Tips & Trik

Penyebab smartphone Android mengalami blank

Smartphone Android kini memang sudah banyak sekali digunakan, karena dianggap mempunyai banyak kelebihan. Padahal, tak jarang juga terdapat berbagai masalah yang sering ditemui, salah satunya yakni smartphone yang mengalami blank. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab Android blank?

Kondisi Android blank ini pada umumnya akan ditandai pada saat smartphone dinyalakan, layar tak akan mengeluarkan gambar sama sekali. Biasanya muncul pada saat smartphone sedang digunakan, atau pada saat baru dinyalakan.

Jika masih taraf yang normal, biasanya blank seperti ini akan hilang kembali dalam beberapa waktu setelah smartphone didiamkan. Namun jika ternyata kondisinya sudah parah, blank bisa saja akan terjadi secara terus menerus.

Ada banyak sekali penyebab terkait permasalahan yang satu ini. Jika kamu belum mengetahuinya, yuk simak beberapa penyebab Android blank berikut ini, antara lain:

Penyebab Android blank

Terlalu sering menggunakan aplikasi secara bersamaan

Pemakaian aplikasi yang berlebihan akan menjadi salah satu yang akan menyebabkan Android menjadi ngeblank dan layar tak bisa disentuh sama sekali. Hal tersebut terjadi karena beban memori RAM yang terlalu besar sehingga menyebabkan kinerja RAM dipakasa bekerja secara tidak wajar.

Menggunakan Android pada saat dicharge

Perlu kamu ketahui jika akan adanya peningkatan suhu pada beberapa perangkat keras yang terdapat pada Android pada saat melakukan proses mengisi daya. Kondisi tak stabilnya arus listrik yang masuk akan mengakibatkan ponsel terasa lebih hangat pada saat kamu tengah melakukan charger.

Maka dari itu tak menutup kemungkinan jika smartphone Android kamu akan mengalami blank secara tiba-tiba jika kamu menggunakannya pada saat mengisi daya. Dan tentu sudah kamu ketahui, jika bermain game saat Android dicharger akan mempercepat umur smartphone Android kamu.

Memori internal yang penuh

Selain RAM, memori internal juga berfungsi sangat penting bagi performa smartphone Android. Penyimpanan internal yang sudah penuh akan menjadikan Android kamu menjadi tak dapat menginstal aplikasi lagi.

Biasanya pada saat penyimpanan memori internal sudah penuh akan muncul notifikasi pada layar Android. Jika kamu mengabaikan peringatan tersebut dan tetap menginstal aplikasi baru, tak menutup kemungkinan untuk menjadikan smartphone Android menjadi ngeblank tak bisa untuk kamu sentuh.

Bermain game tanpa henti

Bagi kamu yang sangat gemar bermain game tanpa henti, alangkah baiknya kamu lebih berhati-hati karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab Android blank. Oleh karena itu, agar Android kamu tak mengalami blank, maka sebaiknya kamu berhenti sejenak pada saat smartphone sudah terasa panas saat sedang digunakan bermain game.

Sistem operasi smartphone yang tak sesuai

Salah satu yang menjadi penyebab layar Android blank juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada OS sistem Android. Tak kompatibelnya sistem operasi Android setelah kamu melakukan flashing ataupun mengupdate OS akan menyebabkan ayar lcd hp hitam, atau bahkan parahnya akan mengakibatkan Android kamu menjadi mati total.

Kerusakan part atau komponen Android

Smartphone yang hidup namun layar tak menyala biasanya akan terjadi karena adanya kerusakan pada perangkat keras ponsel yang kamu miliki. Terjatuhnya smartphone Android secara tak sengaja ataupun terkena air akan menjadikan hardware Android mengalami kerusakan.

Itulah beberapa penyebab Android blank yang bisa saja terjadi pada smartphone Android kamu. Namun, perlu kamu ketahui jika layar blank pada Android belum tentu diakibatkan karena layar hang atau rusak total, ya.

BACA JUGA: Tak banyak yang tahu, ternyata ini waktu terbaik untuk charge handphone

Nah, sebelum melakukan perbaikan yang lebih lanjut, kamu bisa melakukan cara sederhana terlebih dahulu di rumah dengan cara mengeluarkan baterai dari smartphone kamu dan memasangnya kembali, atau mencoba menggunakan baterai lain yang berbeda dan mencoba menggunakan simCARD yang lain.