Aplikasi

7 Aplikasi anti lemot untuk smartphone terbaik!

Tak hanya kapasitas RAM yang pas-pasan, salah satu penyebab smartphone menjadi lemot biasanya disebabkan karena penumpukan file-file yang tak terpakai, misalnya cache. Secara tak sadar, cache menumpuk itu akan menjadikan memori internal penuh. Namun tak usah khawatir, ternyata ada beberapa aplikasi anti lemot yang bisa mengatasi hal tersebut.

Sebagai perangkat yang digunakan dalam kehiupan sehari-hari, pasti kamu membutuhkan kinerja smartphone Android yang prima, bukan? Karena dengan kondisi smartphone yang prima, maka kamu pun akan dapat melakukan semuanya di dalam satu perangkat saja.

Mulai dari surfing internet, berkomunikasi melalui media sosial, chatting dengan teman, mengirim e-mail pekerjaan, mendengarkan musik, sampai hanya sekedar menghitung kalkulasi dengan aplikasi kalkulator.

Akan tetapi, jika smartphone kamu ternyata berjalan dengan sangat lambat atau lemot, maka sudah bisa dipastikan jika hal itu yang akan menjadikanmu terganggu saat menggunakannya. Apalagi jika jika perangkat Android kamu mempunyai spesifikasi yang kurang.

Hal itu pada umumnya akan menjadi penyebab lemotnya suatu perangkat Android yang disebabkan oleh adanya aplikasi yang diam-diam menguras banyak memori di smartphone, banyaknya berkas-berkas sampah yang tak terpakai, hingga adanya aplikasi yang memang membutuhkan resource memori yang banyak.

Salah satu cara untuk bisa mengakali hal tersebut yakni dengan menggunakan aplikasi anti lemot yang banyak tersedia di Play Store dan App Store secara gratis.

Aplikasi-aplikasi anti lemot

Clean Master

Salah satu aplikasi anti lemot yang wajib ada di smartphone kamu yakni bernama Clean Master. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika cache yang menumpuk akan sangat berpengaruh pada performa HP kamu. Dan bahkan dapat menjadikan ponselmu 40 persen lebih lambat dari biasanya.

Pada saat inilah, Clean Master akan sangat bermanfaat untuk menghapus cache dan file-file yang menumpuk di memori internal. Kamu pun tak harus khawatir jika file penting kamu akan terhapus, karena Clean Master ini hanya akan memusnahkan sampah yang benar-benar tak terpakai saja.

Tak hanya membersihkan cache, Clean Master pun mempunyai fitur lainnya, misalnya antivirus dan pengamanan WiFi. Jadi, tak heran jika di Play Store, Clean Master ini telah didownload lebih dari 1 miliar kali.

Greenify

Banyaknya aplikasi yang terdapat di smartphone akan sangat berpengaruh dalam untuk kinerja RAM. Jika RAM banyak terpakai, maka kinerja HP yang kamu gunakan pun akan menjadi lambat atau lemot.

Hal ini biasanya didasari pula oleh beberapa aplikasi lainnya yang tetap bekerja di belakang background walaupun sedang tak kamu buka atau gunakan.

Maka dari itu, manfaat Greenify ini yaitu untuk menghentikan secara sementara aplikasi-aplikasi yang tetap berjalan di background. Dengan begitu, maka kapasitas RAM pun akan lebih langgeng dan otomatis membuat HP menjadi tidak lemot.

Files Go

Files Go merupakan salah satu aplikasi anti lemot ciptaan Google yang dapat membersihkan file-file yang dirasa kurang bermanfaat di smartphone yang kamu gunakan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak 50 juta oleh pengguna Android ini akan memonitor pemakaian aplikasi, dan merekomendasikan untuk menguninstall aplikasi yang telah digunakan.

Ccleaner

Untuk kamu pengguna PC, mungkin sudah tak asing lagi jika mendengar aplikasi anti lemot yang satu ini. Nah, ternyata kini tak hanya ada di PC saja, namun kamu pun dapat menemukan aplikasi Ccleaner di Android juga, lho!

Fungsinya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi pembersih lainnya, yaitu untuk membersihkan cache dan file-file yang tak terpakai lainnya. Terhapusnya cache yang menumpuk, akan sedikit banyak memberikan ruang untuk memori internal dan juga kinerja RAM.

SD Maid

Aplikasi yang selanjutnya yaitu SD Maid. Biasanya pada setiap aplikasi yang kamu gunakan, akan menyisakan beberapa file atau cache walaupun aplikasi itu sudah kamu uninstall. Dengan begitu, SD Maid mampu membersihkan file atau folder aplikasi yang pernah kamu pakai sebelumnya.

Sehingga cache-cache yang tertinggal di aplikasi lama, akan terhapus menggunakan aplikasi ini, dan setidaknya ada berkas-berkas yang terendap di dalam ponselmu.

Power Clean

Aplikasi anti lambat yang selanjutnya yakni Power Clean, dimana aplikasi ini menawarkan empat tool utama, yakni untuk menghapus cache, meningkatkan performa ponsel dengan menghentikan aplikasi latar yang tak digunakan, mengelola aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan dan informasi perangkat seperti status CPU, memori, GPU, kamera dan lainnya.

BACA JUGA: Aplikasi membuat meme untuk Android

CM Speed Booster

Aplikasi anti lemot di HP kali ini merupakan versi ringan buatan Cheetah Mobile yang dirancang khusus agar bisa membersihkan ponsel dari sampah dengan satu kali tap. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk ponsel pintar yang mempunyai spesifikasi rendah. Pengembang juga melengkapinya dengan fitur pendingin CPU bila dibutuhkan.

Itulah beberapa aplikasi anti lemot yang sangat bermanfaat bagi mempercepat performa ponsel pintar Android kamu dengan sangat mudah dan tanpa ribet. Selamat mencobanya!