Tips & Trik

Sederet penyebab smartphone mudah panas

Smartphone yang panas memang sering sekali dialami setiap orang. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab smartphone panas? Karena pastinya tak banyak yang tahu mengenai hal ini.

Tentu sangatlah banyak sekali dari beberapa pengguna smartphone yang tak mengetahui seperti apa kondisi sebenarnya ponsel yang mereka gunakan. Ya, salah satunya smartphone yang panas.

Smartphone yang panas tentu akan menjadikan penggunanya menjadi tidak nyaman, hal itu pun akan menjadikan ponselmu sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kamu mengetahui apa saja penyebab smartphone cepat panas sehingga kamu pun bisa segera mengatasinya.

Pada dasarnya, smartphone yang panas merupakan suatu hal yang wajar saja terjadi. Namun, panas yang berlebihan tentu tidaklah baik untuk ponsel. Untuk itu, yuk ketahui apa saja yang menjadi penyebab smartphone cepat panas berikut ini:

Penyebab smartphone cepat panas

Penggunaan berlebihan

Smartphone akan cepat sekali panas jika kamu menggunakannya secara berlebihan. Pasalnya pada saat kamu menjalankan sebuah game atau aplikasi lainnya dengan berlebih dan dalam waktu yang cukup lama, hal tersebut akan menguras daya baterai pada smartphone kamu.

Tak hanya itu saja, komponen hardware yang terdapat pada ponselmu pun akan selalu bekerja tanpa adanya jeda beberapa jam, oleh karena itu smartphone kamu menjadi mudah sekali panas.

Kerusakan pada baterai

Penyebab smartphone panas lainnya juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan yang terjadi pada baterai. Nah, jika ternyata baterai ponselmu sudah kembung maka sangatlah disarankan untukmu segera menggantinya agar terhindar dari baterai yang mudah panas dan habis.

Signal tidak stabil

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena keadaan signal yang mungkin sedang tak stabil, pada saat smartphone mencari signal baik itu signal wifi ataupun yang lainnya itu akan menyebabkan ponsel yang menjadi panas.

Maka, jika kamu tengah berada disuatu perjalanan yang sulit sekali signal, dan pengguna memaksakan agar mencari signal secara terus menerus, maka hal itulah yang menjadikan ponsel kamu menjadi mudah sekali panas.

Aplikasi yang aktif di background

Penyebab yang satu ini menjadi salah satu kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh para pengguna smartphone maupun tablet android, yakni dengan membiarkan aplikasi tetap berjalan di background.

Hal tersebut tentu bukanlah hal yang baik dilakukan. Pasalnya, pada saat aplikasi tetap berjalan di layar dan aplikasi yang aktif juga jumlahnya cukup banyak sehingga akan menguras daya baterai.

Oleh karena itu maka dengan banyaknya daya baterai yang terpakai, tentu akan menjadi salah satu penyebab smartphone cepat sekali panas.

Charge yang bermasalah

Jika bagian smartphone yang mudah sekali panas terdapat di dekat port charge, maka sudah bisa dipastikan jika penyebabnya yaitu karena charger yang kamu gunakan mempunyai masalah. Charger yang tak sesuai dengan spesifikasi ponsel akan menyuplai daya yang lebih tinggi atau sebaliknya dari yang dibutuhkan.

Karena arus tegangan yang diterima tak sesuailah yang akan menjadi penyebab ponselmu mudah menjadi panas walaupun baterai sudah terisi dengan penuh.

Menggunakan smartphone saat sedang di charge

Menggunakan smartphone pada saat di charge akan mengakibatkan kinerja baterai menjadi lebih berat dan membuat ponsel menjadi panas. Jika kebiasaan ini terus menerus kamu lakukan, maka bisa saja baterai kamu akan menjadi kembung dan bahkan meledak.

Oleh sebab itu, jika kamu tak ingin smartphone kamu tak mudah panas, maka alangkah baiknya menunggu terlebih dahulu hingga proses pengisian baterai sudah selesai dan penuh. Setelah itu barulah kamu bisa menggunakan smartphone kamu kembali, ya.

Terlalu lama berdiam di tempat yang panas

Smartphone juga sama seperti perangkat elektronik lainnya. Smartphone juga bisa saja menghasilkan panas sendiri pada saat kinerjanya meningkat dan terlalu banyak meenghabiskan tenaga.

Sehingga sumber panas utama dari ponsel yaitu dari baterainya sendiri. Karena smartphone bisa menghasilkan panas sendiri, maka dari itu hindari terpapar panas dari luar.

Panas yang tinggi dari luar tentu bisa saja menjadi penyebab smartphone panas dan akan merusak komponen di dalamnya juga. Jika kamu tak ingin ponselmu menjadi panas, maka hal yang harus kamu lakukan yakni dengan menghindari meletakan ponsel terlalu lama di tempat yang panas.

Menggunakan casing terlalu ketat

Jangan pernah sembarangan dalam memilih casing jika kamu tak mau ponselmu cepat sekali panas. Karena hal ini menjadi salah satu penyebab smartphone panas yang mungkin tak kamu sadari. Casing yang terlalu ketat akan mengakibatkan terhambatnya sirkulasi udara di sekitar ponsel.

Jika suhu ponsel meningkat karena terlalu lama digunakan, casing akan menghambat panas keeluar dari smartphone sehingga akan mengakibatkan ponsel yang mudah sekali panas.

Selain itu, casing yang terlalu ketat dan bahan yang terlalu tebal akan mengurangi sensitivitas antena untuk menangkap signal selular. Ini mengakibatkan smartphone harus bekerja lebih keras lagi untuk menangkap signal selular sehingga lama kelamaan baterai akan terkuras dan cepat habis.

BACA JUGA: Tak banyak yang tahu, ternyata ini waktu terbaik untuk charge handphone

Nah, agar hal tersebut tak terjadi pada smartphone kamu, maka pilihlah casing yang tak teerlalu tebal dan tak menjutupi seluruh permukaan ponselmu, ya!

Itulah beberapa penyebab smartphone cepat sekali panas yang harus kamu ketahui. Sangat penting untuk selalu kamu ingat, agar ponselmu tetap bekerja dengan optimal dan tahan lama, maka kamu harus selalu memperhatikan suhunya. Jangan biarkan ponsel terus menerus dalam keadaan yang panas agar komponen di dalamnya tak mudah rusak.