Tips & Trik

Cara Screenshot Samsung Galaxy A12 yang Paling Mudah

Samsung Galaxy A12 adalah salah satu smartphone buatan Samsung banyak diminati Indonesia. Selain karena harganya yang lumayan terjangkau, spek yang dimilikinya punya kualitas jempolan. Disamping itu cara screenshot Samsung Galaxy A12 juga mudah untuk dilakukan.

Tak berbeda jauh dari smartphone lain di kelasnya, cara untuk mengambil gambar cuplikan Galaxy A12 ini bisa lakukan melalui tombol dan tanpa tombol yang pastinya kamu tidak perlu harus repot-repot mendownload aplikasi screenshot pihak ketiga.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A12

Tekan Tombol Power + Volume Bawah

Cara anti ribet sekaligus yang paling ampuh untuk mengambil screenshot pada perangkat ini adalah lewat kombinasi tombol power dan volume bawah (-). Kedua tombol tersebut terletak pada sisi kanan perangkat.

Namun perlu diingat, supaya berhasil kamu wajib menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Karena jika tidak, bisa saja kamu malah mengunci/ mematikan layar atau justru mengecilkan volume nada dering.

BACA JUGA: Cara Screenshot Samsung A20 Tanpa Tombol

Menu Asisten

Jika sewaktu-waktu tombol power atau tombol pengatur volume HP Samsung Galaxy A12 kamu error karena beberapa alasan tertentu, maka alternatif agar dapat meng-capture layar di ponsel ialah lewat bantuan Menu Asisten.

Menu Asisten dapat kamu aktifkan dari Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > Setelah itu hanya tinggal klik tombol slider

yang terletak di samping kanan menu tersebut.

Ketika sudah aktif kamu akan menemukan icon bulat di sisi kanan layar yang apabila diklik akan muncul beberapa tombol pintasan seperti Beranda, Kembali, Layar Mati dan Gambar Layar.

Nah, untuk mengambil screenshot kamu hanya perlu memilih menu Gambar Layar.

Screenshot Panjang Samsung Galaxy A12

Sementara jika ingin mengambil screenshot panjang, kamu bisa melakukan screenshot dengan cara yang pertama atau yang kedua.

Pada saat layar berkedip perhatikan bar berwarna hitam yang bakalan muncul di bagian bawah layar persis di atas tombol navigasi.

BACA JUGA: Cara Screenshot iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Klik icon dengan panah ke bawah dan secara otomatis layar Samsung A12 kamu akan bergulir ke bawah untuk mengambil screenshot. Ketika berhenti cukup klik tombol yang sama hingga mencapai batas yang diinginkan.