-nya juga sangat mudah, lho.

BACA JUGA: Aplikasi Penghemat Kuota Internet 

Ke-8 aplikasi backup data dan aplikasi Android telah selesai dibahas. Kamu pun bisa segera memilih mau menginstall aplikasi mana yang menurutmu pas dan terbaik.