Aplikasi

6 Aplikasi Arah Kiblat yang Akurat dan Mudah Digunakan

Sering bingung menentukan kiblat ketika bepergian ke tempat yang baru dikunjungi? Tenang saja, karena banyak aplikasi arah kiblat yang bisa memudahkan Anda.

Sebelum dan pada saat mendirikan sholat ada rukun sholat, syarat wajib shalat, dan syarat sah sholat yang harus dipenuhi. Salah satu syarat sahnya shalat adalah menghadap kiblat.

Kendati begitu, menentukan arah kiblat sebelum sholat merupakan hal yang penting. Terlebih lagi, ketika kita berada di lokasi yang sebelumnya belum pernah dikunjungi dan tidak menemukan masjid, mushola atau tempat sholat.

Kiblatnya umat muslim di seluruh dunia menghadap ke bangunan suci Ka’bah yang berada di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), arah kiblat bagi umat Islam di Indonesia adalah menghadap ke arah Barat laut. Atau arah terbenamnya matahari.

Ketika sampai di suatu tempat dan belum mengetahui ke arah mana matahari terbenam, tenang saja, karena di zaman serba canggih seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan teknologi sebagai penunjuk arah kiblat.

Dengan smartphone dan bantuan aplikasi, kita bisa menentukan arah kiblat dengan mudah, cepat, praktis, akurat, dan gratis.

Ya, saat ini sudah banyak aplikasi penunjuk kiblat yang bisa ditemukan di Google Play Store dan App Store. Dengan memasang salah satu aplikasi penunjuk kiblat, Anda bisa menentukan kiblat di manapun dan kapanpun.

Apa saja aplikasinya? Berikut ini Hallo GSM sajikan beberapa aplikasinya yang bisa memudahkan menentukan arah kiblat dengan mudah dan akurat.

Daftar Aplikasi Arah Kiblat

Qibla Finder

Qibla finder. (IST)

Aplikasi pertama yang bisa diandalkan untuk menentukan kiblat adalah Qibla Finder / Direction. Aplikasi ini merupakan pencari yang paling akurat untuk menentukan kiblat.

Qibla Finder memiliki tampilan sederhana namun menarik dengan adanya animasi. Untuk menentukan arah kiblat, cukup letakkan perangkat pada permukaan yang datar.

Nantinya, aplikasi akan mendeteksi lokasi Anda dan posisi kiblat akan ditunjukkan dengan tanda panah.

Menariknya, Qibla Finder bisa digunakan walaupun pengguna sedang offline. Jadi, tak perlu khawatir jika ingin menentukan arah kiblat namun data seluler tidak aktif karena tidak ada jangkauan sinyal.

Muslim Pro – Aplikasi Arah Kiblat

Muslim Pro. (IST)

Aplikasi ini sangat populer dan paling banyak digunakan oleh umat Islam. Ya, Muslim Pro telah diakui oleh lebih dari 110 juta umat Islam di seluruh dunia sebagai pengingat waktu sholat dan adzan terakurat.

Aplikasi ini juga mengunggulkan fitur Al-Qur’an lengkap dengan terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, aplikasi populer Muslim Pro juga dilengkapi dengan fitur penunjuk arah kiblat, kalender hijriyah, serta peta untuk mencari lokasi restoran halal, masjid, dan lain-lain.

Umma

Umma. (IST)

Selanjutnya, ada aplikasi Umma: Pro Muslim Community ind. Ini merupakan aplikasi muslim lengkap yang didalamnya terdapat Al-Qur’an Indonesia, Adzan, Arah kiblat, Sholat, dan juga podcast.

Umma mudah digunakan dan paling komprehensif. Menyediakan layanan sehari-hari kebutuhan umat Islam, pencari kiblat berbasis GPS, dan menyediakan pendidikan serta kelas langsung tentang Islam dan Quran.

Menariknya, menggunakan aplikasi ini bisa terhubung dengan komunitas Muslim. Anda bisa mengunduh aplikasi Umma: Pro Muslim Community ind di Google Play Store.

Kompas Arah Kiblat Sholat

Kompas arah kiblat. (IST)

Seperti namanya, ini merupakan aplikasi yang hadir untuk membantu menentukan kiblat dengan kompas yang akurat.

Jika arah smartphone Anda selaras dengan arah kiblat, maka akan ditandai dengan getaran dan suara. Untuk hasil terbaik, gunakan aplikasi ini dengan jarak yang jauh pada perangkat elektronik.

Selain penentu arah kiblat, aplikasi ini juga menawarkan fitur lainnya seperti jadwal sholat untuk Indonesia dan Malaysia, hadits, televisi, Qur’an, Asma’ul husna, jadwal doa, dan lain-lain.

Qibla Locator

Qibla Locator. (IST)

Aplikasi selanjutnya yang patut untuk dicoba yakni Qibla Locator. Aplikasi ini telah diunduh di Play Store oleh lebih dari satu juta pengguna.

Qibla Locator merupakan aplikasi pencari kiblat untuk Muslim yang dilengkapi dengan jadwal sholat, Quran, adzan.

Anda bisa menemukan arah kiblat menggunakan aplikasi ini dengan peta Globe.

Kiblat 100%

Kiblat 100%. (IST)

Terakhir, ada aplikasi Kiblat 100%. Aplikasi ini membantu pengguna untuk menemukan kompas arah kiblat yang tepat di Mekah.

Arah Ka’bah di Mekah ditunjuk dengan arah pada peta. Pengguna bisa menentukan arah kiblat dengan aplikasi ini tanpa jaringan internet sekalipun.

Penggunaannya dengan meletakkan smartphone pada permukaan rata dengan tempat yang jauh dari area elektromagnetik dan objek logam.

BACA JUGA: Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan HP, Mudah dan Akurat

Itulah beberapa aplikasi arah kiblat yang bisa Anda gunakan untuk menentukan arah kiblat. Semoga membantu.