Penyebab baterai smartphone cepat habis dan cara mengatasinya

Baterai menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada sebuah smartphone, hal ini juga lah yang banyak sekali dikeluhkan oleh para penggunanya. Salah satu masalah yang cukup banyak dikeluhkan yakni borosnya konsumsi baterai. Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab baterai cepat habis?

Di zaman yang semakin modern ini memang penggunaan smartphone seolah-olah telah menjadi suatu kebutuhan, sehingga menjadikan para penggunanya menjadi lupa jika perangkat tersebut pun mempunyai batasan-batasan dalam menggunakannya.

Oleh karena itu, jika ternyata dalam penggunaannya telah melampaui batas maksimalnya, maka smartphone pun tentu akan bekerja dengan ekstra dan otomastis akan memerlukan sumber daya yang besar. Hal itu pula lah yang akan berdampak pula pada pengurangan daya baterai.

Kini mungkin sudah banyak pula smartphone dengan model baru dan juga dibekali baterai dengan kapasitas yang besar, namun tetap saja hal tersebut tak akan menghentikan keluhan para penggunanya. Kapasitas baterai itu sendiri sebenarnya tak akan terlalu berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut.

Oleh karena itu, maka kamu harus tahu apa saja yang menjadi penyebab baterai cepat habis dan cara mengatasinya, berikut diantaranya:

Penyebab baterai cepat habis dan cara mengatasinya

Aplikasi pemakan baterai

Untuk kamu para pengguna smartphone, maka kamu tentu akan dimanjakan dengan beragam aplikasi yang dapat kamu gunakan. Akan tetapi, kamu juga harus tetap berhati-hati karena mungkin ada salah satu dari aplikasi yang kamu pasang di smartphone kamu ternyata justru membuat baterai menjadi super boros.

Nah, agar kamu bisa mengetahuinya, kamu bisa memeriksanya dengan pergi ke menu Settings > Battery, dan kamu pun bisa melihat aplikasi apa saja yang ternyata memakan daya baterai yang cukup besar.

Adapaun untuk pemeriksaan yang lebih rinci, sangatlah dianjurkan untuk kamu menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk memonitor baterai, misalnya GSam Battery Monitor.

Aplikasi tersebut berfungsi untuk menampilkan dari pemakaian baterai dari semua aplikasi yang terdapat di smartphone. Jika menemukan aplikasi yang kurang penting yang membuat baterai menjadi boros, maka janganlah ragu untuk segera menghapus aplikasi tersebut.

Baterai yang telah usang

Penyebab baterai cepat habis yang selanjutnya yakni bisa saja terjadi karena smartphone yang kamu gunakan memang sudah lama sekali, sehingga kemampuan dari baterainya pun sudah pasti telah termakan usia.

Mengingat hal itu, maka baterai smartphone kamu akan menjadi lebih boros. Dan salah satu cara untuk mengetasi hal tersebut maka segeralah untuk mengganti baterai lama kamu dengan yang baru. Baterai baru tentu akan memberikan performa dengan daya tahan yang lebih baik lagi.

Kondisi charger yang bermasalah atau rusak

Charger yang bermasalah atau rusak memang menjadi salah satu penyebab baterai cepat sekali habis. Indikasi baterai yang boros memang tak selalu diakibatkan karena performa smartphone dan baterai itu sendiri.

Charger yang sudah rusak dan tak berfungsi dengan baik, tentu akan menjadikan baterai juga menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sistem Android

Sistem Android yang menjadikan aplikasi dan fitur smartphone akan tetap berjalan, ternyata juga akan memakan daya baterai yamg cukup tinggi. Dalam banyak kasus, sistem Android dapat menguras daya baterai sampai 25 persen. Jika itu terjadi pada smartphone kamu, maka bisa dipastikan baterai akan menjadi lebih boros.

Salah satu cara mengatasinya yakni dengan melakukan downgrade pada OS Android. Misalnya, jika pada saat ini kamu tengah menggunakan Marshmallow, maka kamu bisa mencoba menurunkannya menjadi Lollipop.

