Tips & Trik

Cara Reset Password Windows 10 Secara Cepat dan Mudah

Lupa password memang salah satu permasalahan paling menjengkelkan yang kerap dialami sejumlah orang. Tak hanya password akun sosial media, lupa password Windows 10 adalah hal lumrah yang sering terjadi. Untuk itu di kesempatan ini Hallo GSM akan memberitahumu bagaimana cara reset password Windows 10.

Mengunci perangkat laptop atau PC menggunakan password memang sangat diperlukan untuk melindung file, foto, berkas atau video penting yang sifatnya sangat privasi agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Tapi sayang, penggunaan password juga dapat menjadi boomerang tersendiri karena jika sampai lupa password, maka kita tidak akan bisa menggunakan laptop atau PC seperti biasanya.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur lupa? Tetap tenang karena kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Password Windows 10

Manfaatkan Password Hint

Cara mengatasi lupa password Windows 10 tanpa reset adalah dengan memanfaatkan keberadaan Password Hint. Nah, Password Hint ini sendiri biasanya akan memberikanmu pilihan untuk membagikan password atau sandi yang telah kamu atur pada saat membuat akun Windows.

Jadi kamu bisa memanfaatkan Password Hint untuk mengembalikan password Windows 10 kamu. Caranya, nyalakan laptop atau komputer kamu lalu tunggu hingga muncul laman Login.

Apabila kamu benar-benar tidak mengingatnya sama sekali, langsung saja klik tombol panah.

Lupa password Windows 10. (IST)

Nantinya, di bawah kolom password akan muncul hint dari password yang kamu masukkan. Disini kamu hanya perlu mengingat password yang sekiranya cocok atau mendekati dengan password hint.

Cara mengatasi lupa password Windows 10. (IST/NET)

Melalui Flashdisk

Cara reset password Windows yang selanjutnya adalah menggunakan flashdisk, tapi cara ini hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu sudah memiliki file userkey.psw yang tersimpan di flashdisk.

Untuk berjaga-jaga, berikut adalah langkah-langkah cara membuat reset password disk.

Cara Membuat Reset Password Disk

1. Masuk ke menu Control Panel lalu pilih menu User Accounts.

Cara membuat reset password disk. (SS)

2. Setelah itu silahkan kamu klik menu User Accounts sekali lagi.

Cara membuat file userkey.psw. (SS)

3. Berikutnya colok atau sambungkan flashdisk yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan file password.

4. Jika flashdisk berhasil terbaca di laptop, masuk ke menu User Accounts dan pilih opsi ‘Create a Password Reset Disk’.

5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengikuti langkah-langkah yang diperintahkan oleh program Forgotten Password Wizard.

6. Pilih lokasi atau folder tujuan untuk menyimpan file reset password di flashdisk.

7. Terakhir tinggal masukkan password Windows yang kamu gunakan saat ini, kemudian klik Next dan ikuti semua langkah hingga selesai.

Selesai, kamu telah berhasil melakukan pembuatan userkey.psw. Lantas bagaimana cara mereset password Windows menggunakan file userkey.psw? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Reset Password Windows dengan userkey.psw

Hubungkan flashdisk ke laptop, ketika diminta untuk memasukan password langsung saja klik ikon tanda panah.

Nantinya akan muncul tulisan Password Hint dan Reset Password di bagian bawah kolom Password. Silahkan klik Reset Password.

Cara reset password Windows 10 tanpa CD. (IST/NET)

Kemudian setelah mengklik opsi reset password, kamu tinggal mengikuti perintah yang terdapat di laman Password Reset Wizard.

Adapun langkah yang harus kamu lakukan adalah memilih flashdisk yang di dalamnya sudah terdapat file userkey.psw. Lalu ikuti perintah untuk membuat password Windows baru yang akan kamu gunakan.

Selesai, kini password Windows sudah berhasil di reset dan kamu bisa menggunakan password baru untuk masuk ke desktop.

BACA JUGA: Cara Reset WiFi Indihome

Itulah cara reset password Windows 10 yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.