Alternatif lainnya yakni dengan melakukan factory reset. Dengan menggunakan salah satu cara tersebut maka sudah dipastikan baterai kamu tak akan boros lagi.

Google Play Services

Aplikasi yang satu ini juga sangatlah terbukti menjadi penyebab baterai cepat habis atau boros. Sayangnya, kamu tak dapat menghilangkannya karena Google Play Services merupakan aplikasi yang cukup penting bagi perangkat smartphone kamu.

Namun tak usah khawatir, kamu dapat menanganinya dengan cara mengakses menu Settings > Applications > All > Google Play Services. Setelahnya, tekan Clear cache. Hal itu akan menjadikan aplikasi memperbarui dan menghentikannya mengonsumsi daya baterai yang besar.

Auto-brightness

Penyebab baterai cepat habis yang satu ini mungkin terdengar agak sepele, namun pada dasarnya memang akan berpengaruh pada umur baterai smartphone kamu. Pengguna yang malas menyesuaikan kecerahan layar secara manual, tentu mengaktifkan modus Auto-brightness.

Namun, di sisi lain tak sedikit penggunanya yang juga tak sadar telah mengaktifkan modus tersebut. Padahal, modus itu lebih menguras baterai. Maka dari kitu, sangatlah dianjurkan untuk kamu mengatur tingkat kecerahan layar dengan cara yang manual saja.

Perpendek waktu “Sleep”

Semakin sering layar smartphone kamu menyala, maka hal itu pula lah yang akan mengakibarkan banyaknya daya baterai yang terpakai. Salah satu trik menghemat baterai yakni dengan memperpendek waktu sleep atau screen timeout.

Sangat disarankan pula untuk kamu memilih waktu yang paling singkat, sehingga layar smartphone kamu yang sedang tidak digunakan akan segera redup.

Awasi Widgets dan Background Apps

Penyebab baterai cepat habis juga biasanya akan disebabkan karena adanya beberapa aplikasi background yang selalu berjalan dan bahkan sangat berguna. Namun, sangat disayangkan pula karena hal tersebut akan sangat menguras baterai smartphone.

BACA JUGA: Tak banyak yang tahu, ternyata ini waktu terbaik untuk charge handphone

Kamu bisa mengatasinya dengan mengatur waktu update menjadi lebih jarang. Misalnya, aplikasi cuaca yang sebelumnya update pada satu jam sekali diubah menjadi tiga atau empat jam sekali.

Nah, demikianlah beberapa penyebab baterai cepat habis dan cara mengatasinya. Maka, mulai saat ini alangkah baiknya kamu menggunakan smartphone lebih bijak lagi, ya!

Recent Articles

Cara mengganti password Facebook di Android

Keamanan Facebook merupakan suatu yang sangat penting. Karena situs media ini merupakan situs yang paling banyak disasar oleh para peretas yang ingin mencuri login...

Cara menghilangkan virus di HP Android tanpa aplikasi

Ada banyak cara menghilangkan virus di HP Android yang bisa kamu lakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Terlebih sekrang ini smartphone telah menjadi...

Cara mempercepat koneksi jaringan WiFi yang super lemot

Berjelajah di internet memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun hal tersebut akan menjadi menyebalkan jika koneksi wifi ternyata lambat. Masalah seperti ini memang sering...

Sederet aplikasi like untuk Instagram yang wajib ada di smartphone!

Seperti yang diketahui jika instagram kini menjadi salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer dikalangan anak muda dan orang dewasa. Melalui aplikasi tersebut,...

7 Aplikasi anti lemot untuk smartphone terbaik!

Tak hanya kapasitas RAM yang pas-pasan, salah satu penyebab smartphone menjadi lemot biasanya disebabkan karena penumpukan file-file yang tak terpakai, misalnya cache. Secara tak...

Related Stories

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Enable referrer and click cookie to search for prowebber